PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA SISWA KELAS V
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila mealalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall materi “Mengenali Diri Sendiri dan Lingkunganku” di kelas V SD Negeri 3 Sidigede. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Sidigede. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi, 4) Tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media wordwall dapat meningkatkan hasil belajar pada materi “Mengenali Diri Sendiri dan Lingkunganku” di kelas V SD Negeri 3 Sidigede. Diketahui ketuntasan hasil belajar pra siklus yaitu 30%, peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 41% siswa yang tuntas, pada siklus II yaitu: 85% siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Adiputra, Dede Kurnia, and Yadi Heryadi. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Holistika 5(2): 104.
Basuki, Fibrika Rahmat, Miko Danu Pangestu, Nugroho Asmara, and Djati Prasetya. 2019. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA Dan Literasi Sains Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi.” 4.
Damayanti, Anggri Ika, Puji Nugraheni, and Prasetyo Budi Darmono. 2020. “Analisis Ranah Kognitif Siswa SMP Pada Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi.” Prosiding 3(1): 440–47.
Diah, Diah Evi Yuliastanti, Wawan Shokib Rondli, and Gunawan Setiadi. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Tema 8 Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Berbantuan Media Teka-Teki Silang Di Kelas V Sdn Wirun.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2): 5779–91.
Fadilah, Aisyah et al. 2023. “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran.” Journal of Student Research (JSR) 1(2): 1–17.
Farikhah, Lilik, Imaniar Purbasari, and Wawan Shokib Rondli. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Tgt Dengan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2): 4225–33.
Hermalindawati, and Marlina. 2021. “Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5): 4361–68. http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1429.
Muhyidin, Muhyidin, Erik Aditiya Ismaya, and Wawan Shokib Rondli. 2024. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD 2 Kedungsari Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4(3): 1145–53.
Pohan, Nazmi Mawaddah et al. 2023. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDS Karya Bunda Mandiri.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2): 14931–43.
Rondli, Wawan Shokib, Indry Widiyastuti, and Erik Aditia Ismaya. 2024. “Pengaruh Penerapan Model Pbl Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi ‘Norma’ Kelas V Sekolah Dasar.” 7(2): 140–48.
Setiawaty, Rani et al. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Pintar Konsep Bangun Ruang Untuk SD Kelas V.” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Muria Kudus 2(1): 728–42.
Setiawaty, Rani, Q H Hanifah, A R Wijayanti, and S Shofiyatun. 2022. “Kemampuan Guru Dalam Melakukan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Seminar … 1(2019): 588–98.
Shokib Rondli, Wawan, Lutfi Azizatun Nisaak, and Much Arsyad Fardani. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Menggunakan Media Kartu Kuartet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ppkn Kelas V.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(3): 1642–50.
Somayana, Wayan. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode PAKEM.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(3): 350–61.
Suardin, Hamiyani, and Nur Fazila. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal Of Social Science Research 3(4): 4437–46.
Susanto, Ratnawati, and Mahwar Alfan Nisa. 2022. “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7(1): 140–47.
Wahyudi, Widi, Didin Budiman, and Endang Saepudin. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dalam Pembelajaran Permainan Bola Besar Berorientasi Sepak Takraw Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Keterampilan Bermain.” TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School 1(2): 1.
Yandi, Andri, Anya Nathania Kani Putri, and Yumna Syaza Kani Putri. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review).” Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1(1): 13–24.
Yulitri, Rina, Wela Okta Putri, Ridwal Trisoni, and Emeliya Hardi. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Melalui Kegiatan Outbound Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama.” Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) 5(1): 33–40.