PENGEMBANGAN E-MODUL KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 76 PALEMBANG

Isi Artikel Utama

Tria Nadia
Dessy Wardiah
Liza Murniviyanty

Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada BAB 6 di kelas III SD pada materi teks naratif yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research dan Development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 76 Palembang. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukan e-modul yang dikembangkan termasuk kategori “sangat valid” berdasarkan lembar angket validasi para 3 ahli yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 89,30%. Tingkat kepraktisan diperoleh dari hasil angket respon siswa kelas III SD memperoleh presentase 91% menunjukan bahwa e-modul yang dikembangkan masuk dalam kriteria “sangat praktis”. Dengan demikian pengembangan e-modul keterampilan membaca siswa kelas III di SD Negeri 76 Palembang valid dan praktis.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Nadia, Tria, Dessy Wardiah, dan Liza Murniviyanty. “PENGEMBANGAN E-MODUL KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 76 PALEMBANG”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3510–3515. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3203.
Bagian
Artikel

Referensi

Achriyati, S., Yuliana, R., & Nulhakim, L. (2022). Pengembangan Media Flip Chart Terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1249-1257.

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 33-42.

Aisida, S. (2020). Pengaruh Silent Reading Terhadap Peningkatan Kecerdasan Kognitif Peserta Didik. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 14–34.

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa indonesia dan sastra (basastra) di sekolah dasar. PERNIK, 35-44.

Alviolita, N. W., & Huda, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 49–57.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 35–42.

Dismarianti, I., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Modul Elektronik (E-Modul) pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 3, 110–119.

Equatora, M. A., & Awi, L. M. (2021). Teknik pengumpulan data klien. Bitread Publishing.

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Asmawati, L. (2019). Pengembangan e-modul matematika untuk siswa SD. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journa.

Franesti, D. (20021). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baku Di Kalangan Remaja. FKIP E-Proceeding, 39-50.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan.

Hasanah, N. (2020). Pelatihan penggunaan aplikasi microsoft power point sebagai media pembelajaran pada guru sd negeri 050763 gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 34–41.

Herlina, H., Zulnuraini, Z., Gagaramusu, Y., Risma, I., Harmila, H., & Dwienengtyas, A. (2023). E-Modul Tematik Untuk Pembelajaran Daring Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 1–10.

Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 281–300.

Ivantri, R. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 185-200.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 109-115.

Mesra, R. (2023). Research & development dalam pendidikan.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian.

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 86–100.

Pakpahan, I. P., Selegi, S. F., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Bumi Dan Alam Semesta Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakarya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 440–453.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Purwoko, A. A., Burhanuddin, B., Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z. N., & Pariza, D. (2021). V. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK, 94-102.

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 16–24.

Rahman, S. A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Menggunakan Software Flip PDF Profesional Pada Materi Bentuk Aljabar. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)., 32–40.

Ramadayanti, G., & Adzima, K. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 281–300.

Ivantri, R. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 185-200.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) berbasis flipbook maker untuk subtema pekerjaan di sekitarku kelas IV SD/MI. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.

Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 109-115.

Mesra, R. (2023). Research & development dalam pendidikan.

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian.

Okpatrioka, O. (2023). Research and development (R&D) penelitian yang inovatif dalam pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 86–100.

Pakpahan, I. P., Selegi, S. F., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Bumi Dan Alam Semesta Pada Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Sukakarya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 440–453.

Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Purwoko, A. A., Burhanuddin, B., Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, Z. N., & Pariza, D. (2021). V. (2021). Validitas instrumen dalam rangka pengembangan metode pembelajaran inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Prosiding SAINTEK, 94-102.

Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 16–24.

Rahman, S. A. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Dengan Menggunakan Software Flip PDF Profesional Pada Materi Bentuk Aljabar. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)., 32–40.

Ramadayanti, G., & Adzima, K. R. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada