MANAJEMEN STRATEGIS PEMETAAN PROGRAM PENDIDIKAN DALAM PENDEKATAN PRAKTIS

Isi Artikel Utama

Asrulla
Maisah Maisah
Lukman Hakim
Deassy Arestya Saksitha
Dwi Wahyuni

Abstrak

Di abad ke-21, ada tren positif di dunia pendidikan, dengan hadirnya lembaga pendidikan berbasis keislaman yang dinaungi oleh sebuah yayasan. Model lembaga pendidikan ini dapat diidentifikasi ke dalam empat kategori, di antaranya pesantren, sekolah islam terpadu, madrasah, dan sekolah umum. Sebagai sebuah institusi pendidikan, SMP BP TAHFIDZ AT-TAUBAH BATAM, telah mencoba menyusun strategi pengembangan program pendidikan sesuai dengan sumber daya yang ada berdasarkan analisis SWOT yang telah disusun secara matang. Hal ini dibuat untuk digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang merujuk pada kebijakan pendidikan nasional dan analisis kontekstual sekolah dan lingkungan mulai dari diri peserta didik, pendidik, warga sekolah, dan lembaga kemitraan di luar sekolah. Strategi pengembangan program pendididkan ini telah dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga kegiatan belajar mengajar di SMP BP TAHFIDZ AT-TAUBAH BATAM menjadi lebih menyenangkan, menantang, mencerdaskan, dan sesuai dengan keadaan daerah dan kebutuhan peserta didik setempat. Hal tersebut sebagai upaya menciptakan keunggulan bersaing sehingga menjadi diferensiasi yang kuat bagi para pesaingnya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Asrulla, Maisah Maisah, Lukman Hakim, Deassy Arestya Saksitha, dan Dwi Wahyuni. “MANAJEMEN STRATEGIS PEMETAAN PROGRAM PENDIDIKAN DALAM PENDEKATAN PRAKTIS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 705–719. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2582.
Bagian
Artikel

Referensi

Arief, Armai.2022.Reformasi Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press Group

Asrulla, Asrulla, Risnita Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 26320-26332.

Asrulla, Asrulla, Tuti Indriyani, and Firdaus Jeka. "Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Era Society 5.0 ." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 161-178.

Asrulla, Asrulla. "Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Kerja, dan Reward terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group Batam." Indonesian Journal of Islamic Educational Management 5, no. 1 (2022): 35-45.

Asrulla, Asrulla, Kasful Anwar, and M. Y. Mahmud. "Membangun Competitive Advantage Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Pendidikan." Jurnal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 1-10.

Basri, Hasan dan Rusdiana.2018. Manajemen Pendidikan & Pelatihan. Bandung: Pustaka Setia

Fattah, Nanang.2019. Analisis strategi pendidikan.Bandung: Rosda

Jeka, Firdaus, and Tuti Indriyani. "Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 189-197.

Hesterley, & Barney. Strategic Management and Competitive Advantage.New York: Pearson Prentice Hall,2019.

Hidayat, Rahmat & Candra.2017 Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: LPPPI

Hubbard, Graham.2020. Strategic Management. Pearson Education Australia: Australia

J. Dward, Blocher. Cost Management a Strategic Emphasis. New York: Mcgraw Hill,2018.

Jin, Byoungho, & Cedrola, Elena. Fashion Branding and Communication. New York: Palgrave Macmillan,2017.

Kotler, Philip & Gary Amstrong.2022. Marketing: An Introducing Edition 15. (New York: Pearson

Kotler, Philip & Hermawan Kertajaya. Marketing 3.0, From Product to Customers to Human Spirit.Canada: John Wiley & Sons, Inc,2017

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. Marketing Management Edition 16. New York: Pearson Education, 2022.

Kotler, Philip, & Gary Armstrong. Prinsip-prinsip Pemasaran.Jakarta: Erlangga, 2020.

Maisah.2016.Manajemen Strategik dalam Perspektif Pendidikan Islam.(Jambi: Salim Median Indonesia

Porter, Michael.2019. The Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance (terjemahan). Jakarta: Kharisma

Siagian. 2018.Manajemen Strategi. Jakarta: Bumi Aksara

Sudaryono.2020.Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi.(Yogyakarta: Andi PublisherSuriasumantri, Jujun S. 2006. Ilmu dalam Perspektif.Jakarta: Yayasan Obor

Sugiyono.2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta

Susanto, AB. 2024.Manajemen Strategik Komprehensif Untuk Mahasiswa dan Praktisi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Tilaar, Har dan Riant Nugroho.2008. Strategi pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003

W.L., Charles Hill & Gareth Richard Vaughan Jones.2019. Strategic Management: Theory & Cases: An Integrated Approach. Boston: Cengage Learning