EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN SISWA KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI DI SDN DAON 1 KABUPATEN TANGERANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Siswa kelas VI di SDN Daon 1 Kabupaten Tangerang mengalami kesulitan memahami konsep perkalian. Kesalahan umum terjadi karena siswa cenderung menghitung perkalian sebagai penjumlahan berulang secara manual, menunjukkan kurangnya pemahaman mendasar tentang konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan kemampuan perkalian siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas guru dan siswa, tes ulangan harian, serta lembar kerja kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PMR secara signifikan meningkatkan kemampuan perkalian siswa. Sebelum intervensi, rata-rata nilai siswa adalah 45, di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah penerapan PMR, nilai rata-rata meningkat menjadi 83,2, dengan kategori "Sangat Baik". Model PMR, yang mengaitkan konsep matematika dengan pengalaman nyata, tidak hanya membantu siswa memahami materi abstrak secara konkret tetapi juga meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Jakarta: Rineka Cipta. ISBN:979-518-825-9.
Adhim, J. B., & Yuliati. (2019). Identifikasi Anak Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar.
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Alisa, Qoratum. (2022). Pengertian, Ciri, dan Cara Membuat Rumusan Masalah. Artikel di akses Rabu 04/12/2024 pukul 21:34 WIB. https://www.gramedia.com/best-seller/cara-membuat-rumusan-masalah/#google_vignette
Apriza, B. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Problem Based Learning. Eksponen, 9(1), 55–66. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.133
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Handayani, F., Rahmadani, N., Simbolon, P., & Nikmah, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Perkalian Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri 005 Sungai Bungo. Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan, 2(2), 192–205. https://doi.org/10.53398/ja.v2i2.392
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Herawaty, Dewi. (2018). Model Pembelajaran Matematika Realistik Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. p-ISSN: 2548-4435 e-ISSN: 2615- 8752 Vol. 3 No 2, Desember 2018. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Hidayati, W. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Karanglo Cilongok Banyumas.
Holisin, Iis. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik. Didaktis, Vol. 5 No. 3, Hal 1-68, Oktober 2007, ISSN 1412-5889.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press
Mahmud, N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Perkalian Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Inpres Sopi Kecamatan Morotai Jaya. e- Jurnal Mitra Pendidikan, 4(6), 392–403. https://doi.org/10.52160/e-jmp.v4i6.741
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370
Meillinia, A., Utami, Y. T., & Pratama, T. Y. (2023). Penggunaan Media Kotak Suka-Suka dalam Peningkatan Pengetahuan Pembelajaran Tematik dengan Tema Makhluk Hidup pada Siswa Tunagrahita SMPLB Kelas VIII di SKh 135 Bina Citra Anak. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 9(1), 65. https://doi.org/10.17977/um031v9i12023p65-71