TINJAUAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Isi Artikel Utama

Rani Setiawaty
Diana Rahmandani
Salsa Hikma Ramadanta
Alexandra Elvio Yoann Fatihah
Shofia Mandekah Sari

Abstrak

Penelitian ini membahas penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia dengan meninjau dari tiga sudut pandang filsafat ilmu: ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Kajian ini dilaksanakan melalui analisis literatur terhadap 17 artikel yang dianggap relevan. Dari aspek ontologis, STAD memposisikan pembelajaran sebagai aktivitas sosial yang menempatkan siswa sebagai peserta aktif dalam membangun pengetahuan melalui kerja sama tim. Secara epistemologis, pengetahuan dalam STAD diperoleh lewat proses interaksi, diskusi kelompok, dan refleksi bersama, yang mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, bukan sekadar penerimaan informasi secara pasif. Sementara itu, secara aksiologis, model ini mengintegrasikan nilai-nilai sosial seperti kolaborasi, tanggung jawab, dan sikap toleran melalui mekanisme penghargaan kelompok. Temuan dari kajian menunjukkan bahwa STAD mampu meningkatkan capaian belajar, kemampuan menulis, serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Kendati demikian, keberhasilan pelaksanaan STAD bergantung pada kesiapan guru dalam membimbing kelompok dan manajemen waktu yang efektif. Secara keseluruhan, STAD berpotensi menjadi pilihan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan tuntutan peningkatan mutu pendidikan di era abad ke-21.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Setiawaty, Rani, Diana Rahmandani, Salsa Hikma Ramadanta, Alexandra Elvio Yoann Fatihah, dan Shofia Mandekah Sari. “TINJAUAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3954–3965. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3408.
Bagian
Artikel

Referensi

Adnyana, E. M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 496–505. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286979

Anam, F., A’yun, D. Q., Asitah, N., Purnomo, A., & Laili, M. (2021). Do STAD Learning Method Can Improve Students’ Learning Outcomes on Social Science? Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(1), 37–51. https://doi.org/10.33367/ijies.v4i1.1490

Ansari, K., Hasanah, F., Patmawati, A., Larasati, A., Sinurat, R., Haris, A., & Tanjung, N. A. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Kelas XI MAN 2 Model. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata Dan Pembelajaran Konseling, 3(1), 71–75.

Astuti, W., Darmuki, A., & Setiawaty, R. (2024). Penerapan Model Circ Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV Widya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 361–366.

Bakhroini, Rahmawati, E., & Salmi. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menentukan Latar Cerpen Dengan Model Pembelajaran Tipe Stad. Kangjo.Net, 01(03), 506–512. https://www.kangjo.net/download/file/15_PTK-B_IND-2015.pdf

Bin Abdul Hakim, M. K., Marzuq, A., & Ilham, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di MTs Attaqwa 06 Bekasi. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 25–35. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i2.788

Dianastiti, F. E., Suwandi, S., & Setiawan, B. (2024). Contributing Factors and Challenges in Mastering Academic Writing Skills: Multiple Case Studies of Deaf Students in Inclusive Universities in Indonesia. International Journal of Language Education, 8(1), 20–35. https://doi.org/10.26858/ijole.v8i1.60905

Dianto, I. (2023). Penerapan Metode Student Team Archicvement Division (STAD) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa(I) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Landak. Journal of Edukasi Borneo, 4(2), 7–15.

Diennis Dwi Mustika, M., Denanda Putri Mustiayu, L., Fakhriyani, L., & Indra Prawangsa, K. (2023). Griya Journal of Mathematics Education and Application Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas. Journal of Mathematics Education and Application, 3, 460. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Farida, Z., Sabila, M. S., & Setiawaty, R. (2022). Systematic Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Team Games Tournament. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1(1), 158–168.

Firdausi, R., & Fatkhul Zainudin. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V Mi Al Marhamah Jabung. Ebtida’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 145–151. https://doi.org/10.33379/ebtida.v2i1.1550

Hadi, I. Y. (2025). Efektivitas Perbedaan Metode Pembelajaran Quiz Team Dengan Metode Pembelajaran Stad Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Di SMPN 1 Jerowaru Effectiveness of Differences Between Quiz Team Learning Methods and Stad Learning Methods on. ASLAMIAH Jurnal Pendidikan Ekonimi, Sosial & Budaya, 3(1), 54–70. https://www.jurnal.zarilgapari.org/index.php/aslamiah

Halik, A. (2020). Ilmu Pendidikan Islam: Perspektif Ontologi, Epistemologi, Aksiologi. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2), 10–23. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/500

Haryati, F. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Stad Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas X Mipa 3 Sman 1 Kota Jambi. LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 250–258. https://doi.org/10.51878/language.v2i3.1525

Mahmudin. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Stad Pada Kelas Iv Sdn 1 Kota Pagatan. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 3 (SENSASEDA) 3 UNIVERSITAS PGRI KALIMANTAN, 3, 103–108.

Nendi, R. A. T., Jono, A. A., & Randi. (2024). Pengaruh STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pembelajaran Bahasa Indonesia Di MTs Negeri 2 Kepahiang. JPI Jurnal Pustaka Indonesia, 04(02), 113–124.

Rahamahdanti Rofiifah, G., Afifullah, M., & Mohammad Hakim, D. (2023). Implementasi Motode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Islam Bahrul Ulum Kalah Lumajang. Jurnal Pendidikan Islam, 8(8), 24–30.

Ulhaq, J. D., Rondli, W. S., & Setiawaty, R. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Pembelajaran Tgt Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas V. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1439–1451. https://doi.org/10.37081/jipdas.v5i2.2871

Wafa, K. D., Nurmalia, L., & Kusumawardani, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 1 MIS Al- Hidayah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 249–257. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/index

Wahyuni, W. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 20–40. https://doi.org/10.53769/deiktis.v1i1.89

Winarsih, E. S. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Naskah Drama Pada Siswa Kelas Viiif Smp Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Wawasan Pendidikan, 2(2), 689–699. https://doi.org/10.26877/wp.v2i2.13583