PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI AL-ABROR SIDOARJO

Isi Artikel Utama

Mayya Kholidah Masruroh
Syamsul Ghufron
Suharmono Kasiyun
Sri Hartatik

Abstrak

Rendahnya semangat belajar siswa sering menjadi hambatan dalam tercapainya tujuan pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward berupa alat tulis terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Al-Abror Sidoarjo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Mengenal Kalimat Perintah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe one group pretest-posttest. Seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 orang dijadikan subjek penelitian dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar, dan data dianalisis menggunakan uji N-gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberi perlakuan, motivasi belajar siswa berada pada kategori kurang dengan rata-rata skor 2,77. Setelah diberi reward berupa alat tulis, motivasi belajar meningkat ke kategori tinggi dengan rata-rata skor 4,16. Rata-rata N-gain score sebesar 0,62 atau 62% menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Suasana pembelajaran menjadi lebih positif dan partisipatif karena siswa merasa dihargai dan terdorong untuk lebih aktif. Temuan ini menunjukkan bahwa pemberian reward berupa alat tulis berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar dan mendukung proses pembelajaran yang lebih menyenangkan serta bermakna.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Masruroh, Mayya Kholidah, Syamsul Ghufron, Suharmono Kasiyun, dan Sri Hartatik. “PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MI AL-ABROR SIDOARJO”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 3558–3565. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3228.
Bagian
Artikel

Referensi

Afrilia, N., & Purnama, R. (2025). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 34–45. https://doi.org/10.1234/jpd.v12i1.5678

Anggraini, D., Suherman, E., & Lestari, N. (2019). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Metro Timur. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 135–142. https://ejournal.umk.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1679

Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). “Perkembangan Siswa Sekolah Dasar: Tinjauan dari Aspek Bahasa”. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000

Diandaru, B. H. (2021). “Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di MTS Negeri 2 Kota Semarang”. 185–196.

Iryanti, I. (2025). “Analisis Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Papan Pantun Siswa Kelas

IV SD Negeri 101744 Desa Klambir T.A 2023/2024”. 156–169. https://doi.org/10.61132/jupenkei.v2i1.177

Kafrawi, M., Ramdani, R., & Sekar Utami, L. (2021). “Penerapan Model Pembelajaran Motivasional ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII di MTS Raudlatusshibyan NW Belencong Tahun

Pelajaran 2021/2022”. 6(2). http://jurnalkonstan.ac.id/index.php/jurnalHalaman|96

Kholisah, M., Pranata, K., & Muhammadiyah Hamka, U. (2024). “Pengaruh Pemberian Reward Non Verbal terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar”. https://jurnaldidaktika.org

Lorenza Sinaga, A., Sitompul, M., & Marpaung, N. (2024). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 22–30. https://doi.org/10.31227/jpm.v10i1.9899

May Sarah, S., Nurhamidah, N., & Rukmini, E. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 58(3), 177–184. https://doi.org/10.23887/jpp.v58i3.42271

Salmah, S., Zainuddin, Z., & Firdaus, M. (2023). Pengaruh reward terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 1541–1550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.1901

Wija, K., Sari, D., & Pratiwi, R. (2023). Analisis motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 92–101. https://doi.org/10.24815/jipbsi.v8i2.23344