PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS

Isi Artikel Utama

Liza Febriyanti
Mahmud Alpusari
Eddy Noviana

Abstrak

Masalah yang di jumpai peneliti pada adalah kurangnya kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Menurut hasil survey berupa wawancara dan hasil data yang di kumpulkan peneliti menunjukkan bahwa Siswa di SD IT Milatul Khoir Pekanbaru memiliki tingkat berpikir kritis yang masih rendah. Hal ini di buktikan dengan hasil wawancara yang dilakukan dengan kepala sekolah dan wali kelas serta data nilai ulangan siswa yang tidak mencapai KKM. Rendahnya kemampuan berpikir kritis tersebut didukung oleh hasil Survey Program Siswa Internasional PISA atau Survey Programme For International Student Assesment di tahun 2018 menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah yakni dari 79 negara, Indonesia menempati urutan ke-74. Dari survey tersebut mendapatkan peringkat 10 terbawah dari berbagai kategori mulai dari tahun 2009-2018. Hal ini disebabkan karena pendidik sering menggunakan pendekatan ceramah yang hanya berfokus pada guru dan selalu menggunakan media papan tulis. Akibatnya, kemampuan berpikir siswa tidak berkembang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif berupa kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk membandingkan pengaruh antara model project based learning berbasis STEAM dan pembelajaran dengan pendekatan ceramah atau konvensional. Instrument pada penelitian ini berupa soal tes dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum pembelajaran di mulai, siswa mngerjakan soal pre-test dan setelah selesai pembelajaraan, siswa mengerjakan soal post-test. Hal demikian dilakukan untuk melihat bagaimana model project based learning berbasis STEAM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan siswa yang mengunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siwa mengalami peningkatan dengan menggunakan Model Project Based Leraning Berbasis STEAM. Diperoleh bahwa N-Gain score pada kelas eksperimen adalah 56,95 % termasuk dalam kategori sedang/efektif. Sedangkan kenaikan rata-rata pada kelas kontrol adalah 25,83% termasuk dalam kategori rendah/kurang efektif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Febriyanti, Liza, Mahmud Alpusari, dan Eddy Noviana. “PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1075–1089. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2670.
Bagian
Artikel

Referensi

Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dan self efficacy

peserta didik : Damp ak PjBL - STEM pada materi ekosistem. 7(2), 158–170.

chleicher, A. (2019). PISA 2018 Insight and Interpretations.

Efstratia, D. (2014). Experiential Education through Project Based Learning. Procedia -

Social and Behavioral Sciences, 152, 1256–1260. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2014.09.362

Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking

dispositions. The Sixth International Conference on Thinking, 1–8.

Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts 2020 Update. In

Insight Assessment, XXVII(1).

Fathurrohman. (2016). Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif desain Pembelajaran

Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group. Arr-ruzz Media Group.

Kasmi, P. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Berbasis STEAM Terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid. Universitas Islam Negri Syarif

Hidayatullah Jakarta.

Kuswana, S. W. (2011). Taksonomi Berpikir. PT Remaja Roskadarya.

Laboy-Rush, D. (2010). Integrated STEM Education through Project-Based Learning.

Learning.Com, 2–10.

Mihardi, S., Harahap, M. B., & Sani, R. A. (2013). The Effect Project Based Learning

Model with KWL Worksheet on Student Creative Thinking Process in Physics Problems. Journal

of Education and Practice, 4(25), 188–200. www.iiste.org

Mufida, S. N., Sigit, D. V., & Ristanto, R. H. (2020). Integrated project-based e-learning

with science, technology, engineering, arts, and mathematics (PjBeL-STEAM): its effect on

science process skills. Biosfer, 13(2), 183–200. https://doi.org/10.21009/

Mulyasa. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Panjaitan, M. . (2011). Kemampuan tim pengembang kurikulum merancang kegiatan

pembelajaran dan penilaian yang mengembangkan keterampilan berpikir kompleks (Suatu survai

terhadap TPK di 4 kabupaten). Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 491–500.

doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.44

Pinem, L. L. B. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi

Belajar Siswa Kelas V SDN 040454 Pececeran Kecamatan Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019.

Quality.

Prameswari, S.W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills

in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1),

–750. doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648

Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project

Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(1), 21–28.

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari

Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 121.

https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2668

Rahmawati, H., Pujiastuti, P., & Cahyaningtyas, A. P. (2023). Kategorisasi Kemampuan

Berpikir Kritis Siswa Kelas Empat Sekolah Dasar di SD se-Gugus II Kapanewon Playen, Gunung

Kidul. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 88–104.

https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3338

Saefudin, A & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. PT Remaja Roskadarya.

Sugihartono. (2015). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d

dan Penelitian Pendidikan).

Widiawati, N. (2022). Pengaruh Model PjBL (Project Based Learning) Dengan

Pendekatan STEAM (Science, Technology, Egineering, Arts and Mathematics) Terhadap

Kemampuan Computational Thinking Pada Pelajaran Fisika