PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SD NEGERI 1 NAIONI KUPANG

Isi Artikel Utama

Sofia Godeliva Un Lala
Adriyani A D Lehan
Yuniati Puay

Abstrak

Masalah yang diambil dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi zat dan perubahannya kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Pre-Experimental Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri I Naioni Kupang dengan jumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel adalah sampel populatif, artinya semua populasi yang digunakan dapat dijadikan sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Soal tes yang ada sebeluym digunakan dilakukan uji validasi dan reliabilitas terlebih dahulu. Setelah mengumpulkan data dilanjutkan dengan menganalisis data menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara model discovery learning terhadap hasil belajar siswa. hal ini terbukti dengan rata-rata hasil belajar yang mencapai KKM pada pembelajaran denan menerapkan model discovery learning mencapi 85,00 Lebih tinggi daripada nilai sebelum menerapkan model discovery learning pada pembelajaran yang hanya mencapai 53,75 pengujian hipotesis dengan bantuan spss versi 20 dilakukan dengan uji t yaitu paired sampel T-Test. Diperoleh nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel serta terdapat pengaruh pada setiap variabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPAS saat sebelum dana sesudah menggunakan model discovery learning.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Un Lala, Sofia Godeliva, Adriyani A D Lehan, dan Yuniati Puay. “PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SD NEGERI 1 NAIONI KUPANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 292–298. Diakses Maret 4, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1402.
Bagian
Artikel

Referensi

Affandi, Muhammad., Chamalah, Eva., Wardani, Oktarina Puspita. 2013.Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Aunurrahman. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung :Alfabeta. Ahmad,

Ahdar Djamaluddin, S.Ag., S.Sos., M.Pd.i dan Dr. Wardana, M.Pd.I, 2019 belajar dan pembelajaran

Bransford, J., Brown, A., & Cocking, R. (eds.). (1999). How people learn. National Research Council, Washington, DC: National Academy Press. Retrievedfrom.

Endang Titik Lestari, 2020. Discovery Learning di Sekolah Dasar.

Helmiati, 2012. Model Pembelajaran

Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran.Jakarta: PT RajaGrafindoPersada

Rusman, 2021. Model-model Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan

Zubaidah, S. 2013. Buku Guru IPA SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Erni Dwi Astuti, Rachmat Sahputra, Rahmat Rasmawan, meneliti tentang “PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT MATERI KOLOID SMA NEGERI 1 RASAU JAYA”.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. 2015. Diakses 01 oktober 2022.

Integration: Building 21st Century Learning Environments. Retrieved from

Ihdi Shabrona Putri, Rita Juliani, Ilan Nia Lestari, 2017 “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.6 No.2 : 91- 94.

Muhammad Kadri dan Meika Rahmawati, 2015. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR”. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan Vol.1 No.1 : 29 – 33.

Rizka Hartami Putri, Albertus Djoko Lesmono, Pramudya Dwi Aristya. 2017. “PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MAN BONDOWOSO”. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 6 No. 2 : 168-174

Rosdiana ,Didimus Tanah Boleng , Susilo, 2017. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP EFEKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 8 : 1060—1064

Rusilowati, Ani. (2021).“Konsep desain Pembelajaran IPAS untuk mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal

https://mipa.unnes.ac.id/v3/2022/04/konsep-desain-pembelajaran-ipas untukmendukung-penerapan-asesmen-kompetensi-minimal/,diakses pada 28 oktober 2022 pukul 20:00.

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013) 123-12

Salmi, 2019. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 12 PALEMBANG”. Jurnal Provit Vol 6, No. 1

Zaenol Fajri, 2019. “MODEL PEMBELAJARN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SD”. Jurnal IKA Vol 7, No. 2