BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI, NUMERASI, DAN PENGENALAN TEKNOLOGI DI SD NEGERI 033923 SUMBUL

Isi Artikel Utama

Ruth Mayasari Simanjuntak
Enda Gloria NM Banurea
Yunita Pera Siregar
Eva Lestari Simanjorang
Hotmian Sagala
Diana Gultom

Abstrak

Berawal dari meledaknya masalah terkait pandemik covid 19 yang membawa nuansa baru dalam dunia pendidikan kini menjadi masalah besar. Bimbingan belajar yang dilakukan adalah memberikan bantuan kepada peserta didik di Sekolah Dasar tanpa memungut biaya (gratis) dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam literasi, numerasi dan pengenalan teknologi. Kegiatan bimbingan belajar ini diadakan setelah mereka pulang sekolah.berdasarkan kegiatan bimbingan belajar yang dilakukan diperoleh kemampuan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan operasi pada bentuk aljabar dalam konteks kehidupan sehari-hari sebesar 72,4% dengan kriteria tinggi, kemampuan menganalisis grafik, tabel, bagan, diagram sebesar 64,16% dengan kriteria tinggi, kemampuan mengambil keputusan sebesar 70% dengan kriteria tinggi. Dengan kemampuan literasi dan numerasi guru dan peserta didik mampu mengetahui teknologi apa yang tepat untuk digunakan dalam membantu proses pembelajaran agar dapat tersampaikan sesuai apa yang menjadi tujuan pembelajaran itu sendiri.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Simanjuntak, Ruth Mayasari, Enda Gloria NM Banurea, Yunita Pera Siregar, Eva Lestari Simanjorang, Hotmian Sagala, dan Diana Gultom. “BIMBINGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI, NUMERASI, DAN PENGENALAN TEKNOLOGI DI SD NEGERI 033923 SUMBUL”. Jurnal ADAM : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 2 (Agustus 15, 2022): 62–66. Diakses Oktober 6, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam/article/view/984.
Bagian
adam

Referensi

Anggrieni, Novika. Putri, Ratu Ilma Indra. 2018. Analisis Kemampuan Literasi Matematika

Siswa Kelompok Kecil Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA. Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Matematika Ahamad Dahlan.

Puspaningtyas, N.D, dan Dewi, P.S. 2020. Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran

Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol 3, No. 6.

Resti, Y, dan E S Kresnawati. 2020. Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pelatihan

Dalam Bentuk Tes Untuk Asesmen Kompetensi Minimum Bagi Guru Sdit Auladi Sebrang Ulu Ii

Palembang. Jurnal Pendidikan.

Sidu. 2020. Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun

Terakhir. https://ayomenulis.id/artikel/ini-dia-hasil-survei-pisa-tentang-kualitas-pendidikandiindonesia-dalam-3-tahun-terakhir

Suharwoto, D. G. 2021. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang

mendeasakan.https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-covid19- tantangan-yang-mendewasakan/