PENGGUNAAN ECOPRINT DENGAN TEKNIK POUNDING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUN MEMBATIK ANAK TUNARUNGU DI SKH AL-KHAIRIYAH CILEGON
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penggunaan ecoprint dengan menggunakan teknik pounding dapat meningkatkan kemampuan membatik anak tunarungu di SKh Al-khairiyah Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Data diolah menggunakan Uji Wilcoxon dengan subjek penelitian yaitu 4 peserta didik tunarungu di SKH Al-Khairiyah Cilegon. Melihat perhitungan Uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa H0 ditolak karena Thitung < Ttabel. Dengan taraf kepentingan 0,05, jumlah n (sampel) = 4, dan jumlah k (variabel) = 2. Mengambil dari rumus perhitungan df = n – k, maka df = 4 – 2 = 2. Setelah itu, ditetapkan Ttabel = 2,919. Oleh karena itu, Thitung < Ttabel dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan ecoprint dengan teknik pounding dapat meningkatkan kemampuan membatik anak tunarungu serta memperoleh bekal keterampilan yang bermanfaat untuk perlombaan ataupun ide berwirausaha pada masa yang akan datang.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Amka. (2021). “Strategi pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus”. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Andraini, Fitika., dkk. (2022). “BATIK PEWARNA ALAM DENGAN TEKHNIK ECOPRINT SEBAGAI PENGEMBANGAN WILAYAH INDIKASI GEOGRAFIS”. Jurnal Komunikasi Hukum. Vol, 8. No, 2. Hal 374.
Ani, Jilhansyah., dkk. (2021). “PENGARUH CITRA MEREK, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA MANADO”. Jurnal EMBA. Vol, 9. No, 2. Hal 667.
Awaludin, Yosep. (2023). “Prospek Batik Ecoprint di 2023, Optimis Tumbuh Pesat”. Diakses pada 11 Februari 2024, dari https://www.radarbogor.id/2023/01/06/prospek-batik-ecoprint-di-2023-optimis-tumbuh-pesat/.
Ficticani, Ade., dkk. (2023). “Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi. Vol, 4. No, 1. Hal 62.
Hardani. (2020). "Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Husna, Alvin Ainul., & Nahari, Inty. (2021). "Pembelajaran Ecoprint dalam Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Smkn 1 Singgahan Tuban". Jurnal Elektronik. Vol, 10. No, 2. Hal 86.
Irvan, Muchamad. (2020). "Urgensi Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini". Jurnal Ortopedagogia. Vol, 6. No, 2. Hal 110.
Kusnanto, R Angga Bagus., dkk. (2022). “PERSFEKTIF BELAJAR DENGAN SENI DI SEKOLAH DASAR”. Jurnal Perspektif Pendidikan. Vol, 16. No, 2. Hal 287.
Oktafiana, Shinta., dkk. (2022). “Batik Ecoprint Berbahan Dasar Daun Jati Sebagai Pengenalan Nilai-nilai Budaya Madura”. Temu Ilmiah Nasional Guru XIV. Vol, 14. No, 1. Hal 10.
Safitri, Nuris Firdiana. (2023). "Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Profest. Vol. 8. No, 1. Hal 404.
Susilawati, Indah., dkk. (2022). "Pelatihan Ecoprint di SLB Muhammadiyah Gamping". Jurnal BUDIMAS. Vol. 4. No, 1. Hal 2-5.
Zarkasi, M, Sofwan., & Suwarsosno, Beningtri. (2022). "Teknik Pounding Pada Ecoprint Sebagai Sumber Inspirasi dalam Penciptaan Karya Seni Grafis Abstraksi Wayang". Jurnal Penelitian Seni Budaya. Vol, 14. No, 1. Hal 55- 64.
Zulfa, Lutfiyati Unsiyah., dkk. (2021). "Peran Guru Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Klasikal Pada Masa Pandemi di Ra Al Anwar Kediri". Jurnal Tumbuh kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD. Vol, 8. No, 2. Hal 124.
Zulfa, Millatu., dkk. (2023). “Upaya Pengenalan Budaya Lokal Batik untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pekalongan”. Jurnal Masako Elementary School. Vol, 2. No, 1. Hal 63-64.