MANAJEMEN STRATEGIS KEPALA SEKOLAH DALAM TRANSFORMASI KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berfokus tentang manajemen strategis kepala sekolah dalam transformasi kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan langsung di SD Islam Darussalam Surakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup tiga metode utama yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa strategi kepala sekolah pertama perencanaan yakni pembentukan tim dan perumusan visi misi yang sesuai dengan perkembangan zaman dan peraturan pemerintah. Kedua pelaksanaan dalam bentuk kegiataan atau tindakan, ketiga evaluasi dilaksanakan melalui rapat informal ataupun formal. Rapat formal dilaksanakan secara rutin baik di tingkat internal bidang ataupun secara menyeluruh. Penelitian ini berkontribusi dalam memberikan pemahaman empiris mengenai peran kepala sekolah dalam mendorong transformasi mutu pendidikan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Annisa, N., & Ardiansyah, M. (2022). Strategi perencanaan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Pinisi Journal of Education, 1–10.
Ariyanti, N. S., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Berdasarkan Ketidaksesuain Kualifikasi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Sekolah. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.314
Banun, S., Yusrizal, & Usman, N. (2016). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 11(1), 137.
Darif, M., Wahyudin, U., & Yuhana, Y. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 110. https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.12485
Dermawan, O. (2020). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Metro Lampung Strategic Management in Improving the Quality of Education in the State Senior High School 1 Metro Lampung. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 4(1), 72–81. https://doi.org/10.24235/jiem.v4i1.6828
Fadhil, M. H., Asyari, H., Ir, J., No, H. J., Tim, K. C., & Selatan, K. T. (2025). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta , Indonesia. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 268–280.
Gumsi, P. E., Murti, Y. D., & Fazis, M. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada SMP Negeri 14 Sijunjung. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 521–525. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.618
Hadi, M, AR, Djailani, Ibrahim, S. (2019). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MIN BUENGCALA KECAMATAN KUTA BARO KAB ACEH BESAR. Jurnal Adminitasi Pendidikan, 4(2), 40–48. https://doi.org/10.2307/j.ctvt9k11w.13
Hafizi, Iim Wasliman, Hanafiah, & Faiz Karim Fatkhullah. (2022). Management of Teacher Competency Development and Training in Improving Learning Quality. Journal of Education Research and Evaluation, 6(3), 520–528. https://doi.org/10.23887/jere.v6i3.52673
Indriani. (2019). Pemerhati: Mutu sekolah swasta seharusnya di atas sekolah negeri. Antara News.
Kartiko, A. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan (A. Vita, Ed). Pustaka Bening.
König, J., Blömeke, S., Jentsch, A., Schlesinger, L., née Nehls, C. F., Musekamp, F., & Kaiser, G. (2021). The links between pedagogical competence, instructional quality, and mathematics achievement in the lower secondary classroom. Educational Studies in Mathematics, 107(1), 189–212. https://doi.org/10.1007/s10649-020-10021-0
Liu, W., & Gumah, B. (2020). Leadership style and self-efficacy: The influences of feedback. Journal of Psychology in Africa, 30(4), 289–294. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/14330237.2020.1777033
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Purwanggono, C. . (2020). Buku Ajar Kepemimpinan. Fakultas Ekonomi, Universitas Wahid Hasyim.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuntitatif, Kulitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA,cv.
Tiarma Fitri Malau, Kurnia Novita Harianja, Yesiana Simarmata, & Helena Turnip. (2022). Pentingnya Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186–195. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.462
Vriyatna, M., Zulaekah, Sa’ad Nasution, A., & Sidik, M. (2021). Pelaksanaan Rapat Kerja Dewan Pengurus Daerah Hidayatullah Karimun Dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Jurnal Al Muharrik Karimun Februari, 1(1), 16–24.
Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i2.67