PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA KELAS V SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU KOTA PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Rani Julinda
Nurbaiti Nurbaiti
Monica Theresia
Khoiruddin Saleh Siregar
Afdhal Ilahi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Tema 7 Subtema 1 menggunakan Model Pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar Tema 7 Subtema 1 pada Siswa Kelas V SD Negeri 200405 Hutaimbaru dan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan hasil belajar Tema 7 Subtema 1 Siswa Kelas V SD Negeri 200405 Hutaimbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan menelaah data, reduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan hasil penelitian dan triangulasi. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan hasil terbukti dengan diperolehnya hasil belajar hasil belajar pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar dimana pada siklus I dengan rata-rata perolehan 77,36. Pada siklus II rata-rata nilai perolehan kembali meningkat menjadi 89,12 hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Penerapan model pembelajaran Experiential Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus di SD Negeri 200405 Hutaimbaru.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Julinda, Rani, Nurbaiti Nurbaiti, Monica Theresia, Khoiruddin Saleh Siregar, dan Afdhal Ilahi. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA KELAS V SD NEGERI 200405 HUTAIMBARU KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN HUTAIMBARU KOTA PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 3 (Agustus 6, 2022): 67–73. Diakses Mei 28, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/544.
Bagian
Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >>