ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Berlia Rizkyutami
Lukman Hakim
Lefudin Lefudin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran make a match pada materi alat gerak hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian yang digunakan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada guru dan siswa kelas V A. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A SD Negeri 69 Palembang yang berjumlah 20 orang siswa dan satu guru kelas. Berdasarkan hasil yang dilakukan melalui observasi didapatkan hasil data observasi yang diamati peneliti pada saat guru melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPA rata – rata nilai hasil aktivitas belajar siswa yaitu 76,78% atau termasuk dalam kategori tinggi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPA diperoleh hasil sebesar 76,05 dengan demikian rata – rata tersebut terdapat pada interval 75 – 84 yang termasuk dalam  kategori tinggi, sedangkan hasil wawancara diperoleh informasi dari guru kelas V  A SD Negeri 69 Palembang hasil belajar siswa sudah diatas KKM, yaitu 70.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rizkyutami, Berlia, Lukman Hakim, dan Lefudin Lefudin. “ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 633–642. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2504.
Bagian
Artikel

Referensi

Eviani, Utami, S., & Sabri, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis masalah terhadap Literasi Sains IPA Kelas V SD. Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa ( JPPK ), 3 (7).

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar. Unesa.

Mirdad, J. (2020). Model - Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). Sakinah, 2,No.1, 14-23.

Mulyono. (2018). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. IKA PGSD ( Ikatan Alumi PGSD) UNARS, 304-314.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, s., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 No.6.

Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Riyanti, N. N., & Abdullah, M. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPS. Doctoral dissertation, State University Of Surabaya.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif,dan RND. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning: Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama