ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KRATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBDP KELAS V-B SDN BANYUAJUH 3 BANGKALAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja faktor penghambat kreativitas siswa dalam proses pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) kelas V-B di SDN Banyuajuh 3 serta bagaimana cara mengatasi faktor penghambat kreativitas siswa tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menampilkan data tanpa adanya manipulasi data atau perlakuan lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa masih kurang karena masih adanya keterbatasan: (1) media dalam pembelajaran seni musik, (2) alat dan bahan dalam pembelajaran seni rupa, (3) kurangnya konsentrasi siswa saat pembelajaran, (4) keterbatasan siswa dalam menyalurkan kreativitasnya, (5) kurang mandirinya siswa karena tugas yang dikerjakan oleh orang tua, dan (6) kurangnya kegiatan berkelompok pada saat pembelajaran sehingga dapat mengurangi interaksi antar siswa. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki pemikiran untuk kreatif tetapi masih terhambat dengan beberapa sarana dan prasarana yang terdapat pada sekolah, selain itu siswa kurang memiliki pemahaman terhadap teori yang dijelaskan pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP).
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Agustin, Serlina. 2021. “Peran Kreativitas Seni Dalam Proses Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):1507-1511. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1127/1010/2261
Astuti, Widya, Sulastri Sulastri, Muhammad Syukri, and Abdul Halim. 2023. “Implementasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) 11(1):25–39. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26614
Buana, Tri, and Dwi Maharani. 2020. “Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) Dan Kreativitas Anak.” Jurnal Inovasi 14(1):1-10. http://dx.doi.org/10.33557/ji.v16i2.2227
Fitri, Hasanatul, Arespi Junindra, Desyandri Desyandri, and Farida Mayar. 2022. “Analisis Pembelajaran SBdP Menggunakan Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(2):11082–88. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4196
Hidayat, Arif, Rizka Febriyani Awliyah, and Suyadi Suyadi. 2020. “Peran Full Day School Terhadap Perkembangan Kreativitas Dan Seni Pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4(2):459–70. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.7835
Holis, Ade. 2017. “Peranan Keluarga/Orang Tua Dan Sekolah Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan UNIGA 1(1):22–43. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v1i1.8
Khoirunnisa, Yahdini Virdha. 2022. “Studi Analisis Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Pada Aspek Pengembangan Seni Budaya Dan Prakarya Di MI Siraajul Ummah Bekasi.” Wildan: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran-STAI Bani Saleh 1(1):85–97. http://e-journal.staibanisaleh.ac.id/index.php/wildan/article/view/5
Lestari, Dewi, and Esti Suntari. 2023. “Edukasi Ibu PKK Dengan Perbekalan Keterampilan Dan Kreativitas Berjualan Online (E-Commerce).” Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):17–19. http://pijarpemikiran.com/
Mujiyono, Mujiyono, Eko Haryanto, and Gunadi Gunadi. 2021. “Peran Guru Dalam Pengoptimalan Potensi Emosi Anak Terhadap Peningkatan Kreativitas Ekspresi Pada Pembelajaran Seni Rupa Di SD Kota Semarang.” Mudra Jurnal Seni Budaya 36(2):146–52. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1456
Nurliana, Nurliana, Muhammad Yusri Bachtiar, and Ita Rostia Ichsan. 2022. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bahan Loose Part Pada Kelompok B TK Aba Kalosi Kab. Enrekang Sulawesi Selatan.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran 4(1):451–60. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/246
Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Misykat 3(1):171–87. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rahmatia, Rahmatia, Hadi Pajarianto, Abdul Kadir, Wahyuni Ulpi, and Muhammad Yusuf. 2021. “Pengembangan Model Bermain Konstruktif Dengan Media Balok Untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):45–55. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1185
Ramdini, Tiara Prima, and Farida Mayar. 2019. “Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3(3):1411–18. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i6.378
Rengganis, Ira. 2017. “Analisis Gambar Karya Anak Sekolah Dasar (Karakteristik Gambar Anak Usia 7–9 Tahun).” PEDAGOGIA 15(1):49–73. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i1.6562
Saleh, Sirajuddin. 2017. “Analisis Data Kualitatif.”
Sandi, Noviea Varahdilah. 2020. “Proses Belajar Siswa Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 1(1):42–52. https://doi.org/10.37729/jpd
Setyaningrum, Fery, and Hilza Aprilia Hutami. 2021. “Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran Sbdp Kelas IV Pada Materi Melukis Di SD Muhammadiyah Condongcatur.” Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 5(1):515–27. https://doi.org/10.37729/jpd
Siskowati, Eni, and Andi Prastowo. 2022. “Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran SBdP Kelas III Pada Materi Menggambar Di Sekolah Dasar.” PEDAGOGOS: Jurnal Pendidikan 4(1):42–47. https://doi.org/10.33627/gg.v4i1.637
Wati, Ruja, and Wahyu Iskandar. 2020. “Analisis Materi Pokok Seni Budaya Dan Prakarya (Sbdp) Kelas IV MI/SD.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 142–59. https://dx.doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4315
Wulan Suci, Dwi. 2019. “Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 1(3):177–84. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=media+dalam+pembeljaran+seni+musik+pd+sd&btnG=#d=gs_qabs&t=1719323972525&u=%23p%3DIo8MBVxMlRcJ
Yuni, Qonita Fitra. 2017. “Kreativitas Dalam Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar: Suatu Tinjauan Konseptual.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal 4(1). http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1980
Yunita, Ayu Tresna, Ayub Prasetiyo, and Aditya Tri Anggara Astanta. 2021. “Implementasi Materi Musik Berdasarkan Kurikulum Tematik 2013 Sekolah Dasar Di Kecamatan Sewon Bantul Yogyakarta.” Promusika 9(1):39–50. https://core.ac.uk/download/pdf/478956999.pdf