PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET PADA MATERI ARTI LAMBANG NEGARA INDONESIA SISWA KELAS III SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengembangan media pembelajaran E-Booklet berbasis digital tematik kelas III sekolah dasar, mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengembangan produk E-Booklet yang valid dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam pengembangan E-Booklet ini adalah R&D (Research and Development), pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III.B Sekolah Dasar Negeri 82 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian penelitian ini yaitu observasi, tes, angket, berdasarkan hasil dari ahli validator dari ketiga bidang yaitu, media, materi dan bahasa. Dimana validator dalam pengembangan ini ada 3 validator yang mencakup 3 bidang tersebut, sehingga persentase validator ahli media sebesar 87,5%, validator ahli materi 90%, dan validator ahli bahasa 90% yang dikategorikan “sangat valid”. Kemudian uji coba kelompok kecil (small group) memperoleh persentase sebesar 86,6%, dan uji coba lapangan memperoleh persentase 94,4% yang dikategorikan “sangat efektif”.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
A. Nasrullah, H. Mahfud, & F. P. Adi 2020 Upaya peningkatan pemahaman makna simbol - simbol pancasila melalui model mind mapping pada siswa kelas III SD Negeri Tunggulsari 1 tahun ajaran 2019 / 2020 Didakt. Dwija Indria 8(2)
Al Ishmah, Q., Aljupri, S. K., Romdani, A. S., & Nuraini, A. (2023). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Ppkn Di Sd. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 31-36.
Alfarid, N. (2023, August). Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet berbasis Nilai Keislaman pada Materi Animalia di Kelas X SMA/MA. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 3, pp. 93-104).
Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. I. (2022). Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Riset & Konseptual, 6(2), 351-357.
Ambarwati, A., Arafat, Y., & Aryaningrum, K. (2022). Analisis pembelajaran ppkn menggunakan media audio visual kelas iii sd yayasan brk. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 8-13.
Artika, U., Rofiqah, S. A., & Effendi, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Booklet pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 3(2), 71-83.
Asinta, D., & Prasetyaningtyas, F. D. (2021). Pengembangan E-Booklet Berbasis Web Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran IPS Kelas V. Jurnal Magistra, 12(2), 2021.
Faradisa, A. R., Fianti, S. I., Cristyanty, V., Yusuf, S. M., & Cahyani, V. P. (2021, December). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar (Vol. 1, No. 1, pp. 106-116).
Fauzan & Lubis, M. A. (2020). Perencanaan Pembelajaran di SD/MI. Jakarta: Kencana.
Fitriani, R., Mahrudin, M., & Irianti, R. (2023). Validitas E-Booklet Keanekaragaman Jenis Ikan Di Sungai Irigasi Rawa Desa Tanipah Kecamatan Mandastana Pada Konsep Animalia. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 1-13.
Gulo, S., & Harefa, A. O. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 291-299.
Hasdina, H., & Khaira, K. (2022). Pengembangan Media Booklet Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Siswa SMA/MA. Edusainstika: Jurnal Pembelajaran MIPA, 2(2), 89-93.
Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-37.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.
Indonesia. Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Lubis, M. A. (2018). Pembelajaran PPKn (Teori Pengajaran Abad 21 di SD/MI). Yogyakarta: Samudra Biru.
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI. Jakarta: Kencana.
Maulana, M. I., & Junianto, E. (2022). Penerapan model ADDIE dalam pembuatan permainan edukasi bahasa inggris berbasis android. Jurnal Responsif: Riset Sains Dan Informatika, 4(1), 12-22.
Marcellina, R. J., Karyadi, B., Parlindungan, D., Uliyandari, M., & Sutarno, M. (2023). Pengembangan E-Booklet Lemea Lebong sebagai Media Pembelajaran Materi Bioteknologi untuk Siswa SMP. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 6(1), 110-119.
Najat, S., Herawati, S., Intiana, S. R. H., & Shaumy, R. L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas 1 SD Negeri 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Science Instruction and Technology, 3(1), 85-90.
Nuraini, A., Khadijah, U. L. S., & Radiah, S. (2023). Dokumentasi Pelaksanaan Tradisi Hajat Laut pada Media E-Booklet dalam Upaya Pelestarian Budaya Lokal Kabupaten Pangandaran. Jurnal Artefak, 10(1), 29-42.
Prananta, R., & Safitri, N. Q. L. (2023). Tahapan Pembuatan E-Booklet Sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. Jurnal Elektronik Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (E-SOSPOL), 9(4), 393-405.
Putra, G. P. U., Mahfud, H., & Saputri, D. Y. (2021). Profil pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (ppkn) materi simbol-simbol pancasila kelas IV di SD. Didaktika Dwija Indria, 9(3).
R. Kristiawan & N. Mediatati 2019 Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ppkn Di Kelas X (Sepuluh) Kgsp-B Smk Negeri 2 Salatiga J. Ppkn 7(1) 105-1
Rahayuningsih, P. (2022). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(1).
Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603-611.
Rahmawati, R., Marsudi, M., & Sultani, Z. I. M. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Berbasis Sejarah Lokal Pemerintahan Kota Blitar (1906-1945) Untuk Pembelajaran Sejarah Indonesia Pada Peserta Didik Kelas Xi Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Kota Blitar. Jurnal Artefak, 8(2), 137-158.
Rayanto, Y. H. & Sugiyanti. Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Santosa, S., & Zaenuri, Z. (2022). Analisis Materi Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1495-1504.
Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Kajian Lambang Negara Indonesia Burung Garuda untuk Membumikan Rasa Nasionalisme, Perjuangan, dan Patriotisme Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 171-183.
Sari, R. P. (2023). Analisis Keefektifan Penilaian Formatif Berbantuan Media Oodlu Pada Pembelajaran Ppkn Di SD. Progresif Kognitif dan Kemampuan, 2(3), 171-179.
Setiawan, H., & Wardhani, H. A. K. (2018). Pengembangan Media E-Booklet Pada Materi Keanekaragaman Jenis Nepenthes. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2).
Sinaga, H., Silalahi, M. V., & Situmorang, M. V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet pada Materi Keanekaragaman Hayati terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7116-7130.
Sopanda, L., Susiaty, U. D., & Hartono, H. (2023). Desain Media E-Booklet Terintegrasi Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Relasi Dan Fungsi. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 2(1), 188-201.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Sularmi, S. H. M. (2017). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Makna Simbol-Simbol Sila Pancasila Melalui Model Role Playing Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 5(2).
Sulistyaningrum, D. A., Wibawanto, H., & Purwanti, E. (2022, September). Pelatihan google classroom menggunakan model ADDIE untuk guru sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 5, No. 1, pp. 267-273).
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Violla, R., & Fernandes, R. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran E-Booklet Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 13-23.
Yuwono, T. D. P. L., & Prastowo, A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendididkan Kewarganegaraan di SD/MI. Pedagogos: Jurnal Pendidikan, 4(1), 27-32.