ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN ANGGRASMANIS)

Isi Artikel Utama

Ahmad
Miftahudin
Anam Sutopo
Sofyan Anif

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas manajemen pendidikan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi di Anggrasmanis Kabupaten Karanganyar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sentral dalam mengelola administrasi secara tertib dan sistematis, mendorong pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan berkelanjutan. Dalam menghadapi tantangan manajerial seperti keterbatasan anggaran dan rendahnya motivasi guru, kepala sekolah menggunakan pendekatan kolaboratif dan solutif berbasis kekuatan lokal. Kesimpulannya, keberhasilan manajemen pendidikan di tingkat sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah yang visioner, adaptif, dan mampu memberdayakan seluruh warga sekolah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ahmad, Ahmad, Miftahudin, Anam Sutopo, dan Sofyan Anif. “ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SDN ANGGRASMANIS)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4041–4049. Diakses Desember 5, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3376.
Bagian
Artikel

Referensi

Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612

Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. 1 Cet.). Rajawali Pers.

Andriani, T. (2019). Peran Kepala Sekolah Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 01 Pekanbaru the Role of the Women’S School in Efforts To Increase the Quality of Education in the Elementary School of Muhammadiyah 01 Pekanbaru. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 15.

Anwar, K. (2018). Peran Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.30659/jpai.1.1.41-56

Deraman, D., Pabbajah, M., & Widyanti, R. N. (2022). Respons Lembaga Pendidikan Islam Atas Implementasi Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Nasional. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 156–172. https://doi.org/10.33477/alt.v7i1.3051

Diki Maulansyah, R., Febrianty, D., & Asbari, M. (2023). Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting dan Genting! Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 31–35. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/483

Gandi, M. W., Nuruzzaman, M., & Wahyuni, I. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Distributif dan Kewirausahaan Kepala Sekolah terhadap Pencapaian SNP di SMK Negeri 1 Pajangan Pada Undang-Undang Sisdiknas No . 20 Tahun 2003 secara tersirat bermakna bahwa pendidikan yang berkualitas dan berpengetahuan yang keunggul. JPTS, IV(1), 1–14.

Hafizhah Zahro’ R, & A, M. W. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 1–14. https://doi.org/10.61444/jmpt.v1i1.2

Hidayat Sutisna, S., Rozak, A., & Renanda Saputra, W. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 6895–6902. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2718

Holidah, L. (2022). Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Pelatihan Profesi Serta Dampaknya Terhadap Etos Kerja Guru. Edum Journal, 5(1), 77–90. http://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/view/117%0Ahttps://edum.unwir.ac.id/index.php/edumjournal/article/download/117/94

Lalak Muslimin, L. L. Y., & Muqowim, M. (2021). Peran Kepala Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 708. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3468

Maulidin, S., & Lukitasari, D. (2016). Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah Vol, 4(3), 1–23.

Miles, Matthew B & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kuaitatif : buku Sumber metode-metode baru. UI- Press. UI Press.

Muflihah, A., & Haqiqi, A. K. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah. Quality, 7(2), 48. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.6039

Musfirah, Damapoli, M., & Siraj, A. (2024). Analisis Penggunaan Sistem Emis Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Data Pendidikan Di Mts Nurfadhilah Kab. Gowa. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 139–146.

Nafsiah, S., & Makniyah, J. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SDI Nurul Yaqin Kapedi Bluto Sumenep. Dirosat : Journal of Islamic Studies, 6(1), 49. https://doi.org/10.28944/dirosat.v6i1.475

Nasution, W. R. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu Dan Manajemen Mutu Pendidikan Wahida. ALACRITY : Journal Of Education, 2(1), 26–34.

Nilda, N., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 11–18. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i1.160

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99

Nuriati, N., Azis, M., & AS, H. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 565–571. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1835

Nursapia Harahap. (2020). penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal ashri Punhlising.

Pitriyani, P. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah Jayasari. Jurnal Global Futuristik, 1(1), 21–26. https://doi.org/10.59996/globalistik.v1i1.13

Prof. Dr. sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R & D, Op.cit, h.300.

Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5745

Rahayu, S., Wangsanata, S. A., & Jamalullael, J. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(3), 303–310.

Ramadina, E. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Mozaic : Islam Nusantara, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.47776/mozaic.v7i2.252

Rifki Solana, M., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Pendidikan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–418. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.231

Ristianah, N., & Ma’sum, T. (2022). Konsep Manajemen Mutu Pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 45–55. https://doi.org/10.52166/tabyin.v4i01.169

Sari, A. J. D. R., Giatman, M., & Ernawati. (2021). Analisis Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 329–333. https://doi.org/10.58432/algebra.v3i3.771

Sari, S. R., Susanti, M., & Apriadi, N. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI melalui Manajemen Guru di SDIT Al-Ikhlas. Jurnal Ilmu Tarbiyah, 3(2), 131–142.

Sarvitri, A., Supriyanto, A., & Timan, A. (2020). Pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Internal. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 38–51. https://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/7739/5230

Selian, S. N., & Restya, W. P. D. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Mengatasi Bullying di Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 531–539. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.751

Susanti, S., Fakhrul Uman, A., Aida fitriyah Ridwan, S., & Maf’ulah, S. (2023). Manajemen Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 574–581. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.2916

Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481

Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 61–74. http://www.jurnal.staiba.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/141

Virgo, E., & Slameto, S. (2018). Evaluasi Program Manajerial Kepala Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 217–229. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p217-229

Wahyudin, W. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249–265. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1932