PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA BERGAMBAR BERBASIS CERITA RAKYAT BURUNG TAK TAK BAU BERTEMA EKOSISTEM YANG HARMONIS MUATAN IPAS PADA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Ana Seftiana Zuhel
Mahmud Alpusari
Eddy Noviana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan dan menguji e-book cerita bergambar berbasis cerita rakyat burung tak tak bau bertema ekosistem yang harmonis yang dimasukkan ke dalam IPAS pada kelas V sekolah dasar. Peserta didik kelas V SDN 005 Langgini menggunakan buku tersebut pada bulan Agustus. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D, yang menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil validasi para ahli menunjukkan bahwa penelitian angket respons peserta didik rata-rata sebesar 92,083% dengan kategori sangat praktis, dan penelitian angket respons guru rata-rata sebesar 95,83 % dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan data, e-book bergambar yang didasarkan pada cerita rakyat tentang burung tak tak bau yang bertema ekosistem yang harmonis sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas 5 sekolah dasar.  

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zuhel, Ana Seftiana, Mahmud Alpusari, dan Eddy Noviana. “PENGEMBANGAN E-BOOK CERITA BERGAMBAR BERBASIS CERITA RAKYAT BURUNG TAK TAK BAU BERTEMA EKOSISTEM YANG HARMONIS MUATAN IPAS PADA KELAS 5 SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 844–851. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2603.
Bagian
Artikel

Referensi

Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Alternatif Bacaan Bagi Anak. Trihayu. 1(2), 259093.

Ariani, Rizka, & Festiyed. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162.

Chan, F., & Budiono, H. (2019). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Learning Cycle Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.7919

Kurniawan, I. G. D., Sugiarta, I. M., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Geogebra Dengan Pendekatan Teori Van Hiele Pada Pokok Bahasan Nilai Maksimum Dan Minimum. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 30–40. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2850

Miftahul, Jannah, Lalu, Muhammad, Arifrabbani, Aziz, & Abdul. (2023). Pengembangan Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 1(4), 156–168.

Riza, F. Y., Antosa, Z., & Witri, G. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Multikultural Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 21. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112327

Salahuddin, A., Friska, S. Y., & Okta Dilla, A. A. (2023). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Elemen Membaca Berbantukan Flipbook Maker. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 149–158. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.456