KEPEMIMPINAN INOVATIF DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH: STUDI KASUS PADA SDN PATIA 1
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepemimpinan inovatif kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) di SDN Patia 1. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah mempraktikkan kepemimpinan inovatif melalui pengambilan keputusan partisipatif, pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan administrasi, serta penguatan budaya sekolah berbasis kolaborasi dan inovasi. Strategi inovatif ini berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru, keterlibatan orang tua, dan pencapaian siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa kepemimpinan yang adaptif, kreatif, dan komunikatif menjadi kunci keberhasilan MBS, terutama dalam menghadapi tantangan perubahan di lingkungan pendidikan dasar. Temuan ini merekomendasikan pentingnya pelatihan kepemimpinan inovatif bagi kepala sekolah serta penguatan dukungan stakeholder dalam mendukung MBS yang efektif dan berkelanjutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Carolina Sri Athena Barus, S. A. P., Bertaria Sohnata Hutauruk, Sisca Septiani, Nurlina, S., & Jumini Donald Loffie Muntu, Asep, Irvan, D. H. (2021). Karakteristik Peserta Didik Abad 21. In Guru Sumedang. https://www.gurusumedang.com/2021/03/pendidikan-abad-21-apa-dan-bagaimana.html
Deri Wanto, M. F. K. (2023). Teknologi Pendidikan Pasca Covid-19. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 439–459. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1007
Hidayati, R., Annurrahman, & Usman, R. (2019). Rochmah Hidayati, Aunurrahman, Usman Radiana, “Kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru di sd negeri 67 sungai raya”. Principal Leadership, 1–18.
Konseptual, D., Tenaga, P., Lulusan, K., & Vokasional, P. (2023). DESAIN KONSEPTUAL PENYIAPAN TENAGA KERJA LULUSAN PENDIDIKAN VOKASIONAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOCIO-TECHNICAL SYSTEM Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–30.
Rohmat, R. (2020). Kepemimpinan Pendidikan. In INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan (Vol. 11, Issue 1). https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.93
Soegiarto, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Norton Surabaya. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 2(1), 143.
Sri. (2019). Metodologi Penyusunan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 76–80.
Supryanto, D. (2020). Manajemen Pendidikan.pdf. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/51307/1/Manajemen Pendidikan Islam_Telaah Literatur.pdf