PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN KUASAET KOTA KUPANG

Isi Artikel Utama

Sofia Godeliva Un Lala
Andriyani A Dua Lehan
Eta Apriani Banabera

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tepatnya guru dalam menerapkan model pembelajaran sehingga rendahnya hasil belajar IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Kuasaet Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni pre-eksperimen One Group Pretest-Posttest Design menggunakan satu kelas dan melibatkan semua siswa kelas IV berjumlah 17 orang. Tahapan uji instumen dimulai dari uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan melakukan uji prasyarat berupa uji normalitas menggunakan rumus Shapiro Wilk berbantu software SPSS 20 diperloleh Sig. p-value pretest dan posttest > 0,05 yakni 0,411 dan 0,157. Hasil dari penelitian ini menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran make a match  dengan rata-rata pretest siswa sebesar 33, 82 dan rata-rata posttest siswa setelah perlakuan sebesar 86,18. Hasil uji hopotesis menggunakan rumus wilcoxon berbantu SPSS 20 diperoleh nilai asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN kuasaet kota kupang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Un Lala, Sofia Godeliva, Andriyani A Dua Lehan, dan Eta Apriani Banabera. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN KUASAET KOTA KUPANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 2 (Mei 20, 2023): 286–291. Diakses April 25, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1401.
Bagian
Artikel

Referensi

Amelia, D. J. 2019. Media Pembelajaran SD Berorientasi Multiple Intellegences. Malang: UMM Press.

Asri, Y. N., & dkk. 2022. Model- Model Pembelajaran. Sukabumi: Cv. Haura Utama.

Ayudia, I. dkk. 2020. Pembelajara IPS Sekolah Dasar. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.

Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. 2020. Model Pembelajaran Make a Match Berbantu Media Kartu Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. (Online). 3(2):pp 152-163.(https://ejournal.undiksha.ac.id). Diakses 4 Januari 2023

Harianjah, J. K. & Dkk. 2022. Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Yayasan Kita Menulis.

Haruna, N. H,. & Darwis, M. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Publikasi Pendidikan. (Online). 10(3):223-231. (https://ojs.unm.ac.id). Diakses 20 September 2022

Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatny Tingkatkan Kualitas. (2019, Desember 4). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. (https://www.kemendigbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas. Diakses 1 November 2022

Haryanto. 2022. Meningkatkan Motivasi dan hasil Belajar Dengan Two Stay and Two Stray. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia.

Hayani, I. 2019. Metode Pembelajaran Abad 21 Panduan Penerapan Guru MTS/SMP. Tanggerang : Rumah Belajar Matematika Indonesia.

Ismail, F. 2018. Statistika Untuk Penelitian dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Kencana.

Kadarwati, A., & Rulviana, V. 2020. Pembelajaran Terpadu. Magetan: Cv. Ae Media Grafika.

Kustiani, I., dkk. 2016. Bahan Ajar Mata Kuliah Wawasan IPS Sebagai Kajian dalam Pembentukan Sikap dan Nilai. Malang: Media Nusa Creative.

Mini, S. J. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Tema Indahnya Keragaman Di NegerikKu Sub Tema Keragaman Sku Bangsa Dan Agama Di Negeriku. Skirpsi(Online). (repository.uinbanten.ac.id). Banten: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Negeri Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diakses 20 September 2022

Mini, S. J., & Zohriah, A. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar The Implementation Of Make A Match Learnining Method Towards Student’s Thematic Learning Outcome. Jurnal Kependidikan Dasar. (Online). 7(1): 73-88. (https://jurnal.unbanten.ac.i). Dikases 28 Oktober 2022

Oktavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ode, N. I. 2022. Pengaruh Model Pembelajara Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. (Online). 2(1):24-32. (https://jurnal-umbuton.ac.id). Diakses 20 September 2022

Pulukadang, W. T. 2021. Buku Ajar Pembelajaran Terpadu. Gorontalo: Ideas Publishing.

Putri, E. N. D., Taufina. 2020. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. (Online) 4(3)617-623. (https://jbasic.org./index.php/basicedu). Diakses 20 September 2022

Ramadhani, M. I. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online). 3(4):2237-2244. (https://educatif.org/index.php/educatif/index). Diakses 28 Oktober 2022

Riana. N. K. I., Tegeh, I. M,. & Pudjawan, K. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match denga Berbantu Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. (Online). 4(3):pp 388-397. (https://ejournal.undiksha.ac.id). Diakses 4 Januari 2023

Seran, E. Y., & Madarwani. 2021. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.

Setiawan, A., Dkk. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Sekolah Dasar IV Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Journal Of Elementary. (Online). 3(1):2614-4093. (https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id). Diakses 30 Spetember 2022

Shiomin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siregar, S. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif DilengkapiDengan Perbandingan Perhitungan Manual SPSS. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Syafaruddin., Supiono., & Burhanuddin. 2019. Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakaerta: Cv. Budi Utama.

Vioreza, N & Dkk. 2020. Call For Book Tema 4 ( Model & Metode Pembelajaran). Surabaya: CV Jakad Media Publishiing.

Wahab, A. Y. L. & Dkk. 2020. Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta.

Widoyoko, E. P. 2020. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yulianti, N. 2021. Penguasaan Vocabulary dalam Memahami Descriptive Text dengan Make a Match Bermedia Gambar Tumbar.Sukabumi: Cv. Jejak.