PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Indah Nur Aziza Alfatonah
Tutut Handayani
Ayu Nur Shawmi
Faisal Faisal
Siti Fatimah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar ensiklopedia digital pada materi memakan dan dimakan di kelas V SDN 160 Palembang mengenai prosedur pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap, define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dokumentasi, angket dan tes. Validasi dari ahli media memperoleh rata-rata presentase 95% dengan kategori sangat valid. Validasi dari ahli materi memperoleh rata-rata presentase 91,11% dengan kategori sangat valid. Validasi dari ahli bahasa memperoleh presentase 77% dengan kategori valid. Kepraktisan melalui angket respon peserta didik rata-rata presentase 95,18% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan desain uji coba One Group Pretest Postet Design untuk mengetahui keefektifan bahan ajar dengan score N-Gain yang diperoleh sebesar 0,807 dengan presentase 80,71% dengan kategori peningkatan pemahaman “tinggi” dengan kriteria efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar ensiklopedia digital layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Alfatonah, Indah Nur Aziza, Tutut Handayani, Ayu Nur Shawmi, Faisal Faisal, dan Siti Fatimah. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ENSIKLOPEDIA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2215–2239. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2910.
Bagian
Artikel

Referensi

Agustin, Intan Dwi ayu, Nabilla Najwa Azzahra, Philsa Arin Pateka, Silvina Novianti, dan Muhammad Sofwan. “Literature Review : Pelajaran IPS di Sekolah Dasar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (2024): 11672–82.

Agustin, Nani, Arum Ratnaningsih, dan Titi Anjarini. “Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skills Terintegrasi Karakter.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 2 (29 Mei 2022): 641–48. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2259.

Agustin, Silvia, Sumardi Sumardi, dan Ghullam Hamdu. “Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 1 (23 Maret 2021): 166–76. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32917.

Agustina, Nurul Saadah, Babang Robandi, Ika Rosmiati, dan Yusup Maulana. “Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.

Aisyah, Inas Hana, dan Dian Rinjani. “Pengaruh Seni Ilustrasi dalam Meningkatkan Minat Baca (Studi Desain Novel Karya Tere Liye).” INVENSI 8, no. 1 (2023): 1–13. https://doi.org/10.24821/invensi.v8i1.7184.

Aisyah, Siti, Evih Noviyanti, dan Triyanto Triyanto. “Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Salaka 2, no. 1 (2020): 62–65.

Al-Qur’an Hafalan Mudah Terjemahan & Tajwid Warna Menghafal Mudah Dengan Al-Hufaz. Bandung: Cordoba, 2016.

Amelia, Delora Jantung. “Pengembangan Bahan Ajar Cetak Dalam Bentuk Komik Untuk Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.” (JP2SD) Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar 6, no. 2 (30 November 2018): 136. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i2.7152.

Andayani, Andayani. Problema dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. 1 ed. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2015.

Anggraini, Della Wulan Septya, dan Parrisca Indra Perdana. “Pengembangan Ensiklopedia Tari Tradisional Pamekasan Pada Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal Of Education For All 1, no. 4 (30 Desember 2023): 265–72. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i4.87.

Anggraini, Siska, dan Nasriah. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2023.

Apriyanti, Yoki, Evi Lorita, dan Yusuarsono Yusuarsono. “Kualitas Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah.” Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik 6, no. 1 (31 Juli 2019). https://doi.org/10.37676/professional.v6i1.839.

Aulia, Riska, dan Rora Rizki Wandini. “Karakteristik Mata Pelajaran IPS.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5, no. 2 (2023): 4034–40.

Azizah, Yulia Nur, Suci Siti Lathifah, dan Nandang Hidayat. “Pengambangan E-Ensiklopedia Keanekaragaman Talas Di Kabupaten Bogor Berbasis Esd Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa.” PEDAGOGIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan 13, no. 2 (2021). http://journal.unpak.ac.id/index.php/pedagogia.

Azzahra, Irfana Eka, Aan Nurhasanah, dan Eli Hermawati. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (19 Juli 2023): 6230–38. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1270.

Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C: Untuk SD/MI/Program Paket A. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2022.

Dewayani, Sofie. Panduan Pemilihan Buku Nonteks Pelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, 2018.

Erawati, Indri, dan Yuni Yamasari. “Aplikasi Ensiklopedia Negara Digital Untuk Memotivasi Pengguna Dalam Mengenal Negara Di Dunia.” Jurnal Manajemen Informatika 2, no. 1 (2012): 1–9.

Fadhilah, Rahmi, Yetty Auliaty, dan Prayuningtyas Angger Wardhani. “Pengembangan Ensiklopedia Digital Tanaman Hias Berbasis Kontekstual Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD.” Educational Technology Journal 2, no. 2 (19 Oktober 2022): 29–37. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p29-37.

Fadlilah, Ummi Nihayatul, Khamdun Khamdun, dan Imaniar Purbasari. “Implementasi Pembelajaran IPAS Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas V.” Jurnal on Education 06, no. 03 (2024): 16314–21.

Ferawati, Juwita, Hidayatul Mazidah Harahap, Tetty Rahmiati Harahap, dan Riana Siyio. “Sosialisasi Pembelajaran Menulis Ensiklopedia Siswa Sebagai Penunjang di SMPN 2 Rantau Utara.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 6 (1 November 2021): 1311–20. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i6.4577.

Ginting, Rahmadani Ftri, dan Ade Erbayani Harahap. “Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur.” Sindoro Cendikia Pendidikan 6, no. 10 (2024): 1–11. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252.

Gulo, Yunimawar Niati. “Penerapan Algoritma Hamming Distance Untuk Pencarian Teks Pada Aplikasi Ensiklopedia Indonesia.” Journal Global Technology Computer 1, no. 2 (29 April 2022): 50–54. https://doi.org/10.47065/jogtc.v1i2.1378.

Hamzah, Amir. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. 1 ed. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2019.

Insani, Fitri, dan Rona Rossa. “Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar dan Karakter 6, no. 1 (2024): 28–37.

Iskandar, Rozi, dan Farida F. “Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (16 Agustus 2020): 1052–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468.

Johan, Jasmine Riani, Tuti Iriani, dan Arris Maulana. “Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan.” Jurnal Pendidikan West Science 01, no. 06 (2023). https://wnj.westscience-press.com/index.php/jpdws/index.

Kalena, Jajang Bayu, dan Duhita Savira Waardani. Model Pembelajaran IPA SD. 1 ed. Cirebon: Edutrimedia Indonesia, 2021.

“Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan).” Diakses 17 April 2024. https://kbbi.web.id/ensiklopedia.

Kemendikbud, Kemendikbud. Petunjuk Teknis Penyusunan Ensiklopedia. Pusat Pengembangan Dan Perlindungan Bahasa Dan Sastra, 2019.

Kosasih, E. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Bahan_Ajar/UZ9OEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=bahan+ajar&printsec=frontcover.

Lestari, Wiji Putri, Eka Fitria Ningsih, Choirudin C, Rahmad Sugianto, dan Andika Setyo Budi Lestari. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 1, no. 1 (20 Maret 2023): 28–33. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i1.155.

Magdalena, Ina, Zahra Damayanti, dan Muhammad Bintang Zildjian. “Penggunaan Model Assure Dalam Pembelajaran Kelas 5 SDN Cipete 2.” Sindoro Cendikia Pendidikan 3, no. 5 (2024): 101–12.

Magdalena, Ina, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Nasrullah Nasrullah, dan Dinda Ayu Amalia. “Analisis Bahan Ajar.” Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 2 (2020). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Marhadi, Syamsu Nisa Lestari, Agustang K, Humairah Upuolat, Nurul Azmi Alting, dan Rusli Hasan. “Analisis Jenis-jenis Bahan Ajar dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Amanah Ilmu 3, no. 2 (2023).

Melati, Rima, Susanti Faipri Selegi, dan Sylvia Lara Syaflin. “Pengembangan Ensiklopedia Digital Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 4 (2022): 1570–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5511.

Mulyani, Tri, dan Armiati Armiati. “Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA): Literature Review.” Jurnal Ecogen 4, no. 2 (7 Juli 2021): 293. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11164.

Noviyanti, Erlina, Candra Puspita Rini, dan Aam Amaliyah. “Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia IPA Berbasis Saintifik Kelas V SDN Karawaci Baru 6 Kota.” PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah 4, no. 1 (2022). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.

Nurdiansyah, Edwin, Emil El Faisal, dan Sulkipani Sulkipani. “Pengembangan Ensiklopedia Identitas Nasional Berbasis Kearifan Lokal.” Jurnal Civic Hukum 6, no. 2 (24 November 2021): 112–23. https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.14612.

Nurutstsany, Elfrida, Saifullah Hidayat, dan Nur Hayati. “Developing Islamic-Based Botanical Encyclopedia as a Learning Resource.” Biosfer: Jurnal Tadris Biologi 11, no. 2 (30 Desember 2020): 151–58. https://doi.org/10.24042/biosfer.v11i2.6830.

Nuryani, Sri, Lutfi Hamdani Maula, dan Irna Khaleda Nurmeta. “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4, no. 2 (1 Agustus 2023): 599–603. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.952.

Nuryasana, Endang, dan Noviana Desiningrum. “Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 5 (29 September 2020): 967–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177.

Pratama, Ervina Wahyu, Moejiono Moejiono, dan Prihatin Sulistyowati. “Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Ensiklopedia Pada Materi Sifat-Sifat Benda Dan Perubahan Wujud Benda Kelas III Sekolah Dasar.” Seminar Nasional PGSD UNIKAMA 4 (2020): 392–99.

Putri, Rieska Hadisumarno, Candra Puspita Rini, dan Ferry Perdiansyah. “Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia IPA Berbasis Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” FONDATIA 6, no. 3 (1 September 2022): 751–66. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2087.

Qoriah, Yaumil, Sumarno Sumarno, dan Nurul Umamah. “The Development Prehistoric Of Jember Tourism Module Using Dick And Carey Model.” Jurnal Historica 1, no. 1 (2017). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/5103/3766.

Rahmadayanti, Dewi, dan Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (7 Juni 2022): 7174–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Rahman, Yulia, dan Efni Cerya. “Validitas dan Praktikalitas Modul Pembelajaran Ekonomi Berbasis Weblog Pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 8 Mandau.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 24841–50.

Rahmawati, Rahmawati. “Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 4, no. 2 (30 September 2020): 158–68. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32593.

Ritonga, Adelia Priscila, Nabila Putri Andini, dan Layla Iklmah. “Pengembangan Bahan Ajaran Media.” Jurnal Multi Disiplin Dehasen (MUDE 1, no. 3 (2022).

Sakila, Rohima, Nenni Faridah Lubis, Saftina Saftina, Mutiara Mutiara, dan Asriani Dedes. “Pentingnya Peranan IPA dalam Kehidupan Sehari-hari.” Jurnal Adam: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2023): 119–23.

Samsinar, Samsinar. “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Mengingkatkan Kualitas Pembelajaran.” Didaktika : Jurnal Kependidikan 13, no. 2 (2019).

Saputro, Budiyono. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2017.

Sari, Rike Kurnia, Faizal Chan, Dwi Kurnia Hayati, Akhmad Syaferi, dan Halimah Sa’diah. “Analisis Faktor Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran IPA di SD Negeri 80/I Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian.” Al Jahiz: Journal of Biology Education Research 1, no. 2 (4 Maret 2021): 63–79. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v1i2.3146.

Sugiarni. Bahan Ajar, Media dan Teknologi Pembelajaran. Tanggerang Selatan: Pascal Book, 2021.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: PT Alfabet, 2016.

Suhelayanti, Suhelayanti, Syamsiah Z, Ima Rahmawati, Year Rezeki Patricia Tantu, Wiwin Rewini Kunusa, Nita Suleman, Hadi Nasbey, Julhim. S Tangio, dan Dewi Anzelina. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). 1 ed. Langsa: Yayasan Kita Menulis, 2023.

Sukarelawa, Moh. Irma, Toni Kus Indratno, dan Suci Musvita Ayu. N-Gain vs Stacking Analisis Perubahan Abilitas Peserta Didik dalam Desain One Group Pretest-Posttest. D.I. Yogyakarta: Suryacahya, 2024.

Sulistio, Andi. Penerapan Contekstual Teaching and Learning dalam Reading Comprehension. 1 ed. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia, 2022.

Suprihatin, Siti, dan Yuni Mariani Manik. “Guru MenginovasiI Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 8, no. 1 (19 Juni 2020): 65–72. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868.

Taufik, Muhammad, Novia Novia, Zerri Rahmah hakim, dan Damanhuri Damanhuri. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Handout Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III di SDN CIWAKTU.” Indonesian Journal of Basic Education 2, no. 1 (2019).

Wahyudi, Adip. “Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran IPS.” JESS : Jurnal Education Social Science 2, no. 1 (Juni 2022): 51–61.

Wahyuni, Shella Fitri, Rintis Rizkia Pangestika, dan Muflikhul Khaq. “Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah Bayan.” Journal On Teacher Education 4, no. 1 (2022): 359–404.

Waruwu, Marinu. “Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 2 (17 Mei 2024): 1220–30. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141.

Wati, Ni Nyoman Kurnia, dan I Made Hendra Sukmayasa. “Effect Size Dan Analisis Pengembangan Bahan Ajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 5, no. 2 (25 April 2024): 206–15. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1421.

Wijayanti, Inggit Dyaning, dan Anita Ekantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2023): 2100–2112.

Wulandari, Maharani, Suratno Suratno, dan Sofyan Sofyan. “Pengembangan Ensiklopedia Plantae pada Mata Pelajaran Biologi SMA Berbasis Potensi Lokal Kabupaten Musi Banyuasin.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23, no. 1 (28 Februari 2023): 768. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3290.

Yasa, Arnelia Dwi, Cicilia Ika Rahayu Nita, dan Adelya Mega Insan Putri. “Pengembangan Ensiklopedia Tata Surya Berbasis Pendekatan Inkuiri untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” BADA’A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 2, no. 2 (30 Desember 2020): 137–46. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.388.

Yulandari, Yulandari, dan Dea Mustika. “Pengembangan Handout Tematik Berbasis Model Inkuiri di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (1 Mei 2021): 1418–26. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.935.

Yusnaldi, Eka, Dwika Aulia Fitrah Panjaitan, Fitriyanti Pasaribu, Lisa Sabina, Nikmah Mustika, dan Rahmi Wirdayani Adelia. “Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023): 32175–81.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama