PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD/MI BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-modul Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI berbasis kearifan lokal yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Validasi ahli materi dengan hasil persentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Validasi ahli media dengan hasil persentase sebesar 91,25% dengan kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa dengan hasil persentase sebesar 80% dengan kategori Valid. Angket uji coba one to one memperoleh hasil persentase sebesar 100% dengan kategori Sangat Praktis. Angket uji coba small group diperoleh hasil persentase sebesar 91,51% dengan kategori sangat praktis. Nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,7172 dengan kategori tinggi. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa media e-modul Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI berbasis kearifan lokal layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aisyah, Siti, Evih Noviyanti, dan Triyanto. “Bahan Ajara Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa.” Salaka 2, no. 1 (2020): 62–65.
Alnashr, M Sofyan, dan Latifah Nuraini. “Penguatan Keterampilan Computational Thinking Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal.” Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 1–18. doi:10.35878/kifah.v1i1.392.
Apriliawati, D. dan N. D. Fajrin. “Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Pamekasan pada Tema 8 Subtema 1 Kelas V.” Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru 14(1), no. 1 (2020): 353–364. https://bit.ly/3HXLAfO.
Buri. “Thematic Learning Model in Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pedagogik 06, no. 01 (2019): 221–51.
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019): 35–42. doi:10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Chusna, Ludvi Novisatul, Dyah Worowirastri Ekowati, dan Kuncahyono Kuncahyono. “Modul Pendamping Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Blitar di Kelas IV SD.” Indonesian Journal of Primary Education 3, no. 1 (2019): 81–92. doi:10.17509/ijpe.v3i1.16880.
Destiana, Rama Fitri, Misdalina, Putri Dewi Nurhasana, dan ... “Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (2022): 1147–55. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5408%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/download/5408/3883.
Dewi, Ni Komang Ayu Miana Aprilia, dan Ni Wayan Suniasih. “E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV.” Mimbar PGSD Undiksha 11, no. 1 (2023): 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.
Dewi, Ni Putu Candra Prastya. “Analisis Buku Panduan Guru Fase A Kelas I Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2022): 131. doi:10.55115/edukasi.v3i2.2475.
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Farikhah, Mir’atul, dan Sucik Isnawati. Sosiologi Kelas XII. Magelang: penerbit
Pustaka Ruumah C1nta, 2022.
Fausih, Moh, dan T Danang. “Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)’ Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura.” Jurnal UNESA 01, no. 01 (2015): 1–9.
Feriyanti, Nindy, Sholeh Hidayat, dan Luluk Asmawati. “Pengembangan E-modul Matematika untuk Siswa SD (The Development of E-Modul Mathematics For Primary Students).” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 6, no. 1 (2019): 1–12. https://www.bing.com/ck/a?!&&p=cfc7b953e8491743JmltdHM9MTcwODEyODAwMCZpZ3VpZD0zM2QxYmJjMS00NWMxLTZjODQtMzVmNS1hODBlNDQ5NzZkNWUmaW5zaWQ9NTE4OQ&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=33d1bbc1-45c1-6c84-35f5-a80e44976d5e&psq=Pengembangan+E-modul+Matematika+untuk+Siswa+SD+(.
Hairunnisa, Hasmila, Hamdiani, dan Moh.Ilham Mokoginta. Pengembangan Bahan Ajar PAI. Malang: Literasi Nusantara, 2020.
Handayani, Shinta Dwi, Ari Irawan, Chatarina Febriyanti, dan Gita Kencanawaty. “Mewujudan Pelajar Pancasila Dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal Dalam Kurikulum Merdeka.” Ilma Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2022): 76–81. doi:10.58569/ilma.v1i1.457.
Harahap, Fitrah Sari Wahyuni. “Pembelajaran Matematika dengan Penerapan Kearifan Lokal Kota Medan Dalam Model Icare.” GLOBAL ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2022): 7–15. doi:10.51577/globalabdimas.v2i1.346.
Hidayat, Fitria, dan Muhamad Nizar. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1, no. 1 (2021): 28–38. doi:10.15575/jipai.v1i1.11042.
Ilmiawan, dan Arif. “Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima).” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 2, no. 3 (2018): 102–6. http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10.
Irawan, Dedy, dan Gina Amelia. Kelayakan Isi Dalam Buku Teks Kelas II Sekolah Dasar. Purwokerto: CV Pena Persada, 2023.
Jaedun, Amat Harun, Surdayanti, dan Abdul Manaf. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Multi Kultural dan Kearifan Lokal Bagi Siswa. Yogyakarta: UNY Press, 2020.
Kelana, Jejang Bayu, dan D. Fadly Pratama. Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: LEKKAS, 2019.
Kosasih, E. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Kurniawan, Citra, dan Dedi Kuswandi. Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital Pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication, 2021.
Kurniawati, Fitri Erning. “Pengembangan Bahan Ajar Aqidah Ahklak di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Penelitian 9, no. 2 (2015): 367. doi:10.21043/jupe.v9i2.1326.
Kustandi, Cecep, dan Daddy Darmawan. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA, 2022.
Lastari, Ramadhani, dan Daulat Saragi. “Analisis Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Langkat.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] 4, no. 2 (2023): 145–49. doi:10.30596/jmp-dmt.v4i2.14708.
Lestari, Eha, Lukman Nulhakim, dan Dwi Indah Suryani. “Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII.” PENDIPA Journal of Science Education 6, no. 2 (2022): 338–45. doi:10.33369/pendipa.6.2.338-345.
Lubis, Maulana Arafat. Pembelajaran Pendidikan Panccasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SD/MI: Peluang dan Tantangan di Era Industri 4.0. Jakarta: KENCANA, 2022.
Magdalena, Ina, Amanda Khofifah, Fitri Auliyah, dan Universitas Muhammadiyah Tangerang. “Bahan Ajar” 2, no. 5 (2023). doi:10.9644/scp.v1i1.332.
Magdalena, Ina, Farah Putri Rahmanda, Iwit Januri Armianti, dan Syifa Nabilah. “Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Online Terhadap Prestasi Siswa Di Sdn Sukamanah 01.” Jurnal Bintang : Pendidilan dan sains 2, no. 3 (2020): 431–45.
Marhadi, Syamsu Nisa Lestari, Agustang K, Huumairah Upuolat, Nurul Azmi Alting, dan Rusli Hasan. “Analisis Jenis-jenis Bahan Ajar dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Amanah Ilmu 3, no. 1 (2023): hlm. 66-67. doi:10.29240/jba.v3i1.764.
Marhaeni, Nyoman Dantes, dan Ida Bagus Made Astawa. Bahan Ajar Pekerti (Pelatihan Keterampilan Dasar Teknik Intruksional). Depok: Rajawali Pers, 2018.
Meilani, Patricia H.M Lubis, dan Nyiayu Fahriza Fuadiah. “Pengembangan E-Lkpd Berbasis Mind Mapping Pada Materi Siklus Hidup Hewan Kelas Iv Sekolah Dasar.” HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD 7, no. 2 (2023): 162–70.
N.W.B. Artini, N.K. Suarni, dan D.P. Parmiti. “Efektivitas Pengembangan E-Lkpd Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 7, no. 1 (2023): 36–45. doi:10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1758.
Naitili, Cornelia Amanda, dan Kristina E. Noya Nahak. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal ‘Eclipse Ammu Pe’ Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar.” HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2023): 93–101. doi:10.37792/hinef.v2i2.1017.
Nur, Aulia Izzah. “Pengembangan E-Modul Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kelas V Di SD Negeri 158 Palembang.” Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2024.
Nur Khasanah, Farinda, dan Henry Aditia Rigianti. “Upaya Guru Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Renjana Pendidikan Dasar 3, no. 4 (2023): 266–69.
Nuraini, Latifah. “Integrasi Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Sd/Mi Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus) 1, no. 2 (2019). doi:10.21043/jpm.v1i2.4873.
Pantiwati, Yuni, Fendy Hardian Permana, Aminudin, dan Tasya Novian Indah Sari. Prototype E-Modul Model Pembelajaran LI-PRO-GP. Malang: UMM Press, 2024.
Pingge, Heronimus Delu. “Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah.” Jurnal Edukasi Sumba (JES) 3, no. 12 (2017): hlm. 1580-1588. doi:10.46799/jst.v3i12.655.
Pratama, Rizki Bayu, Fikriyah, dan Rohaeti Titi. “Pengembangan E-Modul Bermuatan Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 2 Waruroyum.” Kependidikan Dasar 11, no. 2 (2021): 15–25.
Rahmi, Lidya. “Perancangan E-Module Perakitan dan Instalasi Personal Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa SMK.” Jurnal Ta’dib 21, no. 2 (2018): 105–11.
Rahyono, FX. Kearifan Budaya Dalam Kota. Jakarta: Wedatama Widya Sastra, 2009.
RI, Kementerian Agama. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahannya. Jakarta: Syaamil Quran, 2010.
Riani Johan, Jasmine, Tuti Iriani, dan Arris Maulana. “Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan.” Jurnal Pendidikan West Science 01, no. 06 (2023): 372–78.
Ritonga, Adelia Priscila, Nabila Putri Andini, dan Layla Iklmah. “Pengembangan Bahan Ajaran Media.” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1, no. 3 (2022): 343–48. doi:10.37676/mude.v1i3.2612.
Rizki, Muhamad. “Pengembangan E-Modul Materi Peluang Menggunakan Budaya Melayu Ningkukan.” Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2023.
Salim, dan Haidir. Penelitian Pendidikan Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana, 2019.
Saparuddin. “Penggunaan E-Modul Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik.” Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM, 2022, 445–52.
Sari, Gisela Kurnia, dan Moh Fathurrahman. “Pengembangan LKPD Berbasis Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas IV Sekolah Dasar.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2024): 2478–91.
Shufa, Naela Khusna Faela. “Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual.” INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 1 (2018): 48–53. doi:10.24176/jino.v1i1.2316.
Simamora, Alexander Hamonangan, I Komang Sudarma, dan Dewa Gede Agus Putra Prabawa. “Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Mata Kuliah Fotografi Di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.” Journal of Education Technology 2, no. 1 (2019): 51. doi:10.23887/jet.v2i1.13809.
Somantri, Mubarok, dan Hany Handayani. Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran IPS SD Untuk Meningkatkan Literasi ICT. Jakarta Selatan: Damera Press, 2024.
Suaib, Hermanto. Suku Moi: Nilai-Nilai Kearifan Lokal dan Modal Sosial dalam Pemberdayaan Masyarakat. Tanggerang: An1mage, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta, 2019.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititif, dan R&D. Edisi 2. Bandung: ALFABETA,cv, 2022.
Sukmadinata Syaodih, Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.
Suryani, Nunuk, Achmad Setiawan, dan Aditin Putria. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Syamsudin, Naidin. “Model-Model Pengembangan Media Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Refleksi 10, no. 3 (2021): 248. https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/158.
Triyono, Slamet. Dinamika Penyusunan E-Modul. Jawa Barat: Penerbit Adab, 2021.
Ulfah Fajarini. “Peran Kearifan Lokal bagi Pendidikan Karakter.” Sosiodidaktika 1, no. 2 (2014): 123–30.
Una, Luxcya Martir Wona, Veronika Yuliana Beku, Ulrikus Nono, Yosefina Uge Lawe, dan Ludgardis Maria Dhiu. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV SDI Rutosoro.” Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 2 (2024): 53–65.
Wafiqni, Nafia, dan Siti Nurani. “Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 10, no. 2 (2019): 255–70. doi:10.14421/al-bidayah.v10i2.170.
Widiana, Ferlinda Herdianti, dan Brillian Rosy. “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 3728–39. doi:10.31004/edukatif.v3i6.1265.
Widyaningrum, Putry, dan Finisica Dwijayati Patrikha. “Pengembangan E-Modul Dengan Flipbook Maker KD 3.6 Menganalisis Perilaku Konsumen Dalam Bisnis Ritel Kelas XI BDP Di SMK Negeri 2 Tuban.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 9, no. 1 (2021): hlm. 1049.