PENGARUH PENGGUNAAN WEB EDUCANDY BERBASIS MODEL E-LEARNING UNTUK MERANGSANG PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MELAFAZKAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK KELOMPOK B RA HJ. KHODIJAH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada masa perkembang teknologi yang canggih ini, media menjadi transformasi perubahan kondisi berlangsungnya KBM, sehingga pendidik dituntut untuk menyesuaikan proses pembelajaran menggunakan media yang berteknolgi sebagai inovasi pembelajaran. Upaya inovasi tersebut berupa media pembelajaran berbasis permainan educandy dengan tujuan merangsang pemahaman anak dan mengasah keterampilan anak dalam melafalkan huruf hijaiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode R&D yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang mana peneliti batasi hanya 7 langkah: 1) identifikasi masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) uji coba produk; 6) revisi produk; 7) uji pemakaian. Hasil dari penelitian ini bahwa media educandy layak digunakan sebagai media dan alat evaluasi di Tingkat Raudhatul Athfal. Penggunaan media educandy juga mendapatkan respon “positif” dari 50 anak RA. Hj. Khodijah dengan hasil lebih dari 80% anak sudah memahami dan mampu melafalkan huruf hijaiyyah dengan baik.
Kata Kunci: Media, Huruf Hijaiyyah, Educandy
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya,
Adhi Prasetio., 2014, Buku Sakti Webmaster (PHP Dan Mysql, HTML Dan CSS, HTML5 Dan CSS3, Javascipt). Jakarta: PT. Transmedia
Ahmad Fahrudi Setiawan,dkk 2016 Jurnal Antivirus, Vol. 10 No. 2 November 2016 p-ISSN: 1978-5232 e-ISSN: 2527-337X
Ali, Muhammad. 2005. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa
Arsyad, Azhar, 2016, Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Dimyati, Johni, 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Kencana
Djamarah, Bahri, Syaiful, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta, Rineka Cipta, 2010
Ramadhani, Rahmi, 2020. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis
Guslinda dan Rita Kurnia, 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya: Jagad Publishing
Irfandi. 2015. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama
Khodijah, 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing
Kustandi, C. dan Sutjipto. B, 2013. Media Pembelajaran Manual Dan Digital Bogor: Ghalia Indonesia
Madya. Suwarsih, 2011. Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta
Maziyatul Ulya, 2021. Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Miarso, Hadi, Yusuf. 2009. Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group
Narbuko, Cholid, dan Achmadi, Abu, 2013. Metodelogi Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ngainun, Naim, 2011. Menjadi Guru Inspiratif, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Prabawati Nurhabibah, Fikriyah, dan Komala Dewi. 2021. Pengembangan Website Educandy Sebagai Alat Evaluasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas V, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Putra,Febriyanto Pratama. 2012. Pembuatan Game Animasi 3D Role Playing Game Untuk Pendidikan Budaya Dengan Unity3D dan Bahasa Pemrograman C#. Skripsi. Surakarta: Fakultas Komunikasi dan Informatika Jurusan Teknik Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ratna Widiastuti, Ika Candra Sayekti, dan Rita Eryani. 2021. Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
Saputro, Budiono, 2017. Managemen Penelitian Pengembangan (Research & Development). Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sri Puji Lestari, 2020, Asyik Dengan Educandy. Jurnal BKD Jakarta
Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016
Sukmadinata, Syaodih, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009
Susanto, Ahmad, 2014. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Perenada Media Group
Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2
Tohirin, 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Usman, Moh. Azer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiyani, Ardy, Novan, 2014. Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini, Jakarta: AR-RUZZ MEDIA
Yusuf, Muri, A., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: prenadamedia group