PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA: STRATEGI TRANSFORMASI MENUJU MASYARAKAT INKLUSIF
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan multikultural di Indonesia, yang berakar pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, adalah keharusan konstitusional untuk menjaga solidaritas di tengah keragaman 1.300+ suku. Dalam periode 2020–2025, yang ditandai dengan meningkatnya intoleransi digital, implementasinya melalui Kurikulum Merdeka (P5) dan kerangka Banks sangat penting. Tantangan utama, seperti kompetensi guru dan dampak digital, harus diatasi dengan pelatihan berkelanjutan dan revisi kebijakan. Tujuannya adalah memposisikan pendidikan multikultural sebagai upaya pengajaran sekaligus politik untuk mencapai keadilan sosial dan membangun masa depan bangsa yang harmonis dan inklusif.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Al Arifin, A. H. (2021). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 9(1), 1–16.
Ardiansyah, R., Hastuti, D. N. A. E., & Sari, M. K. (2023). Pendidikan Multikultural Sebagai Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 8(02).
Bunyamin, Zulkifli, Maftuh, & Malihah, E. (2020). Pendidikan Multikulturalisme Sebagai Resolusi Konflik: Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. PPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan), 10(2), 14–32.
Fauzi, M., Setiyorini, N. D., Setyowati, H., Irdyansah, A., & Mubarok, A. S. (2025). Pendidikan Multikultural: Teori, Praktik, dan Transformasi Sosial. Penerbit NEM.
Hidayat, O. T. (2022). Pendidikan Multikultural Menuju Masyarakat 5.0. Muhammadiyah University Press.
Khoirunnisa. (2022). Manajemen Sekolah Terkait Dengan Pendidikan Multikultural. Dalam Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Menguatkan Identitas Nasional Melalui P5 di Era Globalisasi. Universitas Negeri Malang Conferences.
Lestari, D., & Tirtoni, F. (2025). Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Karakter Toleransi Pada Sekolah Inklusi. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 827-835.
Manurung, D. O., Purba, C. D., Nainggolan, S. R., & Sitorus, F. E. (2022). Pendidikan Multikulturalisme dan Prospeknya di Indonesia. Jurnal Civic Hukum.
Nugroho, S., & Latifah, S. (2022). Pendidikan Multikultural sebagai Strategi Pembentukan Karakter Inklusif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(3), 89–104.
Pudyastuti, R. N., Sutisnawati, A., & Wardani, D. N. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 17(2), 118–130.
Riyadi, I., Prabowo, E. A., & Hakim, D. (2024). Peran Bhinneka Tunggal Ika Dalam Keberagaman Adat Budaya di Indonesia. Jaksa J. Kaji. Ilmu Huk. dan Polit., 2(3), 34–49.
Rohmah, S., & Nugroho, T. (2025). Efektivitas pembelajaran berbasis multikultural dalam meningkatkan toleransi siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 16(1), 34–47. (Perkiraan tahun terbit/kemutakhiran data).
Setiawan, A., Utami, R., & Lestari, M. (2024). Strategi pendidikan multikultural di era digital. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 8(2), 23–36.
Sipuan, A., Supriadi, E., & Handoyo, R. (2022). Peran Pendidikan Multikultural dalam Mengatasi Isu SARA dan Memperkuat Kohesi Sosial. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 796–808.
Wardani, I. K., Nugroho, A. C., Sumardjoko, B., & Ati, E. F. (2024). Implementasi Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2617-2626.