PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTU MEDIA KARYA SENI 3 DIMENSI MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

Wanda Wanda
M Taheri Akhbar
Kiki Aryaningrum

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun suatu karateristik peserta didik dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar sebagai bentuk rasa bersyukur dan meningkatkan suatu hasil belajar peserta didik dalam penerapan model PJBL yang berbantu dengan media pembelajaran karya seni 3 dimensi terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPAS dikelas 5 di SD Negeri 077 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakanpendekatanKuantitatif dengan menggunakan metode penelitian True Eksperimen Design. Pada penelitian ini dilakukan secara random sehingga menggunakan metode eksperimen true experimental design yaitu Pre-Test –Post-Test only control design dan PreTest –Post-Test control group design. Berdasarkan hasil penelitian dari data instrument test pada soal pilihan ganda pretest dari kelas control ( V.A ) yang berjumlah 24 peserta didik didapatkan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 35 untuk Pre-Test dan untuk nilai Post-Test pada nilai tertinggi 70 dan terendah 45 sedangkan, Kelas Eksperimen ( V.B ) yang berjumlah 25 peserta didik didapatkan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 15 untuk Pre-Test dan untuk Post-Test pada nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70, hasil setelah perlakuan menggunakan model PJBL berbantu media karya seni 3 dimensi (Prettest) diperoleh hasil yaitu kategori 25 peserta didik yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan analisis data didapatkan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,025. Jadi jika nilai signifikan <0,025 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dalam Penerapan Model PJBL Berbantu Media Karya Seni 3 Dimensi Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil BelajarSiswa . Jadi dalam penggunaan model PJBL berbantu media karya seni 3 Dimensi siswa dapat membangun suatu karateristik peserta didik dalam bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar sebagai bentuk rasa bersyukur dan meningkatkan suatu hasil belajar peserta didik yang Oktimal.


 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wanda, Wanda, M Taheri Akhbar, dan Kiki Aryaningrum. “PENERAPAN MODEL PJBL BERBANTU MEDIA KARYA SENI 3 DIMENSI MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Maret 8, 2025): 760–774. Diakses April 30, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2501.
Bagian
Artikel

Referensi

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.

Daryanton & Syaiful Karim. (2017). PEMBELAJARAN ABAD 21. Yogyakarta: Gava Media.

Fikri hasnul,Ade sri madona. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. YOGYAKARTA: Penerbit Samudra Biru ( Anggota IKAPI).

kadek, I Kurniawan DKK. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Meningkatkan Pembelajaran Konsep Siswa. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8, 80-92.

Kamayani, D. D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar IPA Di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Pendidikan.

Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noerfikri.

Marhento, G. D. (2018). Penerapan Media Tiga Dimensi Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Pendidikan, 43-47.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu. Bandung : PT Refika Aditama. Narbuko, Cholid DKK. (2018). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nila Kesumawati, A. M. (2018). Pengantar Statistik Penelitian . Depok: PT Raja Grapindo Persada.

Nila Kesumawati, I. A. (2018). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: NoerFikri Offset.

Oktri, Hilda Yeni DKK. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Tebing Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2017/2018. Pendidikan MINDA, 1, 10-18.

Penyusun, T. (2021). Pedoman Penulisan Skripsi. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Putri, A. S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untung

Mengkingkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III Negeri Sidorejo Lor 01 Salita. Pesona Dasar, 2337-9227.

Rahmat, P. S. (2018). Psikologi pendidikan . Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Rahmawati, I. (2021). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Perestasi Belajar Peserta Didik Di Kelas IV SDN 1 Panjang Rejo Kabupaten Bantul. Jurnal Pendagogos, 3(2), 34.

Sari, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmia Sekolah Dasar, 150-157.

Sugiono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantiatif, Kualitatif, Dan R&B. Yogyakarta: ALFABETA.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung : Alfabeta.

Syaodih, N. S. ( 2017 ) Pengembangan Kurikulum Bandung: PT. Remaja Rosdakarya OffSet.

Wati, E. T. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Terhadap Hasil Belaja Siswa Kelas V SDN 1 Surabaya, 923.

Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Penelitian Tindakan (PTK) Research and Development ( R& D). Jakarta: PT Cahaya Prima Sentosa.

Yuniastuti DKK. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GENERASI MILENIAL TINJAUAN TEORETIS DAN PEDOMAN PRAKTIS. SURABAYA: SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.

BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol. 08, No. 04 (2022) hal. 139 – 146