OPTIMALISASI PERAN GURU DAN WALI MURID DALAM MEMBERDAYAKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI SD NEGERI NGANTI GEMOLONG)

Isi Artikel Utama

Sularsih
Minsih
Choiriyah Widyasari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah kolaborasi yang dilakukan oleh guru dan orang tua siswa dalam mendorong perkembangan anak yang tergolong berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus pada kasus di SD Negeri Nganti Gemolong menghadapi berbagai hambatan, baik pada aspek kognitif maupun motorik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara mendalam, serta analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi antara guru dan orang tua siswa di SD Negeri Nganti Gemolong berjalan secara aktif dan berkelanjutan dalam mendukung perkembangan anak berkebutuhan khusus. Keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran memberikan motivasi yang tinggi sehingga siswa termotivasi untuk terus semangat belajar. Selain itu, pola asuh yang diterapkan di rumah dengan menciptakan lingkungan belajar yang tenang, rapi, dan nyaman menjadi langkah progresif yang efektif dalam mendukung perkembangan anak, baik pada aspek kognitif maupun motorik.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sularsih, Minsih, dan Choiriyah Widyasari. “OPTIMALISASI PERAN GURU DAN WALI MURID DALAM MEMBERDAYAKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI SD NEGERI NGANTI GEMOLONG)”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 4 (November 30, 2025): 4026–4033. Diakses Desember 6, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/3391.
Bagian
Artikel

Referensi

Ahmad, Harits, A., Hermasnyah, & Mulyadi, W. (2024). Peningkatan Literasi Melalui Program Study Tour Di Sekolah Dasar. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 151–163.

Ahmad, Syarifuddin, Fuaduddin, Riningsih, & Iriyanti. (2024). the Effect of Teaching At the Right Level (Tarl) Approach on Literacy Skills of Primary School Students. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 11(1), 19–30. https://doi.org/10.24252/auladuna.v11i1a3.2024

Ahmad, Umar, Ramadhan, S., & Jayanti, M. I. (2023). Menumbuhkan Karakter Positif Siswa Melalui Tayangan Inspiratif di SDN Inpres Nanga Ni’u Desa Karampi. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 7(1), 119–131.

Alaslan, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. 1 Cet.). Rajawali Pers.

Dewita, I. P., & Ahmad. (2024). Konsep Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 8(1), 121–134.

Dona Liza, Leni Marlina, Iqbal Geni Pratama, & Opi Andriani. (2024). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusi Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Di Sekolah. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(1), 59–68. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i1.1225

Fitria, E., Amalia, U., & Handayani, D. I. (2021). Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung Penguatan Peran Orangtua dalam Mendampingi Siswa SLB Belajar Daring. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung, 55–64. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=040203&level=3.

Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Hasan, I. N. H. (2024). Kolaborasi antara Guru Bahasa Arab, Orang Tua dan Terapis dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Arab Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(1), 44–54. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i1.260

Indrawati, Ilham, Muslim, & Ahmad. (2024). Peran Guru dalam Membangun Belajar Anak Usia Dini di TK PGRI Ibadurrahman Mande Kota Bima. GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2), 86–97.

Khairunisa Rani, Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1636

Khiyarusoleh, U. (2019). Peran Orangtua Dan Guru Pembimbing Khusus Kepada Anak Berkubutahan Khusu (Slow Learner) Di Sd Negeri 5 Arcawinangun. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.998

Khiyarusoleh, U., Anis, A., & Yusuf, R. I. (2020). Peran Orang Tua Dan Guru Pembimbing Khusus Dalam Menangani Kesulitan Belajar Bagi Anak Slow Learner. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(3), 238–244. https://doi.org/10.33541/jdp.v12i3.1295

Khoirunisa Az Zahra, L., Aulia Putri, N., Syifa Fauziah, R., & Nurhalimah, S. (2024). Studi literatur: Peran orang tua dalam mendidik Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(4), 1–11. https://edu.pubmedia.id/index.php/jpn

Kumari, R., Sianturi, L., Rahayu, S., & Yunitasari, S. E. (2023). Peran Orangtua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Speech Delay). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8473–8480. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.3146

Lalita, A. C., Haikal, D. R., Aswati, D., & Jaya, I. (2024). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 4763–4769.

Lessy, N., & Pattimura, U. (2023). Implementasi Layanan Inklusi di Sekolah : Peran Guru dan Orang Tua dalam Mendukung Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus. Populis: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 18(1), 65–84.

Loka, N., & Putro, K. Z. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Program Inklusi. Jurnal Golden Age, 6(1), 151–159. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/4623

Mustaqim, O. R. (2024). Manajemen Pendidikan yang Mengakomodasi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Holistik. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 2(1), 21–31. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jpicb/article/view/3495

Novitasari, S., Mulyadiprana, A., & Nugraha, A. (2023). Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN Sukasetia. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 546–557. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Nursapia Harahap. (2020). penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal ashri Punhlising.

Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.

Prof. Dr. sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif dan R & D, Op.cit, h.300.

Resmi, W. (2023). Peran Orang Tua Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Dalam Penerapan Pendidikan Inklusif Disekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN, 09(05), 3660–3666.

Rohmawati, U. B. (2017). Peran Keluarga Dalam Mengurangi Gangguan Emosional Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 108–127.

Roina Barokatin, Muhammad Nasir, & Fathul Jannah. (2023). Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) Di Sekolah Dasar. Inspiratif Pendidikan, 12(2), 793–801. https://doi.org/10.24252/ip.v12i2.45655

Silvani, D., Solina, E., & Rahma, S. (2022). Peran Orang Tua dalam Membentuk Rasa Percaya Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Tanjungpinang Timur. JISHUM (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora), 1(2), 217–226. https://journal.ikmedia.id/index.php/jishum

Syaputri, E., & Afriza, R. (2022). Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 559–564. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.78

Widiastiti, N. P. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus 1 Mengi Badung. Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 65–74.