HUBUNGAN PENGHASILAN DAN MOTIVASI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA UPTD SDI OEPURA 2 TAHUN AJARAN 2022/2023

Isi Artikel Utama

Sofia Godeliva Un Lala
Elisabeth Stefani Bessi

Abstrak

Penelitian dengan judul “Hubungan Penghasilan dan Motivasi Orangtua Dengan Prestasi Belajar Siswa UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023”. Masalah dalam penelitian ini ialah (1)Bagaimana hubungan penghasilan orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2? (2)Bagaimana hubungan motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2? (3)Bagaimana hubungan penghasilan dan motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2? Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara penghasilan dan motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023.  (1)Mengetahui hubungan antara penghasilan orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2. (2)Mengetahui hubungan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2. (3)Mengetahui hubungan antara penghasilan dan motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2. Hipotesis dalam penelitian ini adalah (1) (Ha) : Ada hubungan positif dan signifikan antara penghasilan orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023; dan (Ho) : Tidak ada hubungan positif dan signifikan antara penghasilan orang tua dengan prestasi belajar siswa  UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023.(2) (Ha) : Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023; dan (Ho) : Tidak ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa  UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023. (3) (Ha) : Ada hubungan positif dan signifikan antara penghasilan dan motivasi orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023; dan (Ho) : Tidak ada hubungan positif dan signifikan antara penghasilan dan motivasi orang tua dengan prestasi belajar siswa  UPTD SDI Oepura 2 Tahun Ajaran 2022/2023.


Metode pengumpulan data yang digunakan ialah studi dokumenter dan angket. Teknik analisi data yang digunakan peneliti ialah korelasi Product Momen Pearson dengan jumlah responden sebanyak 45 orang. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penghasilan orangtua dengan prestasi belajar siswa dengan nilai keofisien korelasi sebesar 0,972. Artinya makin tinggi tingkat penghasilan orangtua maka makin tinggi pula prestasi belajar siswa. (2)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi orangtua dengan prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,873. Artinya makin tinggi motivasi orangtua terhadap siswa makin tinggi  pula prestasi belajar siswa. (3)Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara tingkat penghasilan dan motivasi orangtua dengan prestasi belajar siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,978. Artinya makin tinggi tingkat penghasilan dan motivasi orangtua prestasi siswa juga semakin tinggi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Un Lala, Sofia Godeliva, dan Elisabeth Stefani Bessi. “HUBUNGAN PENGHASILAN DAN MOTIVASI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA UPTD SDI OEPURA 2 TAHUN AJARAN 2022/2023”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 2, no. 4 (November 30, 2022): 370–374. Diakses Maret 29, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1278.
Bagian
Artikel

Referensi

Yerikho, Joshua. 2007. “Hubungan Tingkat Pendapatan Keluarga dengan Pendidikan Anak”. Bandung: Jurnal Penelitian Pendidikan UPI

Surya, Mohammad. 2003. “Jenis-jenis Konseling”. Bandung: Pustaka Bani Quiraisy

Dimyati, Mudjiono. 2009. “Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sukmadinanta, Syaodih. 2010.“Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Rosda

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Administrasi”. Bandung: Alfabeta

Natawiria, Suryana dan Riduwan. 2010. “Statistika Bisnis”. Bandung: Alfabeta