PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Supat Kec. Babat Supat Kab. Musi Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain true eksperimental designs dan bentuk eksperimen pretest-posttest control group design, peneliti menggunakan jenis penelitian ini untuk melihat adakah pengaruh yang disebabkan oleh penerapan strategi pembelajaran berdiferensi terhadap hasil belajar peserta didik. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan satu kelas tetapi dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu dimana seluruh jumlah populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV dengan jumlah 23 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah berupa tes dan dokumentasi, dan teknik analisis datanya adalah uji validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis (uji-t) dengan menggunakan Ms. Excell dan SPSS IBM versi 30 for windows. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan nilai signifikansi pada kelompok eksperimen adalah <0,001 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, sedangkan kelompok kontrol adalah 0,275 artinya Ha ditolak dan Ho diterima. Hal ini menujukkan bahwa adanya pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik pada kelompok eksperimen setelah mendapatkan perlakuan. Sedangkan pada kolompok kontrol tidak menunjukkan ada pengaruh karena tidak mendapatkan perlakuan. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu strategi yang efektif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afiani, Astin Nur, dan Mukhibat Mukhibat. (2022). “Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo.” JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia 2, No. 1.
Agustiana, Dendi Muhammad, Mohamad Malik, dan Sri Rumiati. (2023). “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Citizenship Virtues 3, No. 2.
Anwar, M, et.al. (2024). Statistika I. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Asrori, Mohammad. (2016). “Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran.” Madrasah 6, No. 2.
Danuri, Waluya, Sugiman, dan Sukestiyarno. (2023). Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Sekolah Dasar Inklusif. Tasikmalaya: Rumah Cemerlang Indonesia.
Farhana. (2022). “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD IT Al-Qur’aniyyah.” Skripsi Sarjana.
Fitriananda. (2024). “Pengaruh Lapbook terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SDN 107 Palembang.” UIN Raden Fatah Palembang.
Gule, Yosefo. (2022). Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Tinjauan Melalui Kompetensi Sosial dan Keteladanan Guru). Bandung: Adanu Abimata.
Haerullah, Ade, dan Said Hasan. (2022). Kemampuan Dasar Mengajar. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Hanafiah, Yusuf, et.al. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik. Yogyakarta: UAD Press.
Hanim, Imtihan, et.al. (2022). Psikologi Belajar. Diedit oleh Fransiska Anggraini. Surabaya: Wade Group.
Husyain Rifai, Muh, et.al. (2024). Kurikulum Merdeka (Implementasi dan Pengaplikasian). Yogyakarta: Selat Media Patners.
Indra Permadi. (2023). “Efektivitas Model Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu Kendal.” Skripsi Sarjana.
Intang Sappaile, Baso, Triyanto Pristiwaluyo, dan Itha Deviana. (2021). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua & Minat Belajar Siswa. Makassar: Global Reseach and Consulting Institute.
Isrotun, Umi. (2021). “Upaya Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.” 2 st Proceeding STEKOM 2, No. 1.
Jayanti, Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri, dan Yusuf Hartono. (2023). Numerasi Pembelajaran Matematika SD Berbasis E-Learning. Palembang: bening Media Publishing.
Khristiani, Heny, et.al. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Kurniawan, Henry, et.al. (2024). Buku Ajar Statistika Dasar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Laia, Indah Septa Ayu, et.al. (2022). “Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8, No. 20.
Maemunawati, Siti, dan Muhammad Alif. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang: 3M Media Karya Serang.
Marlina, Lilis, dan Syukriy Abdullah Darwanis. (2024). “Sebuah Systematic Literature Review: Pembelajaran Diferensiasi dalam Dunia Pendidikan.” MES: Journal of Mathematics Education and Science 9, No. 2.
Mulyati, Ai, dan Alfa Mitri Suhara. (2024). Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sukabumi: CV Jejak.
Nasrudin, Juhana. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Panca Terra Firma.
Nuramini, Aisyah, et.al. (2024). Metode Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nurhasanah, Siti. (2023). Statistika Pendidikan Teori, Aplikasi, dan Kasus. Jakarta: Salemba Humanika.
Permana, Adi. (2016). “Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6, No. 3.
Priyono, Dony Purnomo, et.al. (2023). Resonansi Pemikiran Ke-25 Mendambakan Guru Berkarakter di Era Milenial. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Purba, Mariati, et.al. (2019). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Merdeka Sebagai Bentuk Merdeka Belajar. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
Purwowidodo, Agus, dan Muhammad Zaini. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Media Pustaka. Vol. 4. Yogyakarta.
Putri Febrianti, Vini. (2023). “Analisis Kesulitan Guru Biologi SMAN 2 Pandeglang dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Terdiferensiasi.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 6, No. 1.
Putri Wahyuningtyas, Dessy, et.al. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.
Putu Arya Oka, Gde, et.al. (2023). Buku Ajar Mata Kuliah Terintegrasi Bahasa Ibu: Perencanaan Pembelajaran AUD. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.
Ramadhani, Rahmi, dan Nuraini Sri Bina. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Kencana.
Rusman. (2020). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sabarikun, Nazilatun, dan Heru Purnomo. (2023). “Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, No. 3.
Sahtiani Jahrir, Andi, Muhammad Tahir, dan Aswati. (2024). Pembelajaran Diferensiasi. Banjarnegara: PT. Penerbit Qriset Indonesia.
Sanjani, Maulana Akbar. (2021). “Pentingnya Strategi Pembelajaran yang Tepat Bagi Siswa.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 10, No. 2.
Saputra, Maifil Anggi. (2021). “Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar.” PAKAR Pendidikan 18, No. 2.
Setiawan, Arip. (2023). “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik di SD Negeri Gumelem 1 Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang," Tesis Magister.
Sidik Priadana, M, dan Denok Sunarsi. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Sidiq, Muhammad Alrabi. (2023). “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Yayasan Pendidikan Cendana Riau Distrik Duri.” Tesis Magister.
Sigalingling, Ropin. (2022). Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka Menciptakan Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Anak. Jakarta: Tata Akbar.
———. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Implementasi Kurikulum Merdeka The Differentiatiated Classroom. Bandung: Tata Akbar.
Siyoto, Sandu, dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sobri, Muhammad. (2020). Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar. Bandung: Guepedia.
Sosiloningtyas, Riyanti, Sudiyanti, dan Agnes Ariningtyas. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi yang Kreatif dan Inovatif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Sri Wahyuningsih, Endang. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Sudirman. (2023). Kurikulum dan Pengembangan Pembelajaran dalam Perspektif Pragmatis. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sugiyono. (2020). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. 5 ed. Bandung: Alfabeta.
———. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 1 ed. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, Yuyun, et.al. (2024). Gaya Belajar Membangun Pendekatan yang Tepat untuk Sukses Belajar. Surabaya: Smart Global Nusantara.
Trisnani, Novy, et.al. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Deli Serdang: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Tune Sumar, Warni, dan Intan Abdul Razak. (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill. Yogyakarta: Deepublish.
Ultra Gusteti, Meria, dan Neviyarni. (2022). “Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka.” Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika 3, No. 3.
Wulandari, Anisyah, et.al. (2023). Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV. Bintang Semesta Media.