KONTRIBUSI ASPEK SOSIAL DAN BUDAYA DALAM APLIKASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kontribusi aspek sosial dan budaya dalam aplikasi kebijakan pendidikan nasional Indonesia memainkan peran penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang inklusif, relevan, dan mampu mencerminkan keberagaman masyarakat. Pendidikan di Indonesia tidak hanya berfokus pada pengembangan intelektual, tetapi juga pada pembentukan karakter dan penguatan nilai-nilai sosial budaya. Dalam konteks ini, kebijakan pendidikan nasional harus memperhatikan keberagaman etnis, agama, bahasa, serta norma sosial yang ada di masyarakat. Kebijakan seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 dan kebijakan terkait lainnya mengintegrasikan pendidikan berbasis kearifan lokal, kesetaraan gender, dan inklusi sosial untuk menjamin akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat, tanpa diskriminasi. Selain itu, pengembangan kurikulum yang memperkenalkan nilai-nilai sosial dan budaya, termasuk pendidikan karakter dan toleransi, juga menjadi bagian penting dari kebijakan ini. Meskipun demikian, implementasi kebijakan ini masih menghadapi tantangan dalam hal pemerataan akses pendidikan, ketimpangan sosial, dan konflik budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali sejauh mana aspek sosial dan budaya mempengaruhi kebijakan pendidikan nasional Indonesia yang termaktub dalam perundang-undangan, serta menganalisis dampak positif dan tantangan yang dihadapi dalam penerapannya. Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun kebijakan pendidikan telah berusaha untuk menciptakan sistem yang lebih inklusif dan menghargai keberagaman budaya, tantangan dalam implementasi masih perlu diatasi agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai secara optimal.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Asrulla, Asrulla, Risnita Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 26320-26332.
Asrulla, Asrulla, Tuti Indriyani, and Firdaus Jeka. "Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Era Society 5.0 ." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 161-178.
Asrulla, Asrulla. "Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Kerja, dan Reward terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group Batam." Indonesian Journal of Islamic Educational Management 5, no. 1 (2022): 35-45.
Asrulla, Asrulla, Kasful Anwar, and M. Y. Mahmud. "Membangun Competitive Advantage Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Pendidikan." Jurnal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 1-10.
Asrulla, Asrulla, Marwazi Marwazi, Abdul Halim, and Firdaus Jeka. "Meneropong Eksistensi Pendidikan Pesantren melalui Undang-Undang No. 18 Tahun 2019." Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 4 (2024): 9582-9596.
Arikunto, Suharsimi. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Kebijakan Pendidikan Nasional: Menuju Integrasi Sosial Budaya dalam Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Dyan Pratiwi, Dkk. (2024).Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Sadah Kurnia Pustaka
Fahmi, R., Sundawa, D., & Ramdhani, H. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 218-231.
Fattah, Nanang. (2014). Analisis Kebijakan Pendidikan.Bandung: Rosda
Hamid, Abdurrahman. (2017). Pendidikan Nasional dalam Perspektif Sosial dan Budaya. UMM Press.
Jeka, Firdaus, and Tuti Indriyani. "Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 189-197.
Mulyasa, E. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, A. H. (2015). Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pembangunan Sosial di Indonesia. Penerbit Andi.
Priyono, P. (2011). Peran Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 67-80.
Puspendik. (2020). Laporan Hasil Evaluasi Kebijakan Pendidikan Nasional Tahun 2020. Pusat Penilaian Pendidikan.
Rosmawiah, R. (2023). Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(1), 50-57.
Rusdiana.(2019).Kebijakan Pendidikan,dari Filosofi ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia
Saragih, T. (2016). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Konteks Kebijakan Pendidikan Nasional Indonesia. Pustaka Pelajar.
Suharto, S. (2014). Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pembangunan Nasional. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 35-47.
Supriyatno, T. (2017). Keberagaman elemen budaya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam di Malang. Ulul Albab, 17(2), 218-229.
Zaini, M. A., & Rahmawati, N. (2018). Kebijakan Pendidikan Nasional dan Tantangan Sosial Budaya di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 125-136.