UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TEMA 7 SUBTEMA 3 INDAHNYA PERSATUAN DAN KESATUAN NEGERIKU DI SD KELAS IV 100670 HUTAIMBARU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Talking stick pada peserta didik di kelas IV SD Negeri 100670 Hutaimbaru pada tema 7 subtema 3. Jenis penelitian ini menggunakan PTK (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 100670 Hutaimbaru yang berjumlah 20 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil siklus I menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 67,30% (kategori kurang) dan rata – rata hasil belajar siswa adalah 66,8 di mana 3 peserta didik (15%) yang tuntas dan 17 peserta didik (85%) tidak tuntas. Selanjutnya siklus II menunjukkan hasil observasi dari kegiatan pembelajaran sebesar 75% (kategori cukup) dan rata – rata 78,2 di mana 11 peserta didik (55%) tuntas dan 9 peserta didik (45%) tidak tuntas. Disimpulkan, hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 3 dapat ditingkatkan dengan penggunaan model Talking stick pada peserta didik kelas IV SD Negeri 100670 Hutaimbaru.
Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Model Talking Stick
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto,Suharsimi.2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Brahim.2007. Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Bandung : sinar baru
Hamzah. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Bandar Slamat Medan. CV. ISCOM Medan.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Slameto.2010.Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi.Yogyakarta : Rineka cipta.
Suprijono Agus. 2009. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.