EFEKTIFITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJARA SISWA DI SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Integrasi media digital dalam kegiatan pembelajaran memberikan kontribusi penting dalam menciptakan linkungan belajar yang menyenangkan dan optimal bagi siswa sekolah dasar. Teknologi digital saat ini berkembang begitu pesat menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan metode pembelajaran agar tetap relevan dengan kebutuhan zaman. Di era abad ke-21, pemanfaatan media digital dalam pembelajaran menjadi suatu keharusan untuk menjawab tantangan global serta meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dampak penggunaan media pembelajaran digital terhadap motivasi serta prestasi belajar siswa di sekolah dasar, dengan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Data primer dari penelitian berupa artikel dari jurnal ilmiah yang dicari dengan Google scholar, Publish or Perish (POP), dan Doaj, artikel yang dipilih adalah artikel penelitan kualitatif, kuantitatif, dan R&D yang terkumpul sebanyak 50 buah. Artikel dipilih sesuai dengan pembahasan kemudian dianalisis dan diiterpretasikan secara deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis, pemanfaatan media pembelajaran digital terbukti mampu meningkatkan semangat belajar dan capaian akademik peserta didik. Selama proses pembelajaran, siswa menunjukkan sikap yang lebih antusias serta keterlibatan aktif dalam kegiatan belajar.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 41. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089
Aini, N. N., Azizah, M., Bekti, R. S., & Thohir, M. A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2), 267. https://doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8611
Alfiah, S., Istiyati, S., & Mulyono, H. (2021). Analisis penyebab rendahnya motivasi belajar dalam pembelajaran ips peserta didik kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 1–5. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i5.49328
Antari, P. L., Widiana, I. W., & Wibawa, I. M. C. (2023). Modul Elektronik Berbasis Project Based Learning Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 266–275. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60236
Astuti, M. W., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2024). Media Video Animasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 239–247. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i2.6183
Ayudia Annisa Nur. (2019). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar,. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(April), h 26-27. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1350%0Ahttps://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/1350/755
Azhari, A. F., Khadijah, F., & Rif’iyati, D. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 50–59.
Bujuri, D. A., Sari, M., Handayani, T., & Saputra, A. D. (2023). Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 112. https://doi.org/10.30659/pendas.10.2.112-127
Choirunnisa, N. L., & Febriani, R. D. (2022). Permainan Ular Tangga Berbasis Digital Untuk Optimalisasi Latihan Soal-Soal Pecahan Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 6(2), 109–115. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p109-115
Dwi, A., Sari, N., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Berbasis Digital Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Bersusun Siswa Kelas Iii Sdn 1 Ngasem. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 1298–1308.
Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 6 Pajar Bulan. SHEs: Conference Series, 5(5), 1086–1093. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Fadilah, N., & Kuswandi, I. (2025). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL. 12, 56–66.
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Hafizha, F. Z., Febriani, K., Oktaviani, Rosmana, P. S., Iskandar, S., Gustavisiana, T. S., & Rosyani, W. A. (2020). Penggunaan Quizalize Sebagai Media Pembelajaran Digital Berbasis Game Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cahaya Mandalika (JCM), 31–36.
Imawan, O. R., & Ismail, R. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru Matematika dalam Mengembangkan Media Pembelajaran 4.0 Melalui Pelatihan Aplikasi Geogebra. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1231–1239. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3102
Islami, N. F., Ilmi, L. A., & Mz, A. F. S. A. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. 7(2), 704–714.
Jofi Ardiansa, Wahyu Sukartiningsih, & Waspodo Tjipto Subroto. (2023). Pengembangan Media Kartu Gambar Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Rasa Cinta tanah Air Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 163–172. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.235
Kamil, N., & Kulsum Nur Hayati. (2023). The Existence of the Quizizz Application as the 21st Century Digital Learning Media. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 8(2), 127–137. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.01
Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Kurniawan, A. A., Rahmawati, N. D., & Dian, K. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva terhadap Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 179–187. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466
Kusumaningrini, D. L., & Sudibjo, N. (2021). The FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19. Akademika, 10(01), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271
Marliani, Li. putri. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PAEDAGOGY : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 1(2), 125–133. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i2.802
Naimi, N., Azizah, A., Pendit, S. S. D., Zunaedi, K. R., Isman, M., & Sitepu, M. S. (2023). Efektivitas E-Modul Dilan Berbasis Android (DIDROID) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 536. https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7281
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54. https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/tanggap/article/view/42
Rakhman, P. A. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 237–244. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.293
Sari, H. R., & Yatri, I. (2023). Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 159–166. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.381
Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772
Suci Hanifah Nahampun, Prissy Patrisia Gurning, Rahmad Nexandika, Yusnia Aya Astuti Zalukhu, & Michelle Evelyne Sianturi. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Game dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 63–68. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2415
Suherman, Anggi Rahmani, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Panas. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 6(1), 2022. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd
Wahyudi, S. U., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites untuk Meningkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1064. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2446