ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS V DI SDN TARAMAN JAYA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Terkait hasil siswa berprestasi di tingkat SD biasanya memiliki gaya belajar yang sesuai dengan karakteristik individu mereka, seperti gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik, bahkan kombinasi dari beberapa gaya tersebut. Berdasarkan apa yang diuraikan di atas, rumusan masalah yang akan diajukan adalah: “Bagaimana Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V di SDN Taraman Jaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar siswa berprestasi di kelas V SDN Taraman Jaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berprestasi memiliki gaya belajar beragam, seperti visual, auditori, dan kinestetik, serta menerapkan strategi seperti pengulangan, peta pikiran, dan visualisasi untuk memahami materi. Mereka lebih mudah mengingat informasi yang dilihat, aktif mencatat, berdiskusi, dan menandai poin penting. Siswa berprestasi cenderung menyukai belajar menggunakan gambar. Minat baca yang tinggi juga membantu meningkatkan pemahaman dan wawasan mereka. Mereka umumnya lebih nyaman belajar dalam suasana tenang, memiliki daya ingat kuat, serta menunjukkan sikap aktif dan motivasi tinggi saat mengerjakan soal.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ahmad, A., Fachrurrazy, M., S, S. Y. H., Amalia, M., Fauzi, E., Gaol, S. L., Siliwadi, D. N., Takdir, T., Sepriano, S., & Efitra, E. (2024). Buku Ajar Metode Penelitian/& Penulisan Hukum. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id.
Andrean, R., Fajriyah, K., & Rahmawati, I. (2024). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Di Sekolah Dasar Negeri Sembungharjo 01 Kecamatan Genuk Kota Semarang. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 3(1), 2363–2368.
Angkat, N. A., Novianti, S., & Ramadani, W. (2023). Variasi Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd. Pema (Jurnal Pendidi an Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 2 (1), 47 53. https://doi.org/10.56832/pema.v2i1.211
Apriyanti, Y. O., Suryadin, A., & Kurniasih, E. R. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa ( Berprestasi Akademik dan Non Akademik ) Pada Kelas V Sd Negeri 20 Pangkalpinang. Journal of Elementary School Education, 2(1), 130–142.
Ermi, R., Rriaca, S., Pangrstu, A. T., Faela, S. N. S., Nasir, H., Isnaini, Jantje, T. F. H., Yonita, W. V., Rosali, H. I., Ignatius, R. R. F., & Moh, S. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Gita Lentera. https://books.google.co.id/books?id.
Fariska, F. D., & Pratikno, A. S. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 230 237. https:/ doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.479
Fitrilia, R. D., Purnamasari, R., & Rustandi, Y. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 75–80. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4499
Gusmaniarti, S. P. M. P. N. S. S. P. M. P. (2024). Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. UMSurabaya Publishing. https://books.google.co.id/books?id.
Hamali, S., Riswanto, A., Zafar, T. S., Handoko, Y., Sarjana, I. W. M., Saputra, D., Manafe, H. A., S, I. S., Kurniawan, S., Sarjono, H., & others. (2023). Metodologi Penelitian Manajemen : Pedoman Praktis Untuk Penelitian & Penulisan Karya Ilmiah Ilmu Manajemen. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id.
Handayani, L. T. (2022). Buku Ajar Implementasi Teknik Analisis Data Kuantitatif (Penelitian Kesehatan). PT.Scifintech Andrew Wijaya. https://books.google.com.id/books?id.
Heny, S., Amila, & Juneris, A. (2021). Buku Metodologi Penelitian Kesehatan. Ahlimedia Book. https://books.google.co.id/books?id.
Izomi, M. S., Shufa, N. K. F., Adji, T. P., Lukman, A., Juniati, R., Pattiasina, P. J., Saddia, A., Triana, N., Afifah, Y., Bere, H. R., & others. (2024). Belajar dan Pembelajaran. CV. Gita Lentera. https://books.google.co.id/books?id.
Jenny, B. V., Hildawati, Wiliyanti, Hery, A., & Jabal, A. (2024). Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id.
Kadarudin. (2021). Penelitian Di Bidang Ilmu Hukum (Sebuah Pemahaman Awal). Formaci.https://books.google.co.id/books?id.
Karin, K., Hatim, M., & Suryani, I. (2024). Gaya Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 218/IX Talang Duku. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 340–352. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1712
Lestari, S., & Widda, D. M. (2021). Analisis Gaya Belajar Visual, Audiotori dan Kinestetik dalam Pengembangan Prestasi Belajar Siswa. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 7990. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.250
Lestariwati, D., Mushafanah, Q., & Kiswoyo. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Kelas V di SD Negeri Bancak 01 Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Dwijaloka Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(4), 464–475.
Matara, K. (2023). Psikologi Pendidikan. Selat Media. https://books.google.co.id/books?id.
Melta, S., Fajar, N., & Heris, M. H. (2023). Analisis cara belajar siswa berprestasi. ANALISIS CARA BELAJAR SISWA BERPRESTASI TINGGI DI SDN 2 KARANGSAMBUNG Melta, 2(1), 1–11.
Ndaru Putri Yudhiarti,. P. (2023). psikologi pendidikan. CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id.
Nurajizah, Henri, T. P., & Dadan, M. (2023). Gaya Belajar Peserta didik Berprestasi Akademik. SEROJA: Jurnal Pendidikan, 2(4), 1–11.
Nuralan, S., Ummah, K. M., & Haslinda. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 5 Tolitoli. PENDEKAR JURNAL: Pengembangan Pendidikan DanPembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 13–24.
Panca, S. S. (2022). Peran Faktor Non-Kognitif Dalam Melejitkan Prestasi Akademik. Penerbit Qiara Media. https://books.google.co.id/books?id.
Rahayu, N., Mustiningsih, M., & Sumarsono, R. B. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik terhadap Kepuasan dan Prestasi Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(10), 825–837. https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p825-837.
Rahmat Putra Perdana, S. P. M. O., & Adab, P. (2023). Buku Ajar Pengantar Ilmu Pendidikan. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id.
Rahmi Ramadhani, S. P. I. M. P., & Nuraini Sri Bina, S. P. M. P. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis Dan Aplikasi SPSS. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id.
Ratna, R. alin, Junaedi, S. A., & Nabilatul, F. D. (2022). Penerapan Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik di SMP Negeri 2 Rengasdengklok Karawang. Urnal Pendidikan Dasar, 6 (2), 314–329. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i2.1839.
Rike, S. (2024). Metodologi Penelitian Bisnis: Strategi dan Teknik Penelitian Terkini. Asadel Liamsindo Teknologi. https://books.google.co.id/books?id.
Rosidah,U., Mudzanatun, & Nuvitalia, D. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 Sd Negeri Kalikalong 01 Pati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1834–1843. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.488.
Runtu, P. S., & Kalalo, R. R. (2021). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid 19. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id.
Sari, R. D., Saputra, H. J., Kusumaningsih, W., & Charistin, E. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas 2 Ditinjau Dari Prestasi Belajar Di SDN Kalicari 01. Innovative: Journal Of, 3(2), 113 124. http://j innovative.org/index.php/Innovative/article/view/298.
Saskia, D., Edy, K., & Abdullah, I. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Raha. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 8(1), 211–216.
Sentosa, A. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian Sosial. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id.
Silverius, Y., & Y, S. (2023). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id.
Suhailasari, N., Nurbaiti, & Arfannudin. (2021). Teks Laporan Hasil Observasi Untuk Tingkat Smp Kelas Vii. GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?.
Sukarto, Arum, F. M., & Aswaitun, H. (2022). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Di Sdn 1 Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Tahun 2021. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 527 531. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3630.
Sumarah, I. E., Kencana, C. G., Yudono, K. D. A., Waninghiyu, C., Dewi, A. M. K., M, T. A. H., & Press, S. D. U. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Berdasarkan Gaya Belajar Vark: Untuk Peserta Didik Kelas IV SD. Sanata Dharma University Press. https://books.google.co.id/books?id.
Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstra kurikuler Dalam Meningkatkan prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.45
Suprapto, Y., Irfansyah, A., Rifai, M., & H, B. B. (2024). Gaya Belajar Membangun Pendekatan Yang Tepat Untuk Sukses Belajar. https://books.google.co.id/books?id.
Susanti Faipri Selegi, P. D. N. K. A. A. K. (2023). Strategi Pembelajaran. CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id.
Tajudin, M., Iriansyah, H. S., & Suhel, A. R. (2021). Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, 1(1), 254–260.
Urip, S. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. PT Salim Media Indonesia. https://books.google.co.id/books?id.
Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press. https://books.google.co.id/books?id.