IDENTIFIKASI PERMASALAHAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DAN STRATEGI PENANGANANNYA DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penerapan pendidikan inklusi adalah memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk menggunakan haknya sebagai anak penyandang disabilitas agar dapat belajar bersama dengan siswa lain di lingkungan sekolah. Sekolah inklusi perlu menciptakan budaya dan lingkungan yang ramah terhadap anak penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam permasalahan dalam implementasi serta strategi yang digunakan dalam pendidikan inklusi di Sekolah Dasar. Melalui observasi dan wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, ditemukan beberapa permasalahan dalam menjalankan pendidikan inklusi disekolah tersebut diantaranya kurangnya kompetensi guru dalam mengadaptasi pembelajaran, keterbatasan sarana dan prasarana yang mendukung, serta kurangnya dukungan dari lingkungan rumah menjadi kendala utama. Namun, sekolah ini telah melakukan upaya-upaya inovatif, seperti penggunaan teknologi assistive, kolaborasi dengan komunitas, dan pengembangan kurikulum yang fleksibel. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan, pendidikan inklusi dapat berhasil jika didukung oleh komitmen semua pihak yang terlibat. Penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisis, data disajikan dengan menarik kesimpulan mengenai pemaknaan data yang terkumpul.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Susanti, T., & Herawati, N. I. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BANDUNG BARAT. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 64-74
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan Di Indonesia. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 14(26), 175-187.
Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi dan implementasi pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar sumatera barat. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145-153.
Aisyah, S., & Badrudin, B. (2019). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif Pada Sekolah Inklusif. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 1(1), 67–76. https://doi.org/10.15575/isema.v1i1.4986
Dewi Evi astutik, N. M. M. M. (n.d.). Dewi Evi Astutik ( Pendidikan Luar Biasa , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya ) Ni Made Marlin Minarsih ( Pendidikan Luar Biasa , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Surabaya ) Pengaruh Metode Orton-Gillingham Terhadap Kemamp.
JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 7, Nomor 2, Juli–Desember 2024. (2024). 7, 503–509.
Khasanah, I., Tua, O., & Khusus, A. B. (2024). LenteraPAUD ISSN : 3025-9029 Vol 3 , No . 1 , 2024 ( Online ) PENERIMAAN DIRI ORANG TUA TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PARENTS ’ SELF-ACCEPTANCE OF CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS. 3(1).
Magfiroh, N. H., Hanifah, N., & Nahdah, P. A. (2024). Analisis Perbedaan Strategi Penanganan Anak Tunanetra. Journal of Education Research, 5(3), 4178–4185. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1536
Wathoni, K. (2013). Implementasi Pendidikan Inklusi dalam Pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.1.99-109
Zahra, J. F., & Mubin, N. (2024). Berdiferensiasi Pada Mapel Pai Di Sekolah Inklusi Siswa Kelas Iv Sd Negeri 2 Bejiarum. 1(1), 35–46.