PENGARUH PENGGUNAAN WEB EDUCANDY BERBASIS MODEL E-LEARNING UNTUK MERANGSANG PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MELAFAZKAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK KELOMPOK B RA HJ. KHODIJAH

Isi Artikel Utama

Elya Susanti
Rian Vebrianto

Abstrak

Pada masa perkembang teknologi yang canggih ini, media menjadi transformasi perubahan kondisi berlangsungnya KBM, sehingga pendidik dituntut untuk menyesuaikan proses pembelajaran menggunakan media yang berteknolgi sebagai inovasi pembelajaran. Upaya inovasi tersebut berupa media pembelajaran berbasis permainan educandy dengan tujuan merangsang pemahaman anak dan mengasah keterampilan anak dalam melafalkan huruf hijaiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan metode R&D yang dikemukakan oleh Borg and Gall yang mana peneliti batasi hanya 7 langkah: 1) identifikasi masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) uji coba produk; 6) revisi produk; 7) uji pemakaian. Hasil dari penelitian ini bahwa media educandy layak digunakan sebagai media dan alat evaluasi di Tingkat Raudhatul Athfal. Penggunaan media educandy juga mendapatkan respon “positif” dari 50 anak RA. Hj. Khodijah dengan hasil lebih dari 80% anak sudah memahami dan mampu melafalkan huruf hijaiyyah dengan baik.


Kata Kunci: Media, Huruf Hijaiyyah, Educandy

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Susanti, Elya, dan Rian Vebrianto. “PENGARUH PENGGUNAAN WEB EDUCANDY BERBASIS MODEL E-LEARNING UNTUK MERANGSANG PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN MELAFAZKAN HURUF HIJAIYYAH PADA ANAK KELOMPOK B RA HJ. KHODIJAH”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 1399–1412. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2842.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya,

Adhi Prasetio., 2014, Buku Sakti Webmaster (PHP Dan Mysql, HTML Dan CSS, HTML5 Dan CSS3, Javascipt). Jakarta: PT. Transmedia

Ahmad Fahrudi Setiawan,dkk 2016 Jurnal Antivirus, Vol. 10 No. 2 November 2016 p-ISSN: 1978-5232 e-ISSN: 2527-337X

Ali, Muhammad. 2005. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa

Arsyad, Azhar, 2016, Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Dimyati, Johni, 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta: Kencana

Djamarah, Bahri, Syaiful, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis, Jakarta, Rineka Cipta, 2010

Ramadhani, Rahmi, 2020. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis

Guslinda dan Rita Kurnia, 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya: Jagad Publishing

Irfandi. 2015. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: CV. Budi Utama

Khodijah, 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing

Kustandi, C. dan Sutjipto. B, 2013. Media Pembelajaran Manual Dan Digital Bogor: Ghalia Indonesia

Madya. Suwarsih, 2011. Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta

Maziyatul Ulya, 2021. Penggunaan Educandy Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Miarso, Hadi, Yusuf. 2009. Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group

Narbuko, Cholid, dan Achmadi, Abu, 2013. Metodelogi Penelitian, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ngainun, Naim, 2011. Menjadi Guru Inspiratif, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

Prabawati Nurhabibah, Fikriyah, dan Komala Dewi. 2021. Pengembangan Website Educandy Sebagai Alat Evaluasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas V, Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Putra,Febriyanto Pratama. 2012. Pembuatan Game Animasi 3D Role Playing Game Untuk Pendidikan Budaya Dengan Unity3D dan Bahasa Pemrograman C#. Skripsi. Surakarta: Fakultas Komunikasi dan Informatika Jurusan Teknik Informatika. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ratna Widiastuti, Ika Candra Sayekti, dan Rita Eryani. 2021. Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Kuis Educandy pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu

Saputro, Budiono, 2017. Managemen Penelitian Pengembangan (Research & Development). Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Sri Puji Lestari, 2020, Asyik Dengan Educandy. Jurnal BKD Jakarta

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif , dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016

Sukmadinata, Syaodih, Nana, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009

Susanto, Ahmad, 2014. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Perenada Media Group

Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” Jurnal Komunikasi Pendidikan 2

Tohirin, 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Usman, Moh. Azer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiyani, Ardy, Novan, 2014. Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini, Jakarta: AR-RUZZ MEDIA

Yusuf, Muri, A., 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: prenadamedia group