ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 1 SUMBERDADI SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

Isi Artikel Utama

Nadia Nadia
Nourma Oktaviarini

Abstrak

Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus / case study Kesulitan Belajar merupakan kondisi dimana siswa mengalami hambatan dalam proses belajarnya, hambatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan faktor eksternal. terdapat beberapa macam-macam kesulitan belajar, salah satunya adalah kesulitan menyelesaikan soal yang sering dijumpai pada pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SDN 1 Sumberdadi Sumbergempol Kabupaten Tulungagung”.


Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa 5 soal dengan penskoran = jika menjawab dengan benar 4 dengan skor 20, jawaban 3 dengan skor 15, jawaban 2 dengan skor 10, jawaban 1 dengan skor 5, tidak menjawab dengan skor 0. Sehingga nilai terendah adalah 0 dan nilai tertinggi adalah 100.


Dari hasil analisis data Kesulitan Dalam Menyelesaikan Masalah Verbal dengan skor total keseluruhan 395 dengan rata-rata skor 15,8%. Jenis kesulitan terendah kedua adalah jenis kesulitan dalam mempelajari konsep dengan skor total keseluruhan 835 dengan rata-rata skor 33,4%. Jenis kesulitan terendah terakhir yaitu Kesulitan Dalam Menerapkan Prinsip yakni dengan skor total keseluruhan 870 dengan rata-rata skor 34,8%. Sehingga dapat diambil simpulan yaitu siswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan soal tidak hanya terjadi pada siswa yang diakatakan memiliki nilai rendah saja, namun siswa yang memiliki nilai sedang dan nilai tinggi dapat mengalami kesulitan menyelesaikan soal.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nadia, Nadia, dan Nourma Oktaviarini. “ANALISIS KESULITAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN 1 SUMBERDADI SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 316–323. Diakses November 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1194.
Bagian
Artikel

Referensi

Alfiyah1, Z. N., & , Sri Hartatik2, Nafiah3, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Zuraida. Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Dwi Rezeki, Y., Trisniawati, T., & Titi Muanifah, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Bumirejo. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11102

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Mandasari, L. (2022). Aplikasi Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Ta’dib, 11(2), 25–29. https://doi.org/10.54604/tdb.v11i2.39

Muhamad Syahreza Fahlevi1, L. S. Z. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 313–322. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.313-322

Pegram, T. (2020). diskakulia. 7(2), 88–95.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Trieni, P. (2018). The difficulties of students in learning mathematics by using development learning sequences approach in sd negeri no. 08 koto barapak kecamatan bayang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(1), 39–49. https://doi.org/10.36057/jips.v2i1.307

Untu2), N. K. D. Z., & Dimpudus3, A. (2020). ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII. 9(Untu2), N. K. D. Z., Dimpudus3, A. (2020). ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN SISWA KELAS VII. 9, 61–70.), 61–70.