ANALISIS PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS V DI SD NEGERI 31 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Hartanti Mutiara
Riswan Aradea
Evi Rosmiyati

Abstrak

Penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru dan siswa terhadap pembelajaran berdiferensiasi kelas V di SD Negeri 31 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis peneltian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan hasil wawancara bersama guru, menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi terdapat hambatan awal dalam penerapan pembelajaran ini, namun seiring berjalannya waktu penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak yang positif dan memudahkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. 2) Hasil wawancara bersama siswa serta hasil angket rata-rata siswa menunjukkan skor 86,1% dengan kategori “Sangat Setuju” artinya siswa aktif bertanya selama proses pembelajaran, siswa merasa senang, dan materi yang disampaikan oleh guru mudah untuk dipahami.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mutiara, Hartanti, Riswan Aradea, dan Evi Rosmiyati. “ANALISIS PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS V DI SD NEGERI 31 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 3 (Agustus 30, 2025): 2681–2690. Diakses Desember 7, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3122.
Bagian
Artikel

Referensi

Aina Ansa Zulfa, Muh Husen Arifin, Y. W. (2022). PENGGUNAAN MODEL MIND MAP PADA PEBELAJARAN GEOGRAFI DI SEKOLAH DASAR. 11(4).

Agusdianita, N., Supriatna, I., Dwi, R., & Maghfira, S. (2025). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 44 Kota Bengkulu. 03(01), 23–29.

Ananta Nur Aribyan, B. S. (2025). Persepsi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Durenan. 3.

Fitriana, E., Nisa, A. F., & Cahyani, B. H. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning Pada Materi IPAS di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5567–5580.

Harmita, D., & Aly, H. N. (2023). Implementasi Pengembangan dan Tujuan Kurikulum . Jurnal Multilingual, 3(1), 114–119.

Jayanti, M. I., Umar, U., Nurdiniawati, N., & Amar, K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Richard I. Arends Dan Kilcher : Konsep, Strategi, Dan Optimalisasi Potensi Belajar Siswa. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 91–108. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i2.1215

Marwa, N. W. S., Usman, H., & Qodriani, B. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Metodik Didaktik, 18(2), 54–64. https://doi.org/10.17509/md.v18i2.53304

Muhammad Al-Azan, Rahuda Neneng, H. (2024). PERSEPSI DAN TEORI ATRIBUSI KELLEY Muhammad. 1, 115–124.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020 2023. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Sarnoto, A. Z. (2024). Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. 06(03), 15928–15939.

Sugiyono. (2022). metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuningtyas Dessy, Susanti Rikza, E. M. . (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi ( rahma azizah Nur (red); 1st ed). PT. Literasi Nusantara abadi grup.

Zaitun Tri Mulya Sari, C. din, Adriansyah, V., Putri, A. R., & Merliani, V. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SMP 5 REJANG LEBONG. 5, 1