PERAN IDENTIFIKASI DINI DAN KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IKNLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI TENGAH 03 PAGI

Isi Artikel Utama

Tri Nadia Julyani
Diaz Andini Putri
Febby Nur Harizah
Zulfadewina Zulfadewina

Abstrak

Pendidikan inklusif merupakan pendekatan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang adil dan ramah bagi semua siswa, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Artikel ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan inklusif dengan fokus pada identifikasi dini ABK di sekolah dasar. Identifikasi dini membantu sekolah memahami kebutuhan spesifik anak serta mengembangkan strategi pembelajaran yang adaptif. Studi ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru, psikolog, dan orang tua berperan penting dalam memberikan dukungan yang tepat bagi ABK. Selain itu, pelatihan berkelanjutan untuk guru, dukungan kebijakan kepala sekolah, dan penyediaan infrastruktur inklusif menjadi faktor kunci dalam keberhasilan implementasi pendidikan inklusif. Meskipun ada kesadaran akan pentingnya pendidikan inklusif, pelaksanaannya masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya dan pendekatan yang belum optimal. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat mendorong pemangku kepentingan untuk memperkuat implementasi pendidikan inklusif demi menciptakan sistem pendidikan yang adil, setara, dan toleran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Julyani, Tri Nadia, Diaz Andini Putri, Febby Nur Harizah, dan Zulfadewina Zulfadewina. “PERAN IDENTIFIKASI DINI DAN KOLABORASI DALAM MENINGKATKAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN IKNLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI TENGAH 03 PAGI”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1392–1398. Diakses Juni 17, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2837.
Bagian
Artikel

Referensi

Ainscow, M., & Miles, S. (2019). Developing inclusive education systems: How can we move policies forward? European Journal of Special Needs Education, 34(1), 1-11.

Algozzine, B., & Ysseldyke, J. E. (2006). Teaching students with emotional disturbances: A practical guide for every teacher. Corwin Press.

Avramidis, E., & Norwich, B. (2018). Teachers' attitudes towards integration/inclusion: A review of the literature. European Journal of Special Needs Education, 17(2), 129-147.

Booth, T., & Ainscow, M. (2019). The Index for Inclusion: Developing learning and participation in schools. Centre for Studies on Inclusive Education (CSIE).

Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: Experiments by nature and design. Harvard University Press.

Dyson, A., & Gallannaugh, F. (2018). Disproportionality in special needs education in England. The Journal of Special Education, 42(1), 36-46.

Fletcher, T. V. (2018). Collaborative practices in inclusive schools: Teacher collaboration for successful inclusive education. Journal of Inclusive Education, 12(3), 298-315.

Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books.

Gardner, H. (2019). The App Generation: How today’s youth navigate identity, intimacy, and imagination in a digital world. Yale University Press.

Johnson, K. R., & Smith, L. P. (2021). Inclusion strategies for students with learning disabilities: A guide for classroom teachers. Inclusion Journal, 27(3), 45-62.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud). (2023). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Santrock, J. W. (2020). Child development. McGraw-Hill Education.

Schirmer, B. R. (2018). Promoting inclusive practices in schools: Collaborations that work. Journal of Special Education Leadership, 22(4), 33-45.

Stainback, W., & Stainback, S. (2022). Inclusion: A guide for educators. Paul H. Brookes Publishing Co.

UNESCO. (2021). Global education monitoring report 2020: Inclusion and education – All means all. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Villa, R. A., & Thousand, J. S. (2017). Creating an inclusive school. ASCD.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama