PENGARUH TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3C PELAJARAN MATEMATIKA SDN KARANGANYAR GUNUNG 02

Isi Artikel Utama

Zulfa Lailatul Nikmah
Siti Patonah
Siti Kusniati

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik materi perkalian mata pelajaran matematika kelas III C SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan mix method. Mix method reseach design (penelitian dengan menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif dalam suatu penelitian). Mix method yang digunakan adalah tipe embedded design. Dengan desain metode kuantitatif yang digunakan adalah pre-eksperimental design One Group Pretest-Posttest. Wawancara adalah metode kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. 25 peserta didik  di kelas III C yang merupakan populasi penelitian. Tes tertulis, dokumen, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data untuk penelitian ini. Uji normalitas pre test dan posttest, uji perbedaan dua rata-rata dengan analisis uji-t, analisis korelasi biserial, dan analisis koefisien penentuan adalah beberapa metode analisis data yang digunakan. Penelitian ini menemukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam pembelajaran berbasis masalah. Menunjukan bahwa t_hitung = 6,256 dan t_(tabel) = 1,714. Bahwa pendekatan ini memberikan dukungan terhadap hasil belajar peserta didik. Jika t_hitung > t_(tabel), maka Ha diterima. Hasil analisis korelasi biserial menunjukkan tingkat korelasi yang sangat kuat (r_hitung = 0,8265). Analisis korelasi mengungkapkan bahwa kenaikan persentasenya adalah 68%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Teaching at the Right Level (TaRL) memiliki dampak 68% terhadap hasil belajar siswa dan bahwa hasilnya merupakan perbedaan antara rata-rata skor pretest dan post test.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lailatul Nikmah, Zulfa, Siti Patonah, dan Siti Kusniati. “PENGARUH TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DALAM PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 3C PELAJARAN MATEMATIKA SDN KARANGANYAR GUNUNG 02”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1211–1220. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2733.
Bagian
Artikel

Referensi

Dkk, Ayu Faradillah. 2020. “Evaluasi Proses dan Hasil Belajar (EPHB) Matematika dengan Diskusi dan Simulasi.” In Jakarta: Uhamka Press.

Haryanto. 2020. “Problem Based Learning (PBL) Model to improve the Indonesian language learning achievement of class IX-F students at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kudus.” Jurnal Education and Teaching 2.

Henniwati. 2021. “Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020.” Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7.

KEMENDIKBUDRISTEK. 2022. “Berbagai Kurikulum Yang pernah Diterapkan di Indonesia.”

Nasarudin. Rahayu, Mitra. dkk. 2024. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). 1 ed. Jakarta: CV. Gita Lentera.

Palkpahan, Andrew Fernando. 2021. “Metodologi Penelitian Ilmiah.” In Medan: Yayasan Kita Menulis.

Qur’aina, Nuzulia. Sukawati, Indah. Nugrahaningsih WH. 2024. “Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas 8H SMPN 34 Semarang.” (2024).

R. W, Akhdinirwanto, Agustini & Jatmiko. 2020. “Problem-based learning with argumentation as a hypothetical model to increase the critical thinking skills for junior high school students.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 4(2775–7269): 340–50.

Sudaryono. 2016. “Metode Penelitian Pendidikan.” In Jakarta: Prenadamedia Group, 89.

Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).” In Bandung: Alfa Beta.

Supardi. 2016. “Aplikasi Statistika Dalam Penelitian.” In Jakarta Selatan: Change Publication, 131.

Teresia, Andra. 2018. “Metode Penelitian.” In Yogyakarta: Start Up.

Tulus Winarsunu. 2017. “Statistik Dalam Penelitian Psikologi & Pendidikan.” In Malang: University Muhammadiyah Malang.