PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL)TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menekankan siswa untuk dapat belajar secara mandiri, aktif, dan kreatif dengan memecahkan masalah yang dihadapi dan siswa juga dapat menghasilkan proyek/kegiatan dari pengalamannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VI SD Negeri Gampong Gajah Kabupaten Pidie. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar untuk mengukur pemahaman siswa kelas VI tentang materi Perkembangbiakan Hewan. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh dan manfaat model project based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Supriadi, D. (2020). Konsep Pendidikan Sepanjang Hayat. Jakarta: Erlangga.
Bloom, B. S. (2021). Taxonomy of Educational Objectives: The Classification of Educational Goals. Longman.
Gagne, R. M. (2022). Principles of Instructional Design. Holt, Rinehart, and Winston.
Arikunto, S. (2023). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. (2023). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Arifin, 2021. Repository UPI
Bell, S. (2020). The Power of Project-Based Learning: Real-World Projects to Inspire Students. New York: Routledge.
Markham, T. (2021). Project-Based Learning Design Handbook. San Francisco: PBL Global.
Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2021). Setting the Standard for Project-Based Learning: A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction. Alexandria: ASCD.
Kemendikbudristek RI. (2023). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek
Darling-Hammond, L., & Barron, B. (2021). Powerful Learning: What We Know About Teaching for Understanding. San Francisco: Jossey-Bass.
Faridah, N., Nasution, L., & Arifin, Z. (2022). Implementasi Pendekatan PjBL untuk Penguatan Keterampilan Abad ke-21. Jakarta: Erlangga.
Guo, Y., Wang, L., & Zhang, H. (2020). Constructivist Approaches in Project-Based Learning: A Meta-Analysis. Educational Research Review, 30, 100123.
Harlis, Y., Putri, R. A., & Suryadi, D. (2022). Collaborative Project-Based Learning for Enhancing Interpersonal Skills. Bandung: UPI Press.
Ilma, R., & Turmudi. (2021). Efektivitas Project-Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 205–215.
Indarta, R., Supriyadi, & Puspita, M. (2022). Project-Based Learning sebagai Pendekatan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kompleks. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Kainama, D., Rahman, F., & Setiawan, B. (2023). Pendekatan PjBL untuk Pembelajaran Berbasis Masalah Nyata. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Saputra, A., & Andriyani, R. (2018). Self-Regulated Learning through Project-Based Learning Approaches. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 123–135.
Yusoff, M. H., Ismail, Z., & Ahmad, N. (2021). Enhancing Independent Learning in PjBL Frameworks: A Systematic Review. Malaysian Journal of Educational Technology, 19(1), 15–25
Slavin, R. E. (2021). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson
Sugiyono. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Frankel, J. (2020). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson.
Santri Nesia. (2022). Artikel "Populasi Penelitian Menurut Para Ahli". Diakses dari Santri Nesia.
Referensi Siswa. (2023). Artikel "Pengertian Populasi". Diakses dari Referensi Siswa.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Priyanda, R. et al. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradina Pustaka
Renggo, Y. R., & Kom, S. (2022). Populasi dan Sampel Kuantitatif
Rahmi, R. & Nuraini, S. B. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan. Prenada Media
Malhotra, N. K. (2021). Marketing Research: An Applied Orientation
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2020). Pengantar Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryabrata, S. (2019). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rani Siti Habsoh. (2020). Analisis Kesulitan Menentukan Ide Pokok Paragraf pada Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia
Murtanto, F. (2024). Uji Normalitas dan Metode Perhitungan. Sekolah Stata.
Nuansa Metro. (2024). Uji Normalitas: Pentingnya dalam Analisis Statistik.
Madenginer. (2024). Pengertian dan Jenis-Jenis Uji Normalitas.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Arikunto, S. (2022). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.