UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3A DI SD 1 BARONGAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III SDN 1 Barongan melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan siswa, yang ditunjukkan oleh kurangnya ide, struktur paragraf yang tidak runtut, serta kurangnya kosakata yang digunakan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 21 siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan setelah diterapkannya model TTW. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 63%, dan meningkat menjadi 75,6% pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa. Dengan demikian, model TTW dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran Bahasa Indonesia yang menyenangkan, aktif, dan bermakna.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Fatihatin, D. A., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Flipbook Padiku Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 604-618.
Inggriyani, F., & Pebrianti, N. A. (2021). Analisis kesulitan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 1-22.
Kusmayani, A. (2023). Pembentukan Keterampilan Menulis Nonfiksi Siswa Kelas V SDN 069 Cipamokolan Jawa Barat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 22-30.
Nasution, N. D., Kusyani, D., & Zahara, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 5(1), 27-36.
Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476-485.
Octavia, W. A. H., Satrijono, H., Hutama, F. S., Haidar, D. A., & Rukmana, L. P. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169-186.
Rikmasari, R., & Kurniati, P. R. (2021). Peranan Model Think Talk Write (TTW) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa SD Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 20-28.
Roisah, R., Kusrina, T., & Porwanto, B. E. (2023). Model pembelajaran kooperatif tipe think talk write (ttw) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan prestasi belajar pada mata pelajaran ips. Journal of Education Research, 4(3), 1481-1487.
Salsabila, R., Indihadi, D., & Saputra, E. R. (2024). Penggunaan model pembelajaran kooperatif think-talk-write (TTW) terhadap keterampilan menulis teks prosedur. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(1), 76-84.
Shaffiyah, S. M., & Kosmajadi, E. (2024). Penerapan Model Kooperatif Learning Think talk write (Ttw) terhadap Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 5(2), 113-122.
Simorangkir, N. P., Ramly, R., Dalle, A., & Amir, J. (2025). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 575-580.
Sugiharti, R. E., & Anggiani, R. A. (2021). Penggunaan Media Gambar Seri Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 9-19.
Umam, N. K., & Firdausa, A. R. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi dengan Media Gambar Seri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 42-48.
Wahyuni, F., & Herlinda, H. (2021). Paradigma pembelajaran efektif bahasa dan sastra Indonesia. Gurindam: Jurnal Bahasa dan Sastra, 1(2), 40-51.