ANALISIS TANTANGAN PEMBELAJARAN IPS DALAM KONSEP TATA RUANG DAN SISTEM SOSIAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar memiliki peran strategis dalam membentuk pemahaman awal siswa mengenai dinamika kehidupan sosial dan ruang geografis. Namun, implementasi pembelajaran IPS di tingkat dasar masih dihadapkan pada berbagai tantangan, baik dari segi konten, pendekatan pedagogis, ketersediaan media, maupun kesiapan tenaga pendidik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif berbagai hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS, khususnya pada konsep tata ruang dan sistem sosial, serta mengeksplorasi solusi yang relevan dan aplikatif dalam konteks pendidikan abad ke-21.
Hasil kajian menunjukkan bahwa kompleksitas konsep tata ruang dan sistem sosial kerap sulit dipahami oleh siswa karena keterbatasan kemampuan berpikir abstrak pada usia dini, ditambah dengan minimnya penggunaan media pembelajaran yang kontekstual dan visual. Tantangan lainnya adalah rendahnya kapasitas guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif, serta belum optimalnya integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran IPS. Kesenjangan akses pendidikan antara wilayah perkotaan dan pedesaan juga memperparah kualitas pembelajaran, mengingat banyaknya sekolah yang belum memiliki sarana dan prasarana pendukung yang memadai, termasuk tenaga pendidik yang kompeten dan pelatihan profesional yang berkelanjutan.
Artikel ini merekomendasikan perlunya penyusunan kurikulum adaptif yang mampu menjembatani kebutuhan siswa dengan tuntutan zaman, penguatan pelatihan profesional guru secara berkelanjutan, serta pemanfaatan teknologi digital sebagai sarana untuk meningkatkan interaktivitas, efektivitas, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPS. Dengan pendekatan yang tepat dan kolaboratif, pembelajaran IPS di Sekolah Dasar dapat ditransformasi menjadi pengalaman belajar yang lebih bermakna, menyenangkan, dan relevan bagi peserta didik, sekaligus membentuk generasi yang memiliki kesadaran ruang, tanggung jawab sosial, dan kepekaan terhadap isu-isu global.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ainun Nisa, Anisa Nurul Fajriah, Salma Asyifa Sabila. 2024. “Pembukaan jendela dunia: peran pembelajaran IPS dalam pengembangan siswa kelas awal.” Sindoro Cendika Pendidikan Vol.4 No 7:11–15.
Anggy Wahyu Rahmadani, Agung Wiradimadja. 2022. “Peran Kompetensi Pedagogi Guru IPS: Studi Kasus Upaya Mengatasi Hambatan Dan Tantangan Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Prambon.” Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS Volume 7,:88–103.
Bagus Setiawan, Eprinda Nurro’in Habibah, Adela Putri Rahmadani, and Dennisa Fatma Novita Ardianti. 2023. “Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran IPS.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial Vol. 2 No.(Januari):01–17.
Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2016). Multicultural education: Issues and perspectives (9th ed.). John Wiley & Sons.
Bourdieu, P., & Passeron, J. C. (1977). Reproduction in education, society and culture. Sage Publications.
Darling-Hammond, L. (2010). The flat world and education: How America's commitment to equity will determine our future. Teachers College Press.
Fatimah, Siti et al. 2023. “Mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran di mi/sd pada era revolusi industri 5.0.” Journal of Research And Multidisciplinary Volume 01(Juni).
Giroux, H. A. (2011). On critical pedagogy. Bloomsbury Publishing USA.
Gruenewald, D. A., & Smith, G. A. (2014). Place-based education in the global age: Local diversity. Routledge.
Hermanto, A., Rachmadtullah, R., & Malik, F. (2021). Teachers’ competencies in implementing 21st-century learning. International Journal of Instruction, 14(1), 131-146. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1418a
Herwina, W. (2021), ‘Optimalisasi Kebutuhan Peserta didik dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi’, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, vol. 35, no. 2 hh. 175-181. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Holubec, E. J. (2014). Cooperation in the classroom. Interaction Book Company.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan pendidikan IPS dan tantangan implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Luthfiah, Q., & Fatimah, F. (2022). Metode Pembelajaran Karya Wisata Candi Muaro Jambi: Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Research, 3(1). Https://Doi.Org/10.37251/Jber.V3i1.205
Luthfiah, Q., & Sartika, D. (2021). Metode Pembelajaran Karya Wisata Candi Muaro Jambi: Pengaruh Hasil Belajar Peserta Didik Pada Muatan Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal Of Basic Education Research, 2(3). Https://Doi.Org/10.37251/Jber.V2i3.198
Marinda, Leny. 2020. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman 13(1):116 52. doi: 10.35719/annisa.v13i1.26.
Nelson, J. L., & Hess, D. E. (2020). Teaching controversial issues in social studies: A rationale and framework. Theory & Research in Social Education, 48(4), 556-576. https://doi.org/10.1080/00933104.2020.1809773
Nerisa Sertiawan, Ayu Lestari NasutionAde Chia Syafira. 2023. “Konsep Dasar Sistem Sosial Indonesia Dan Masyarakat Sebagai Suatu Sistem.” Jurnal Faidatuna Vol.4, No.(mei).
OECD. (2020). Education at a Glance 2020: OECD Indicators. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/69096873-en
Parsons, T. (2016). The social system. Routledge.
Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants part 1. On the Horizon, 9(5), 1–6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816
Prihatin, Nyimas Yunierti, Fajri IsmailIrja Putra Pratama. 2023. “Sekolah sebagai instrumen konstruksi sosial di masyarakat, Vol. 5, No(Oktober):899–918.
Rachmadyanti, P., Mahananingtyas, E., & Ariyanti, L. (2022). Tourism Objects As Social Studies Learning Sources In Elementary School. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education (Jtlee), 5(2). Https://Doi.Org/10.33578/Jtlee.V5i2.7922
Raditia, I. G. P., Widiana, I. W., & Yudiana, K. (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbantuan Media Pembelajaran Literacy Tree Meningkatkan Literasi Sosial Dan Kemampuan Metakognitif. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V10i2.47636
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1).
Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51. https://www.journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/427.
Rodríguez, N. N. (2020). “Invisibility Is Not A Natural State For Anyone”: (Re)Constructing Narratives Of Japanese American Incarceration In Elementary Classrooms. Curriculum Inquiry, 50(4). Https://Doi.Org/10.1080/03626784.2020.1831369
Rubenstein, J. M. (2017). The cultural landscape: An introduction to human geography (12th ed.). Pearson.
Sahlberg, P. (2011). Finnish Lessons: What Can the World Learn from Educational Change in Finland? New York: Teachers College Press.
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Bandung: Penerbit Kencana.
Santrock, J. W. (2011). Educational psychology (5th ed.). McGraw-Hill.
Sormin, Y., Haifarashin, R., & Arifin, M. H. (2022). Pengaruh Kegiatan Study Tour Pada Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Mengenai Pembelajaran Ips. Maharot: Journal Of Islamic Education, 6(1).
Su’udiah, F. (2019). Pendidikan IPS SD Kelas Awal. Pendidikan IPS SD Kelas Awal. Https://Doi.Org/10.21070/2019/978-623-7578-20-8
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Jossey-Bass.
UNESCO. (2015). Education for all 2000-2015: Achievements and challenges. UNESCO Publishing.
Utami, T. M., & Nugraheni, R. A. (2019). Integration of digital technology in social studies learning in Indonesia. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 14(21), 140-148. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i21.11134
Wahyuni, R., & Lestari, T. (2020). Penerapan pendekatan place-based learning dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 56-66. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14298
Widodo, H., & Susilo, A. (2022). Problematika pembelajaran IPS di era digital: Perspektif guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 25–34.
Williams, J. P., Nubla-Kung, A. M., Pollini, S., Stafford, K. B., Garcia, A., & Snyder, A. E. (2007). Teaching Cause-Effect Text Structure Through Social Studies Content To At-Risk Second Graders. Journal Of Https://Doi.Org/10.1177/00222194070400020201
Zhao, Y. (2021). Learners without borders: New learning pathways for all students. Corwin Press.