ANALISIS TANTANGAN PEMBELAJARAN IPS DALAM KONSEP KAJIAN SISTEM EKONOMI GLOBAL

Isi Artikel Utama

Millah Fithriyani
Siti Nurfalah
Ratna Sari Dewi

Abstrak

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang mengintegrasikan konsep sistem ekonomi global menghadapi berbagai tantangan yang signifikan dalam konteks pendidikan saat ini. Artikel ini menganalisis tantangan-tantangan tersebut, termasuk kompleksitas konsep ekonomi global yang menyulitkan pemahaman siswa, keterbatasan sumber daya pendidikan, kurangnya pelatihan guru, dan kurikulum yang tidak terintegrasi dengan baik. Selain itu, ketidakpahaman siswa terhadap isu-isu global, keterbatasan akses teknologi, dan kurangnya keterlibatan masyarakat serta orang tua juga menjadi hambatan dalam pembelajaran IPS. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan upaya kolaboratif dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat, termasuk pengembangan kurikulum yang lebih komprehensif, peningkatan akses terhadap sumber daya dan teknologi, serta pelatihan guru yang relevan. Dengan demikian, siswa dapat dibekali dengan pemahaman yang lebih baik tentang sistem ekonomi global dan dampaknya terhadap kehidupan mereka, sehingga mereka dapat menjadi individu yang lebih sadar dan bertanggung jawab dalam masyarakat global yang terus berkembang.


Kata Kunci:  Pembelejaran IPS, Sistem Ekonomi Global, Tantangan Pendidikan, Kurikulum Keterlibatan Masyarakat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fithriyani, Millah, Siti Nurfalah, dan Ratna Sari Dewi. “ANALISIS TANTANGAN PEMBELAJARAN IPS DALAM KONSEP KAJIAN SISTEM EKONOMI GLOBAL”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 2 (Mei 30, 2025): 861–866. Diakses Juni 23, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2918.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahdar, A. (2019). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran Terhadap Pemahaman Siswa tentang Isu-isu Global. Jurnal Pendidikan, 12(3), 45–58.

Akuba, M. (2023). Konsep Penanaman Sikap Sosial Pada Siswa Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Journal of Education and Teaching Learning, 4(1), 56–63. https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJETL/article/view/13

Baikuna, L., Hidayatuloh, M. F., & Rizal, M. F. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pemanfaatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan ITB Semarang, 6(1), 25–34. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/JUPENDIS/article/view/1182

Harahap, N. F., & Pangaribuan, M. (2023). Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP 35 Medan. Jurnal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 5(2), 67–75. https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/1354

Hidayat, R. (2021). Tantangan dalam Pembelajaran IPS di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 123–135.

Irawati, D., Masitoh, S., & ... (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Sebagai Landasan Pendidikan Vokasi Di Era Kurikulum Merdeka. JUPE: Jurnal …https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/4493

Khotimah, K., & Nusantara, T. (2024). Tantangan Membelajarkan Materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review (SLR). Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(1), 45–55. https://journal-fip.um.ac.id/index.php/sd/article/view/796

Nikma, S., & Rozak, A. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan.

Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/qiroah/article/download/875/349

Prabowo, H. (2023). Pengembangan Kurikulum IPS yang Terintegrasi dengan Isu Global. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(4), 200–215.

Rahman, R. (2021). Peran Teknologi dalam Pembelajaran IPS: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(3), 67–80.

Rosyada, A., Sabina, R., & Lestari, A. (2024). Peran Pendidikan Pada Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Nilai-Nilai Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mandiri, 8(1), 11–19. https://ejurnal.kampusakademik.my.id/index.php/jipm/article/view/64

Sari, D. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Ekonomi: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 112–125.

Sari, F., & Pujiastuti, H. (2023). Evaluasi Efektifitas Kurikulum Inklusi dan Kurikulum Merdeka

Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Prestasi Siswa Dengan Kebutuhan Khusus. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3158–3169.

Susanto, D., Munfarokhah, N. (2020). Neurosains dalam Mengembangkan Kecerdasan Intelektual Peserta Didik. Jurnal Jisma, 8(1), 34–47.

Sufitri, A., Yanti, S., & Wahyuningsih, S. (2024). Pendidikan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran IPS SD. Jurnal Penelitian Ilmiah Mandala Education, 10(1), 22–30. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jpim/article/view/1849

Widiastuti, R. (2020). Meningkatkan Kesadaran Global Siswa Melalui Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 55–70.