EVOLUSI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM MENUJU MODERNISASI PENDIDIKAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Evolusi institusi pendidikan Islam dari konsep tradisional ke arah modernisasi pendidikan adalah sebuah perubahan penting dalam konteks pendidikan di era global. Penelitian ini menyelidiki bagaimana institusi pendidikan Islam beradaptasi dengan tantangan zaman, khususnya dalam menghadapi kemajuan teknologi dan globalisasi yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian literatur, di mana semua data diperoleh melalui buku dan jurnal akademik, lalu data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikannya, dan menarik kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pergeseran institusi pendidikan Islam dari tradisional ke modern merupakan suatu kebutuhan untuk memastikan relevansi dan kontribusi lembaga pendidikan di era global. Melalui penyesuaian kurikulum, pembaruan metode pengajaran, pemanfaatan teknologi, perbaikan manajemen, pengembangan tenaga pengajar, serta kerjasama dan kemitraan, pendidikan tinggi Islam dapat mencapai mutu yang setara dengan standar internasional. Berbagai tantangan yang ada perlu diatasi dengan strategi yang tepat supaya evaluasi ini dapat berlangsung dengan efisien dan berkelanjutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abd. Halim soebahar. 2013. Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Jakarta : Pt RajaGrafindo Persada
Alfi, A. M., Febriasari, A., & Azka, J. N. (2023). Transformasi pendidikan agama islam melalui teknologi. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(4),511-522.
Ansori, A. S., Putri, N. A. J., & Mukarromah, N. (2024). Peran Regulasi dalam Mendorong Inovasi dan Kualitas Pelayanan Publik: Tinjauan pada Sektor Pendidikan. Idarotuna: Journal of Administrative Science, 5(1), 63-70.
Asrulla, Asrulla, Risnita Risnita, M. Syahran Jailani, and Firdaus Jeka. "Populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan informan kunci (kualitatif) dalam pendekatan praktis." Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 26320-26332.
Asrulla, Asrulla, Tuti Indriyani, and Firdaus Jeka. "Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Era Society 5.0 ." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 161-178.
Asrulla, Asrulla. "Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Kerja, dan Reward terhadap Kinerja Tenaga Pendidik Pada Direktorat Pendidikan Nurul Islam Group Batam." Indonesian Journal of Islamic Educational Management 5, no. 1 (2022): 35-45.
Asrulla, Asrulla, Kasful Anwar, and M. Y. Mahmud. "Membangun Competitive Advantage Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi Pendidikan." Jurnal Genta Mulia 15, no. 2 (2024): 1-10.
Asrulla, Asrulla, Marwazi Marwazi, Abdul Halim, and Firdaus Jeka. "Meneropong Eksistensi Pendidikan Pesantren melalui Undang-Undang No. 18 Tahun 2019." Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 4 (2024): 9582-9596.
Arif, Rahman, et. al. 2018. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran TIK Berbasis Web Menggunakan Model Addie Untuk Siswa SMK. Surabaya. ejournal.itats.ac.id.
Darwis,Djamaluidin, 2006. Dinamika Pendidikan Islam. Semarang Rasail
Duderstadt, James J. (2003). A University For The 21 st Century. The United States of America: The University of Michigan Press.
Jeka, Firdaus, and Tuti Indriyani. "Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam." Jurnal Genta Mulia 15, no. 1 (2024): 189-197.
Karim, M. N., & Bakar, A. (2023). Konsep Implementasi Integrasi Sains Dengan Agama (Islam) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam Di Madrasah Dan Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Jurnal Adzkiya, 7(1), 25-32.
Kertajaya, Hermawan.2007.Syariah Marketing. Bandung Mizan
Ling, Peter. 2005.From a Community of Scholars to a Company‟ dalam K, Fraser (Ed) Education Development and Leadership in Higher Education – Developing an Effective Institutional Strategy. NewYork: RoutledgeFalmer
Moleong, Lexy J.2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung Rosdakarya
Queiroz, L. R. S., & Figueiredo, S. (2016).The World Declaration on HigherEducation for the Twenty-First Century‟and perspectives for MusicEducation in Brazil. International Perspectives on Research in MusicEducation, 205.
Ramayulis 2020. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam; Mengenal Tokoh Pendidikan di Dunia Islam dan Indonesia. Edisi Revisi. Ciputat: Quantum Teaching
Rino.2020. Kurikulum,Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Riset. Bandung Alfabeta
Sabri, M., Ikhsan, M., & Wekke, I. S. (2018). Pengalaman Paramadina sebagai Rumah Pengetahuan Berbasis Nilai-nilai Ketuhanan, Tradisi Hikmah, danIlmu Pengetahuan. TEOSOFI: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 8(2),373-405.
Samsu, Dkk.2024. Kepemimpinan dan Berpikir Kesistiman dalam Manajemen Pendidikan Islam, Pekanbaru: Rapari Publisher
Sugiyono.2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
Umar,2021. Madrasah Hebat Bermartabat. Jakarta;EMK
Yasid, Abu, Dkk. 2017.Paradigma Baru Pondok Pesantren. Yogyakarta: Ircisod.