PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA BERBASIS STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SD NEGERI 28 BANDAR BARU

Isi Artikel Utama

Teuku Armansyah
Nadya Aldyza
M Danil

Abstrak

Penelitian ini merupakan kajian tentang pengembangan media pembelajaran berupa kompor bertenaga surya berdasarkan materi IPA SD STEM untuk menunjang kurikulum 2013. Penelitian ini adalah solusi permasalahan pendidik mengenai pembelajaran menggunakan media pada kurikulum 2013 di menghadapi tuntutan pendidikan abad 21. Diharapkan siswa mempunyai pengetahuan dan keterampilan dibidang tersebut dikemudian harinya. STEM secara terpadu melalui pembelajaran di sekolah. STEM dapat diterapkan mulai dari Tingkat Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga sederhana berbasis STEM. Itu Alat peraga yang digunakan adalah kompor tenaga surya yang dapat digunakan sebagai sumber energi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kebutuhan dasar pembelajaran menggunakan alat peraga berbasis STEM; 2) mengembangkan desain alat peraga sederhana berbasis STEM; 3) jelaskan alat peraga sederhana berbasis STEM. Desain penelitian yang digunakan adalah Model Educational Design Research (EDR) menurut McKenney & Reaves yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) Analisis dan Eksplorasi; 2) Desain dan Konstruksi; 3) Evaluasi dan  Cerminan. Penelitian ini dilakukan hingga tahap kedua yaitu Desain dan Konstruksi. Pengembangan alat peraga sederhana berbasis STEM dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran yang potensial, menganalisis KD berbasis STEM, dan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan. Sederhana alat peraga berbahan dasar STEM berbentuk kubus yang terbuat dari karton bekas, kemudian keempat sisi atasnya Sampul karton dilapisi dengan kertas perak yang digunakan untuk memantulkan cahaya sebagai sumber panas.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Armansyah, Teuku, Nadya Aldyza, dan M Danil. “PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA BERBASIS STEM DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SD NEGERI 28 BANDAR BARU”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2092–2098. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2656.
Bagian
Artikel

Referensi

Arends, r.i. (2008). learning to teach. New york:mcgraw hill.

Asep Iman Nurjaman, Ghulam Hamdu, & Ellan Ellan.(2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelaksanaan Pembelajaran Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM di SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 3 85-99 diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Cika Tiar Falentina, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, Edi Hendri Mulyana. (2018). Mobil Bertenaga Angin : Media Berbasis STEM untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar- Vol. 5, No. 3 152-162 diakses dari http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

De Lange, J. (2000). “The Tides They areA-Changing.” UMAPJournal21(1): 15–36.

Diarti Andra Ningsih, Nurhasanah, Lusiana Fadillah.(2019). Efektivitas Pembelajaran Di Luar Kelas Dalam Pembentukan Sikap Percaya Diri Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V SDN 190 Cenning. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan. Vol. 4, No. 2 (2019) 2715- 6818. Diakses dari http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/JPDK

Fazilla, sarah. (2016).Penerapan Asesmen portofolio dalam Penilaian hasil belajar Sains SD. ISSN 1412-565x. diakses dari http://jurnal.upi.edu/file/Sarah_Fazilla.pdf

Permanasari, Anna.(2016). STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016:Universitas Sebelas Maret. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/173124-ID-stem-education-inovasi-dalampembelajara.pdf

Rika widya Sukmana.2017. Pendekatan science, technology, engineering and mathematics (stem) sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik sekolah dasar. Pendas jurnal ilmiah pendidikan dasar, issn cetak : 2477-2143 diakses dari https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/798.