PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI VIDEO POWTOON TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 17 RAMBUTAN BANYUASIN

Isi Artikel Utama

Tewi Wartina
Dessy Wardiah
Liza Murniviyanty

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Powtoon pada materi pantun nasihat untuk siswa kelas V SD Negeri 17 Rambutan Banyuasin dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 90,00%, yang termasuk dalam kategori valid. Selain itu, hasil uji kepraktisan melalui angket respons peserta didik pada uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan menunjukkan rata-rata nilai sebesar 93%, yang tergolong sangat praktis. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Powtoon ini dinyatakan valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wartina, Tewi, Dessy Wardiah, dan Liza Murniviyanty. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI VIDEO POWTOON TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 17 RAMBUTAN BANYUASIN”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3526–3538. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3214.
Bagian
Artikel

Referensi

Aina, N. F., & Sukmawati. (2022). Pengembangan Media Animasi Berbantu Powtoon Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu, 220.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (Basastra) di Sekolah Dasar. Jurnal Paud, 35-44

Amanda, R., & Darwis, U. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas di Kelas IV SD. jurnal inovasi penelitian, 983.

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan: 2020.

Angkat, N. A., Novianti, S., & Ramadani, W. (2022). Variasi Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, 47-53

Arhinza, A., Sukardi, & Murjainah. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS. Journal on Education, 6519.Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis. Education Journal, 36.

Dewi, F. F., & Handani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi. Jurnal Basicedu, 2532.

Diyah, R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon dalam Materi Membaca Dongeng di Kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang. Journal Of Social Science Research, 452.

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Sofware Powtoon terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ipa, 4.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 154.

Fera Kusumawati1, D. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada . jurnal Cendekia : jurnal pendidikan matematika, 1-13.

Fika, N. A., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Media Animasi Berbantu Powtoon Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendididikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 222.

Hambali, S., Akib, E., & Azis, S. A. (2020). Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas V SD Se-kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia, 185.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Basiedu, 151-164.

Hasan, h. (2022). Pengembangan sistem Informasi Dokumentasi Terpusat pada STMIK Tidore Mandiri. Jurnal Sistem Informasi dan Komputer, 24.

Irawan, T., Dahlan, T., & Fitrianisah, F. (2021). Analisis Penggunaan Media Video Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 213.

Isti, L. A., Agustiningsih, & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-sifat Cahaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 21-28.

Jaya, I.L (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia

Kamarudin. (2020). Pengembangan Buku Ajar Pengayaan Membaca Pantun Melayu. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra , 31-49.

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Berupa Video Animasi Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 3.

Kusumawati, F., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1487.

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Pengembangan Media Video Animasi, 9.

Mirino, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kartu Pasangan dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun Nasihat Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kota Sorong Tahun Ajaran 2024/2025. Pedalitra IV, 126-134.

Muliani, R. D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 133-139.

Muna, M., & Sapri. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Basicedu, 1325.

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, A. E. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 672-681.

Nur Indah Sholikhati, N. A. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dengan Media Powtoon. Nur Indah Sholikhati, Nia Astuti, Universitas Jenderal Soedirman, nur.indah.sholikhati@unsoed.ac.id .

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Pramanda, S. J., & Asriyanti, F. D. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Media Video Animasi pada Siswa Kelas V SDN 2 Wonorejo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5222.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. W., & Mahadewi, P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan , 60-68.

Putri, M. S., Tahir, M., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Media Audio Visual Powtoon pada Tema Lingkungan Bersih, sehat dan Asri Semester II kelas 1 di SDN 25 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 237.

Rahmawati, A. (2022). kelebihan dan kekurangan powtoon sebagai media pembelajaran. Jurnal ilmiah pendidikan, 5.

Reinita, & Putri, A. (2022). Pengembangan Media Powtoon pada Pembelajaran. Jurnal Muara Pendidikan, 2.

Ruhiat, Y., Nulhakim, L., & Wulandari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 270.

Rustamana, A., Sahl, K. H., Ardianti, D., & Syauqi, A. H. (2024). Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) dalam. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 62.

Rusyidi, A., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar Komplikasi Konsep. Medan: CV. PUSDIKRA MJ .

Saleh, S., Syahruddin, Saleh, S., Azis, I., & Sahabuddin. (2022). Media Pembelajaran. Makassar: Eureka Media Aksara.

Salsabillah, A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Powtoon Materi Bagian Tubuh Hewan Beserta Fungsinya pada

Pembelajaran Ipa Kelas Iv sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 811.

Septia, D., Murjainah, & Ayuracmawati, P. (2022). Pengembangan Digital Scrafbook Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1221.

Setyorini, Sugianto, Kurnianingsih, T., & Simanjuntak, V. R. (2023). Bahasa Indonesia. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Siswi, N. A., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Game Menjelajah Ruang Berbasis Construct untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 489-500.

sugiyono. (2024). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D .Bandung : Alfa

Supriadi, Amar, Setiawan (2020). Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa. Jurnal of Management, 84 - 93.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media pembelajaran inovatif dan pengembangan. Bandung: 2019.

Susanti, N., & Atmini, N. D. (2022). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv. Jurnal Ilmiah dan Bisnis, 330-337

Sutriyani, Nadya, R., Magdalena, I., Prahastiwi, W., & Khoirunnisa. (2021). Analisis Penggunaan Jenis-jenis Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri Bunder III. Jurnal Pendidikan dan Sains, 378.

Syelfia , D., Rizalina, & Zefriyenni. (2022). Validitas Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android dengan Teknik Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika, 329-337.

Titin, & Safitri, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 75.

Utami, M. D., Sulianingsih, W. W., & Widyantari, E. (2022). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Berbasis . Using Powtoon as a Technology-Based Creative Learning Media , 26.

Wati, S., Fitriani, A., & Wardoyo, W. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Materi Sistem Rangka Manusia dan Alat Indra Manusia di Kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 5(1), 19-20.

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nurhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 270.

Zaharah, E., Murniviyanti, L., & Pratama, A. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Komik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Persedia, 184-194.