PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI AL-ABROR SIDOARJO
Isi Artikel Utama
Abstrak
Rendahnya semangat belajar siswa sering menjadi hambatan dalam tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward berupa alat tulis terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Al-Abror Sidoarjo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Mengenal Kalimat Perintah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe one group pretest-posttest. Seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 orang dijadikan subjek penelitian dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar, dan data dianalisis menggunakan uji N-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberi perlakuan, motivasi belajar siswa berada pada kategori kurang dengan rata-rata skor 2,77. Setelah diberi reward berupa alat tulis, motivasi belajar meningkat ke kategori tinggi dengan rata-rata skor 4,16. Rata-rata N-gain score sebesar 0,62 atau 62% menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Suasana pembelajaran menjadi lebih positif dan partisipatif karena siswa merasa dihargai dan terdorong untuk lebih aktif. Temuan ini menunjukkan bahwa pemberian reward berupa alat tulis berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan mendukung proses pembelajaran yang lebih menyenangkan serta bermakna.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Afrilia, N., & Purnama, R. (2025). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 34–45. https://doi.org/10.1234/jpd.v12i1.5678
Anggraini, D., Suherman, E., & Lestari, N. (2019). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Timur. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 135–142. https://ejournal.umk.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1679
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). “Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan dari Aspek Bahasa”. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000
Diandaru, B. H. (2021). “Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di MTS Negeri 2 Kota Semarang”. 185–196.
Iryanti, I. (2025). “Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Papan Pantun Siswa Kelas
IV SD Negeri 101744 Desa Klambir T.A 2023/2024”. 156–169. https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i1.177
Kafrawi, M., Ramdani, R., & Sekar Utami, L. (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Motivasional ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII di MTS Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun
Pelajaran 2021/2022”. 6(2). http://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnalHalaman|96
Kholisah, M., Pranata, K., & Muhammadiyah Hamka, U. (2024). “Pengaruh Pemberian Reward Non Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar”. https://jurnaldidaktika.org
Lorenza Sinaga, A., Sitompul, M., & Marpaung, N. (2024). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 22–30. https://doi.org/10.31227/jpm.v10i1.9899
May Sarah, S., Nurhamidah, N., & Rukmini, E. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 58(3), 177–184. https://doi.org/10.23887/jpp.v58i3.42271
Salmah, S., Zainuddin, Z., & Firdaus, M. (2023). Pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 1541–1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.1901
Wija, K., Sari, D., & Pratiwi, R. (2023). Analisis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 92–101. https://doi.org/10.24815/jipbsi.v8i2.23344