PENGARUH E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN MATERI GA YA DAN GERAK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 003 KABUN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penggunaan E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) merupakan inovasi dalam pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi digital dengan pendekatan berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas E-LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent group pretest- posttest, melibatkan 25 siswa. Instrumen penelitian mencakup pretest dan posttest yang divalidasi, dan data dianalisis menggunakan IBM SPSS versi 26 melalui uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan uji paired samples t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis PBL sangat valid dengan skor kelayakan 90%. Rata-rata nilai pretest adalah 56,43 dan meningkat menjadi 83,70 pada posttest, dengan perbedaan signifikan (t = -14,156, p = 0,000). Uji korelasi menunjukkan hubungan yang cukup kuat antara nilai pretest dan posttest (r = 0,683, p < 0,001), menandakan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis PBL secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Apertha, F. K. P., Zulkardi, M. Y., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47-62.
Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD Praktikum Fisika Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Berbantuan Aplikasi Phyphox Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173– 181. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i 2.9052
Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011-1024
Aulia, D. U., & Usman, H. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Dan Siswa Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Ipa Berbasis Liveworksheet Dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 156–165.
Azam,Much.2009. Akrab Dengan Dunia IPA. Bandung: PT.Tiga serangkai: Pustaka mandiri
Hadi, W., Prihasti Wuriyani, E., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain pembelajaran diferensiasi bermuatan problem based learning (PBL) mendukung critical thinking skill siswa pada era kenormalan baru pascapandemi covid-19. Basastra, 11(1), 56
Hati, D. P., Sabri, T., & Halidjah, S. (2019) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11).
Hermansyah. 2020. Problem Based Learning in Indonesian Learning. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar , 3(3)
Hermansyah. 2020. Problem Based Learning in Indonesian Learning. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar , 3(3).
Lase, N. K., & Zai, N. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan MINDA, 3.
Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1).
Marhamah, I., Yahdi, & Hajaroh, S. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (Vol. 2, Issue 1).
Masdar, M., & Lestari, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Penjumlahan Kelas Ii Sd. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–21.
Masruhah, G. D., Rusdianto, R., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1).
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd. E Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 369– 379
Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131.
Puspitasari, V., & Wahyuni, A. (2023). Analisis penerapan project based learning (PJBL) pada pembelajaran ipas siswa kelas 4 dengan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2), 58–66.
Rasto dan Pradana, Rego. (2021). Problem Based Learning VS Sains Teknologi dalam meningkatkan intelektual siswa. Adab:Indramayu
Rosita. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4).
Saputra, S., & Kuntjoro, S. 2019. Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Bioedu : Jurnal Unesa, 8(2), 291–297.
Shofiyah, Q., Liska, B., & Lulu, T. B. (2022). Validitas E-LKPD Berbasis PBL Tema Energi dan Makanan dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3),
Sobri, M., Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Amrullah, L. W. Z. (2023). Pemanfaatan Website Wizer Me untuk Mengembangkan E-LKPD Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29.
Sukmana, A. P., & Iriansyah, H. S. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Dampak Globalisasi melalui Pembelajaran Discovery Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara
Sya’idah, F. A. N., Wijayati, N., Nuswowati, M., & Haryani, S. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan E-LKPD Materi Hidrolisis garam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry in Education, 9(1), 1– 8. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/inde x.php/chemined
Umbaryati. 2018. Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umuroh, K., & Agoestanto, A. (2016). Implementation of the PBL learning model on
students’ critical thinking skills and discipline. National Seminar on Mathematics X Semarang State University, 532–538. Retrieved from
Wiyono, E., Labulan, P. M., & Siddik, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lkpd) Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V (Lima) Sd Muhammadiyah Sangatta Utara. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 91-98.
Wiyono, E., Labulan, P. M., & Siddik, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lkpd) Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V (Lima) Sd Muhammadiyah Sangatta Utara. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 91-98