HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN 2 PADANGSIDIMPUAN

Isi Artikel Utama

Dinda Fazilah
Ilham Sahdi Lubis Lubis
Monica Theresia

Abstrak

This study aims to look at the level of interpersonal intelligence of students and social studies learning outcomes of Min 2 Padangsidimpuan students and to see whether there is a significant relationship between interpersonal intelligence and social studies learning outcomes of fourth grade students. This research was carried out at MIN 2 Padangsidimpuan, carried out in May 2023 with a total population of class IV and the sample consisted of  20 students where 9 boys and 11 girls were taken using a total sampling technique. This study uses quantitative research by applying the correlational method. The data collection technique used was a questionnaire (to measure interpersonal intelligence) and test sheets (to measure social studies learning outcomes of students). The results of the calculations in this study showed that the average level of interpersonal intelligence was 57.55 (medium category) and the average social studies learning outcomes of students was 80.75 (good category). Furthermore, based on the formula r product moment (using spss 22) shows a significant score of  0.034 and this score is less than 0.05 (0.034 < 0.05). Meaning that Ha is accepted so that there is a significant relationship between interpersonal intelligence and social studies learning outcomes for class IV MIN 2 Padangsidimpuan students


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fazilah, Dinda, Ilham Sahdi Lubis Lubis, dan Monica Theresia. “HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV MIN 2 PADANGSIDIMPUAN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 3, no. 4 (November 30, 2023): 709–720. Diakses Desember 21, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/1681.
Bagian
Artikel

Referensi

Amalia, Ridha. 2017. Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Alma’Arif 08 Singosari-Malang. Skripsi Universitas Islam Negeri Malang.

Arrosikh, A., & Fitriani, R. 2021. Korelasi Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Siswa Kelas V Mi Nurul Qur’an Pagutan. EI Midad, Volume XIII Tahun 2021 ; 28-40.

Dinar, Pamungkas, dkk. 2018. Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. Volume III Tahun 2018 ; 287-293.

Karmila, D dan Eliza, D. 2021. Analisi Faktor Penghambat dalam Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Family Education, Volume I Tahun 2021 ; 7-13.

Kelly, E. 2015. Kecerdasan Interpersonal Dan Kecerdasan Intrapersonal Dengan Sikap Multikultur Pada Mahasiswa Malang. Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universita Yudharta Pasuruan, Volume III Tahun 2015 ; 39-59.

Mahdalena,S, & Sain,M . 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VA Siswa Sekolah Dasar Negeri 010 Sungai Beringin: Jurnal Pendidikan, Volume I Tahun 2020 ; 120.

Nasution, Zulfadli. 2022. Sealayang Pandang Ilmu Pendidikan. Bojong Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah Dan Tarbiyah, Volume III Tahun 2018 ; 175.

Pasaribu, T. U. 2018. Hubungan Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 6 Kota Jambi.

Pitriana, A., & Oktaviyanti, I. 2022. Hubungan Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN 1 Wanasaba. Journal of Classroom Action Research, Volume IV Tahun 2022 ; 1-9.

Ratnawati, E. 2016. Pentingnya Pembelajaran Ips Terpadu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi, Volume II Tahun 2016 ; 3.

Ritonga, Rika Afriani, Ilham Sahdi Lubis, dan Sabri. 2022. Pengaruh kedisiplinan siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pagaran sigatal. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, volume 2 Tahun 2022 ; 291.

Sabri, Gustina Sari Lubis, dan Monica Theresia. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Indahnya Keberagaman Budaya Di Negeriku Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 2 Tahun 2022 ; 124.

Saputra, D. 2018. Korelasi Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V di Sd Gugus Iv Abiansemal. Journal Of Education Research and Review, Volume I Tahun 2018 ; 12-13.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tartila, M. F., & Aulia, L. A. A. 2021. Kecerdasan Interpersonal dan Perilaku Prososial. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, Volume VIII Tahun 2021 ; 53-6.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >>