PENERAPAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan kartu soal dalam pembelajaran materi pengukuran waktu, serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan setelah penerapan model tersebut di kelas II B SD NU Nawa Kartika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B sebanyak 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT dengan media kartu soal terbukti efektif menciptakan suasana belajar yang aktif, menyenangkan, dan kompetitif, serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi pengukuran waktu. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 48,48% pada siklus I menjadi 87,88% pada siklus II.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Anggraini, N.D., Siregar, R., Nurbaiti, & Piliang, E.K. (2024). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku di Kelas IV SD Negeri 200107/10. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(3), 204-211
fidah, N., Rahmawati, A., Rahmawati, S., Nugraha, Y. A., & Rohim, D. C. (2024). Efektivitas model kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Gribig. Journal of Elementary Education, 7(3), 561–564.
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astikajaya, I. M. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 10(2), 45-56
Auliya, A. R., Ardelia, N. R., & Usodo, B. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe TGT dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 675–688.
Depdiknas. (2008). Panduan Umum Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.
Fariha, N., & Sa’adah, U. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–56.
Fuadah, A., & Sukadari. (2022). Teams Games Tournament dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Procedings Series on Social Sciences & Humanities, Volume 3. 24-29
Herpian, R., Sudirman, & Fadli, M. R. (2021). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar siswa. Tirai Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 12–19
Hutagalung, A., Nasution, S. R. A., & Theresia, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 (Sistem Pernapasan Manusia Dan Hewan) Dengan Metode Pembelajaran Tipe TGT (Team Games Tournament) Di Kelas V SD Negeri 157019 Pinangsori 12. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 2(1), 1–10.
Ilahi A., & Nurbaiti. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi “Pemimpin Di Sekitarku” Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 173243 Aek Botik. JIPDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 3(1)
Mahayasa, I. D. M. (2023). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 85–92.
Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646–1660.
Nurdian, W., Santoso, S., Muchsini, B. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantu Kartu Soal Di Smk. Jurnal “Tata Arta” UNS. 7(3), 87-99
Qorina, N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2025). Pengembangan media roda putar pada penerapan model Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Global Education (JIGE), 6(1), 39–50.
Rahmawati, I., & Lestari, D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif terhadap Keterampilan Sosial dan Afektif Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan.
Ramdani, M., et al. (2023). Integrasi Model Kooperatif Berbasis Game Digital dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan.
Rezeki, W. S., Kurniawati, R. P., & Komaladewi, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(6), 4637–4644.
Slavin, R. E. (1986). Team Games Tournament: A cooperative learning strategy. In Student Team Learning: A Practical Guide to Cooperative Learning (pp. 1-15). National Education Association
Sya'adah, U., Sutrisno, S., & Happy, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu Soal terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(2), 1–13
Umar, R. A., Husain, R. I., & Arif, R. M. (2023). Penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media question card untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN No. 17 Dungingi. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(4), 45–52.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Sekretariat Negara.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Online Edukasi. 5(2), 3028-3936.
Yuliana, A., & Sari, N. (2021). Efektivitas Model TGT Disertai Media Visual Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.