PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PANCASILA BERBASIS JOYFULL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PPKn KELAS IV SDN 170 MULYASRI KECAMATAN TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, merancang desain dan mengembangkan media Monopoli Pancasila Berbasis Joyfull Learning Dalam Pembelajaran PPKn Kelas IV SDN 170 Mulyasri Kecamatan Tomoni Kabupaten Luwu Timur serta mengukur praktikalitas dan evektifitas media monopoli Pancasila berbasis joyfull learning dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah metode reasearch and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analiysis, Desain, development, implementation, and evaluation). Penelitian dilaksanakan di SDN 170 Mulyasri dengan subjek penelitian sebanyak 18 orang siswa di kelas IV. Objek yang diteliti adalah media monopoli Pancasila berbasis joyfull learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan tes. Sedangkan Teknik analisis data meliputi analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai pembelajaran yang menyenangkan, proses desain media dilakukan dengan menggunakan canva. Media pembelajaran yang dikembangkan telah melalui tahap validasi ahli media dan materi dengan kategori sangat valid. Pengujian praktikalitas oleh guru mendapatkan skor 97,5%, sementara tanggapan siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 85,55%, yang berarti media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Analisis efektivitas berdasarkan hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan pemahaman siswa sebesar 27,61%, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian, pengembangan media monopoli Pancasila berbasis joyfull learning ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran PPKn, serta mendukung pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan di sekolah dasar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Akbar Safaat, Mohammad Fatih Universitas. “Pengembangan Media Monopoli Materi Pancasila Tema Lambang Pancasila Pada Siswa Kelas 2 SD LAB UNU Srengat Blitar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 5, no. September (2023): 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/.
Elfachmi, Amien Kunaefi, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: Penerbit Erlangga,
H.13 2.
Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. “Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1, no. 1 (2021): 28–38.
Puspita Rini Candra, Syifa Fauziah El-Abida, Saktian Dwi Hartantri, “Pengembangan Media Monopoli Berbasis Pelajar Pancasila Pada Tema ‘Kewajiban Dan Hakku’ Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah,” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 8, no. 1 (2023): 236.
Suryani, Lilis, Musdalifah Misnahwati, and Nurdin K. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3314–24. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2596.
Syahid, Ibrahim Maulana, Nur Annisa Istiqomah, and Khoula Azwary. “Model ADDIE Dan ASSURE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran.” Jurnal of International Multidisciplinary Research 2, no. 5 (2024): 258–268.