INTEGRASI MANAJEMEN SEKOLAH DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERKUALITAS : STUDI KASUS DI SD NEGERI SERANG 04

Isi Artikel Utama

Rena Komalasari
Jakaria Jakaria

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana integrasi antara manajemen sekolah dan standar penilaian pendidikan dapat mendukung pembelajaran yang berkualitas, dengan studi kasus di SDN Serang 04. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran manajemen sekolah dalam mengelola sumber daya pendidikan dan implementasi standar penilaian yang sesuai untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah, observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran dan manajemen, serta dokumentasi terkait kebijakan dan hasil penilaian peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi yang harmonis antara kebijakan manajemen sekolah termasuk pengelolaan kurikulum, tenaga pendidik, dan sarana prasarana dengan penerapan standar penilaian yang objektif dan berkelanjutan, mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan siswa. Selain itu, kolaborasi antara pemangku kepentingan di sekolah menjadi faktor pendukung utama dalam menjaga konsistensi dan kualitas proses pembelajaran. Temuan ini merekomendasikan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan kepala sekolah dalam manajemen berbasis mutu dan praktik penilaian autentik sebagai strategi peningkatan kualitas pendidikan dasar secara menyeluruh.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Komalasari, Rena, dan Jakaria Jakaria. “INTEGRASI MANAJEMEN SEKOLAH DAN STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERKUALITAS : STUDI KASUS DI SD NEGERI SERANG 04”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2660–2669. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3091.
Bagian
Artikel

Referensi

Adolph, R. (2020). Antologi esay (Jurnal (ed.)). Books.id. file:///C:/Users/Asus-ku/Downloads/antologi-esai-jilid-1-irma-arifah-m.pd.pdf

Amir, A. A. (2021). Kesiapan Dunia Pendidikan terhadap Modernisasi Pendidikan di Masa Pandemi: Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Iain Pare, 3(1), 1–9. http://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/view/2046%0Ahttp://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/latihan/article/download/2046/1552

Bell, S. (2020). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415

Kunaifi, M. H., & Wahyudi, M. F. (2024). Analisis Kesiapan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 12–25.

Mukhammad Fatikh Riduwan. (2024). Persepsi Masyarakat Nelayan Terhadap Pendidikan ( Studi Kasus di Desa Jatirejo Pasuruan ). Persepsi Masyarakat Nelayan Terhadap Pendidikan ( Studi Kasus di Desa Jatirejo Pasuruan ).

Nafidatul Fadilah. (2022). IMPLEMENTASI P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) DIMENSI BERIMAN, BERTAKWA, DAN BERAKHLAK MULIA DI SDN 4 TLAHAB LOR DAN SDN 1 GEMBONG PURBALINGGA. Skripsi UIN Jambi, 1–23.

Nisrokha. (2022). Authentic Assessment (Penilaian Otentik). Jurnal Madaniyah, 8(2), 209–229.

Nurbaiti, K. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) melalui Media Instagram Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Bandongan. Unditar, 73–75.

Purwanto, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengambilan Keputusan di SMK Muhammadiyah Bumiayu Kabupaten Brebes. Iain Purwokerto, 4.

Ramadayanti, N., Muderawan, I. W., & Tika, I, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 3(2), 194–204.

Setiawan, I., Sudika, I. N., Chaer, H., & Martin, N. (2025). Pelatihan pengembangan pembelajaran dan asesmen berdiferensiasi pada guru bidang studi di SMPN 4 Kuripan Lombok Barat. Jurnal Amal Pendidikan, 9, 1264–1278.

setyowati, W., Moscato, J., Embre, C., Bank BPD Jateng Kota Semarang, S., & Tengah, J. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.33050/MENTARI.V2I1.379

Spradley, P., & Huberman, M. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Skripsi UIN Jambi, 1(2), 77–84.

Syahrina, A. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Humaniora dalam Pendidikan Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. 3(2), 133–150.

Tobroni. (2020). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam di Era Globalisasi. Nadwa UPI, h 144.

Uswatun Hasanah. (2024). DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI. Repositori IAIN Kudus.

Waritsman, A. (2020). Kreativitas Guru Dalam Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Ma Madinatul Ilmi Ddi Siapo. Nusantara Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 27–34.