PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa di SD Babussalam Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan model TTW. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji hipotesis Wilcoxon Signed-Rank Test karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62,00 (pretest) menjadi 71,50 (posttest) dengan standar deviasi yang sedikit meningkat dari 6,156 menjadi 6,509. Uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, penerapan model TTW berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Temuan ini mendukung penggunaan model TTW sebagai strategi pembelajaran yang efektif, interaktif, dan relevan dalam mewujudkan pembelajaran aktif sesuai semangat Kurikulum Merdeka.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sekolah dasar kabupaten garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Arisanti, D. A. K. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243-250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Hapsan, A. and M.E., D. S. (2023). Kurikulum merdeka belajar untuk guru merdeka.. https://doi.org/10.31219/osf.io/k3dfq
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Grup
Nasrulloh, M. and Umardiyah, F. (2021). The effectiveness of think-talk-write (ttw) learning strategy in the critical thinking and mathematical communication. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.108
Nihlah, N. and Meilana, S. (2023). Application of the think-talk-write model of cooperative learning for improving paragraph writing abilities. Scaffolding Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 784-799. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3206
Paramitha, N., Parmiti, D., & Riastini, P. (2024). Makepung tradition: think talk write learning model and its impact on the short story writing skills. Mimbar PGSD Undiksha, 12(1), 93-100. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v12i1.63941
Rohmah, N., Masfuah, S., & Setiawan, D. (2020). Ttw model assisted by rotating wheel media to improve elementary students' critical thinking ability. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 473. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i3.26415
Sartini, S. and Mulyono, R. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar untuk mempersiapkan pembelajaran abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1348-1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392
Shalehah, N. A. (2023). Studi literatur: konsep kurikulum merdeka pada satuan pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70-81. https://doi.org/10.33387/cp.v5i1.6043
Sitorus, Masganti. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tantri, T. and Fanny, A. (2024). The influence of the think talk write cooperative learning model on social studies learning outcomes for class iv elementary schools. JPGSD, 5(01), 16-23. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v5i01.4621
Yuliana, M., Hidayah, R., & Ngatman, N. (2023). Effects of the think-talk-write model with visual media to improve students’ summary writing skills. Asian Journal of Education and Social Studies, 45(4), 20-28. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v45i4989