PENERAPAN GAME BERBASIS DIGITAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA

Isi Artikel Utama

Rini Puspitasari
Nadia Aldyza
M Danil

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan game berbasis digital terhadap peserta didik serta untuk mengetahui apakah dengan penerapan game berbasis digital dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS materi “Gaya” di kelas IV SD Negeri Sungai Iyu Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Adapun bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sungai Iyu Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1)  Observasi, 2) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan game Berbasis digital dalam hal ini peneliti menggunakan aplikasi Wordwall dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi “Gaya” di kelas IV SD Negeri Sungai Iyu Kecamatan Bendahara Kabupaten Aceh Tamiang. Dalam hal ini dapat lihat dari pencapaian kemampuan berpikir kritis yang mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan Hasil rata-rata keterampilan berpikir kritis yang dicapai pada pra siklus adalah 74,40, pada akhir siklus 1 adalah 82,98, dan pada akhir siklus 2 menjadi 88,59. Nilai Ngain pada Siklus 1 mendapatkan hasil sebesar 0,3 dengan kategori Sedang dan pada Siklus 2 mendapatkan hasil sebesar 0,6 dengan kategori Sedang. Selain itu jumlah siswa yang mendapatkan nilai minimal 80 pada Prasiklus sebesar 51,51%, pada siklus 1 jumlah siswa yang mendapatkan nilai minimal 80 sebesar 75,75% dan pada siklus 2 jumlah siswa yang mendapatkan nilai minimal 80 sebesar 93,93%. Hasil respon Angket tanggapan peserta didik didapatkan hasil sebesar 81,74% dengan kategori sangat efektif dalam penggunaan media game digital.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puspitasari, Rini, Nadia Aldyza, dan M Danil. “PENERAPAN GAME BERBASIS DIGITAL DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (Desember 13, 2025): 4937–4945. Diakses Desember 14, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2665.
Bagian
Artikel

Referensi

Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660.

Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Ardian, Y., Nilasari, E, & Susanto,R (2018).Pembelajaran Tematik Berbasis Kontekstual Di SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal JTP2IPS (2018) 03 19-26 http://dx.doi.org/10.17977/um022v3i12018p019

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. P21. (2019). Partnership for 21st Century Learning. Framework For21" Century Learning, 9.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diah Citra Raesi, Endang Danial AR, S. (2020). Jurnal Civicus IMPLEMENTATION OF PROBING – PROMPTING MODEL ON STUDENTS ’ CRITICAL THINKING SKILLS IN LEARNING IMPLEMENTASI E-TILANG DI POS GATUR LANTAS LEDENG. 20(2), 9– 14.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Sd Kelas V. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 33–48.

Fanani, Achmad, W. S. (2019). Analisis Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Adi Buana University Press.

Hasan, M., Munfangati, R., Mustika, Supartha, I. K. D. G., Tyaningsih, R. Y., Satria, R., Thalib, D., Lestari, A. S., Subagiyo, A., Ariningsih, K. A., Hasbi, I., & Khaira., I. (2021). Pembelajaran Digital (1st Ed.). Widina Bhakti Persada.

Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran Ipa Dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Pada Sd, Smp, Sma Di Tambun Selatan, Bekasi Ilmi. Jipva (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 2(2), 131–140.

Istyasiwi, M. E., Aulianty, Y., & Sholeh, D. A. (2021). Pengembangan Media Digital Kartu Domino Rantai Makanan (Dorama) Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 254–263. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V2i2.1115

Kaleiloglu, F., & Gulbahar, Y. (2014). The Effect of Instructional Techniques on Critical Thinking Disposition in Online Discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248—258.OECD-FAO. (2011). OECD-FAO Agricultural Outlook - OECD.

Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran Ipa Sekolah Dasr. Malang: Ediide Infografika.

Melinda, V. A., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (Vft) Pada Kelas V Sdnu Kraton-Kencong. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2001, 158–164.

Monica, R., Ricky, Z., & Estuhono. (2021). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Model Research Based Learning Pada Keterampilan 4c Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4470– 4482. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1470

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Murti, E. D., Nasir, N., & Negara, H. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Dampak Model Pembelajaran SAVI ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematis [Analysis of Mathematical Problem-Solving Ability: The Impact of the SAVI Learning Model in terms of Mathematical Learning Independe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 119–129.

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter, 1(5), 452–457.

Prastyo, D., Satianingsih, R., Sulistyowati, I., Catur, B. S. (2022). PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASISWA PGSD UNIPA SURABAYA. Jurnal Pendidikan Dasar, VI(November), 1–15.

Purwati, L. M. (2021). Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Masa pandemi Di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 152–158.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Ramadhani, S. P., Zulela, & Fahrurrozi. (2021). Analisis Kebutuhan Desain Pengembangan Model Ipa Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1819–1824.

Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube Terhadap Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar – Dewi Rahmawati Noer Jannah, Idam Ragil Widianto Atmojo DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Yunin Nurun, Nafiah. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1) 125-129

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>